Home GadgetSmartphone Xiaomi 12 vs iPhone SE 2022: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12

Xiaomi 12 vs iPhone SE 2022: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Apple baru saja meluncurkan iPhone barunya dengan harga terjangkau yakni iPhone SE 2022. Setelah diluncurkan, banyak orang bertanya-tanya apakah ini smartphone yang layak dibeli. Sedangkan Tahun ini, pabrikan smartphone China juga hadir dengan flagship terbaru yakni Xiaomi 12, tidak sekompak iPhone, tetapi diagonal layarnya di bawah rata-rata dan ponsel ini sangat bertenaga seperti iPhone SE 2022. Pada artikel ini, kami memutuskan untuk membandingkan ponsel terjangkau Apple terbaru dengan Xiaomi 12 secara berurutan untuk memahami mana yang menawarkan nilai uang tertinggi tergantung pada kebutuhan pribadi Anda.

Baca juga: Xiaomi 12 vs Samsung Galaxy S22: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Desain iPhone SE 2022 sangat ketinggalan zaman, memiliki kualitas build yang luar biasa, tetapi terlihat seperti iPhone 8 lama dengan bezel tebal dengan kehadiran Touch ID. Di sisi lain, ini adalah salah satu ponsel paling ringkas di pasar, bisa lebih ringkas tanpa bezel besar itu, tetapi tetap menjadi salah satu perangkat paling ringkas berkat layarnya yang kecil. Kembali ke kualitas build, iPhone SE 2022 memiliki kaca Ceramic Shield yang sama dengan seri iPhone 13 dan bahkan tahan air berkat sertifikasi IP67. Tetapi Xiaomi 12 adalah handset dengan desain paling sugestif: ia memiliki bezel yang sangat sempit di sekitar layar, serta panel berlubang yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus. Lebih besar dari segi dimensi dan tidak tahan air, tetapi lebih indah.

Layar

Xiaomi 12 adalah perangkat dengan tampilan paling canggih. Ini adalah panel AMOLED dengan satu miliar warna, diagonal 6,28 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan Dolby Vision. Selain memiliki resolusi yang lebih tinggi, perangkat memberikan reproduksi warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan layar LCD iPhone. Namun yang terakhir ini tidak mengecewakan dalam hal akurasi warna. Xiaomi 12 hadir dengan pembaca sidik jari dalam layar, sedangkan iPhone memiliki Touch ID di bawah panelnya, di bezel bawah. Dalam kedua kasus, Anda mendapatkan speaker stereo yang bagus tetapi tidak ada jack audio.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

IPhone SE 2022 terjangkau tetapi ditenagai oleh platform seluler Apple A15 Bionic yang sama dengan iPhone 13 Pro Max. Prosesor ini memberikan performa luar biasa di setiap skenario. Muncul dengan jumlah RAM yang lebih rendah daripada jajaran iPhone 13, tetapi optimalisasi sistem operasi iOS membuat kinerjanya lebih baik daripada hampir semua ponsel Android. Namun, Xiaomi 12 masih menjadi andalan yang luar biasa berkat platform seluler Snapdragon 8 Gen 1 (yang terbaik dari Qualcomm). IPhone menjalankan iOS 15.4, sedangkan flagship Xiaomi hadir dengan Android 12 dan MIUI 13.

Kamera

Jika Anda mencari kamera terbaik, pilih Xiaomi 12 tanpa berpikir dua kali. Ini memiliki tiga sensor di sisi belakang, termasuk yang utama dengan resolusi 50 MP, OIS, dan autofokus pendeteksi fase. Lalu ada kamera ultrawide 13 MP dan kamera makro telefoto 5 MP. IPhone SE 2022 memiliki kamera tunggal 12 MP sehingga pengalaman fotografinya tidak begitu fleksibel, tetapi foto tetap terlihat bagus.

Baca juga: realme GT2 Pro vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Xiaomi 12 memiliki baterai 4500 mAh yang jauh lebih besar daripada unit 2018 mAh yang ditemukan di iPhone SE 2022, itulah sebabnya masa pakai baterainya jauh lebih lama dengan sekali pengisian daya. Lebih lanjut, perangkat memiliki fitur pengisian cepat 67W dan pengisian nirkabel 50W, memberikan kecepatan pengisian yang jauh lebih cepat.

Harga

Di pasar Xiaomi 12 mulai dari Rp 9 jutaan, sedangkan iPhone SE 2022 berharga kisaran Rp 8 jutaan  dalam konfigurasi dasar 64 GB. Xiaomi 12 jelas merupakan ponsel yang lebih baik berkat tampilan, kamera, dan baterai yang superior. Tetapi iPhone hadir dengan kinerja luar biasa dan kualitas build yang lebih tinggi. Selanjutnya, ini lebih kompak. Mana yang akan Anda pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment