Home GadgetSmartphone Vivo Pad vs Xiaomi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi Pad 5

Vivo Pad vs Xiaomi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Vivo secara resmi memasuki pasar tablet dengan perangkat pertamanya, Vivo Pad. Meskipun menjadi tablet pertamanya, perangkat hadir dengan spesifikasi kelas atas, termasuk konektivitas 5G, tetapi ini bukan tablet paling kuat di luar sana untuk memberikan rasio harga kualitas yang hebat juga. Sama seperti Xiaomi Pad 5, tablet kelas atas lainnya yang tersedia dengan harga menarik. Perbandingan antara spesifikasi Vivo Pad dan Xiaomi Pad 5 ini semoga membantu kamu membuat pilihan terbaik dan membuat kamu memahami tablet mana yang menawarkan nilai uang tertinggi. Setelah melihat dan membaca perbandingan spesifikasi, kamu dapat memberi tahu kami pendapat kamu.

Baca juga: Samsung Galaxy A33 5G vs Galaxy A53 5G vs Galaxy A73 5G: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi Pad 5

Desain

Vivo Pad dan Xiaomi Pad 5 hadir dengan desain yang hebat. Keduanya memiliki bezel yang sangat sempit di sekitar layar, serta bodi yang sangat tipis dan ringan. Vivo Pad memenangkan perbandingan karena hadir dengan bahan yang lebih baik, memiliki desain aluminium unibody, sedangkan Xiaomi Pad 5 hanya memiliki bingkai aluminium, sedangkan bagian belakang terbuat dari polikarbonat. Selanjutnya, tablet Xiaomi lebih tebal dan lebih berat dari saingan Vivo. Kedua perangkat mendukung keyboard dan stylus untuk tulisan tangan dan gambar. Mereka tidak memiliki jack audio dan tidak ada pembaca sidik jari.

Layar

Sepertinya Xiaomi Pad 5 memiliki layar yang lebih baik. Ini adalah panel IPS LCD, tetapi memberikan kualitas gambar yang bagus berkat spesifikasi yang canggih. Panel ini hadir dengan diagonal 11 inci, resolusi Quad HD+ 1600 x 2560 piksel, satu miliar warna, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10, dan Dolby Vision. Layar dipasangkan dengan empat speaker stereo. Vivo Pad juga memiliki layar 11 inci, dengan kecepatan refresh 120 Hz, resolusi Quad HD Plus yang sama, dan sertifikasi HDR10 (selanjutnya, Anda juga mendapatkan empat speaker stereo). 

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Departemen perangkat keras paling canggih dimiliki oleh Vivo Pad. Ini didorong oleh  Snapdragon 870 yang dibangun pada 7 nm, dengan frekuensi maksimum 3,2 GHz dan konektivitas 5G. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal hingga 256 GB. Xiaomi Pad 5 ditenagai oleh chipset Snapdragon 860 yang lebih lemah dan tidak memiliki konektivitas 5G. Jadi kamu tidak hanya mendapatkan kinerja CPU dan GPU yang lebih rendah, tetapi  juga harus meninggalkan konektivitas seluler. Vivo Pad menjalankan Android 12 disesuaikan oleh OriginOS HD, versi khusus dari penyesuaian OriginOS yang dikembangkan untuk memanfaatkan faktor bentuk tablet. Xiaomi Pad 5 masih berbasis Android 11, dikustomisasi oleh MIUI 12.5.

Kamera

Jika Anda mencari departemen kamera yang unggul, maka pilihlah Vivo Pad. Keduanya hadir dengan kamera 13 MP (untuk tablet) yang cukup bagus, tetapi tablet Vivo menambahkan sensor ultrawide 8 MP yang membuat pengaturan kamera lebih fleksibel. Tablet ini mampu merekam video 4K dengan kamera belakang dan video 10880p dengan kamera depan 8 MP.

Baca juga: iPhone SE 2022 vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Xiaomi Pad 5 dilengkapi dengan baterai 8720 mAh yang lebih besar dan daya tahan baterainya lebih lama. Di sisi lain, pengisian daya Vivo Pad lebih cepat bukan hanya karena baterainya yang lebih kecil, tetapi juga karena mendukung pengisian cepat 44W. kamu bahkan dapat menggunakannya sebagai power bank.

Harga

Harga awal Vivo Pad untuk pasar Cina secara kasar harga menjadi Rp 5,5 jutaan, untuk varian dasar dengan RAM 8GB dan 128GB penyimpanan internal. Xiaomi Pad 5 dijual seharga Rp 5,4 jutaan dalam varian dasar dngan RAM 6 GB dan penyimpanan asli 128 GB, tetapi tersedia dengan harga bekas. Vivo Pad memenangkan perbandingan karena memiliki chipset yang lebih baik, konektivitas 5G, kamera ultrawide, dan pengisian daya yang lebih cepat. Namun Xiaomi Pad 5 justru hadir dengan layar yang lebih baik (walaupun tetap panel IPS) dan baterai yang lebih besar. Selanjutnya, ini tersedia dengan harga yang lebih baik, sehingga Anda dapat menghemat uang jika Anda tidak memerlukan kamera ultrawide dan 5G.

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment