Trendtech, Jakarta – Sejak awal tahun 2023, Telkomsel telah aktif dalam pembangunan dan pengembangan konektivitas broadband terdepan di IKN, hingga saat ini Telkomsel telah menghadirkan dan menyiapkan 55 Base Transceiver Station (BTS) berteknologi terkini 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis di IKN.
Selain itu, Telkomsel juga telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan menambah dan mengoptimalisasi jaringan di dua ruas tol yang menghubungkan IKN, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN.
Baca juga: Indosat dan Google Cloud Hadirkan Solusi Sovereign Cloud dan Edge Cloud bagi Indonesia
Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna menyatakan, dengan memastikan optimalisasi jaringan broadband terdepan, kami berkomitmen untuk memberikan kenyamanan akses komunikasi di Ibu Kota Nusantara serta mendukung transformasi digital di berbagai sektor termasuk dalam rangka mewujudkan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia yang memiliki kapabilitas smart city berbasiskan teknologi masa depan.
“Langkah ini selaras dengan visi dan misi Telkomsel untuk menghadirkan layanan terdepan yang memberdayakan masyarakat, serta mendukung pemerintah dalam upaya pemerataan pembangunan dan penyediaan infrastruktur yang mampu menjadi penggerak ekonomi Indonesia secara berkelanjutan,” ujar Indra.
Dengan kehadiran infrastruktur terdepan tersebut, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik data hingga 650 persen dengan total payload per harinya rerata mencapai 37.4 Terabyte. Peningkatan trafik ini dipicu oleh semakin tingginya aktivitas digital dari para pekerja, masyarakat, dan pengunjung yang beraktivitas di IKN.
Baca juga: Kembali Gelar “Technology Days 2024”, XL Axiata Pamerkan Kecanggihan AI
Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang luas dan andal serta inovasi berkelanjutan di IKN, mempertegas langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan baru yang memiliki kapabilitas smart city dan berbasiskan teknologi.
Titik layanan pelanggan tersebut menyediakan berbagai layanan mulai dari pembelian paket data, pembelian voucher fisik, isi ulang pulsa, pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), pembelian modem Orbit dan layanan IndiHome, penukaran Telkomsel Poin, aktivasi jaringan 5G, hingga kebutuhan produk dan layanan lainnya yang dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi seluruh pelanggan dalam memenuhi beragam kebutuhan komunikasinya.