Trendtech, Bandung – Xiaomi, menegaskan komitmennya untuk memperkuat strategi “Smartphone x AIoT” pada 2023, sekaligus fokus untuk peningkatan pengalaman pengguna lewat layanan retail, purna jual, serta optimisasi tampilan antar pengguna MIUI agar menjadi brand pilihan bagi masyarakat Indonesia.
Tahun 2022 merupakan tahun yang menantang bagi pelaku industri smartphone, namun Xiaomi terus beradaptasi dan fokus terhadap kebutuhan konsumen sehingga Xiaomi tetap mempertahankan posisi sebagai TOP 3 brand smartphone secara global (berdasarkan data Q3 Canalys, 2022).
Xiaomi juga tercatat ke dalam ’50 Most Innovative Companies of 2022’ dari Boston Consulting Group’s, naik peringkat dalam daftar ‘Fortune Global 500 in 2022’ menjadi urutan ke-266, serta penghargaan dari Forbes Global 2000. Wujud komitmen tersebut ditandai dengan perluasan investasi global pada bidang riset dan pengembangan teknologi hingga 5 tahun kedepan yang mencapai lebih dari 100 miliar yuan.
Baca juga: Xiaomi 12T vs Xiaomi 12T Pro: Perbandingan Spesifikasi
“Dengan jajaran lini produk yang lebih menarik pada 2023, kami optimistis untuk dapat menghadirkan jajaran produk inovatif dari smartphone hingga ekosistem yang berbasis AIoT dengan berbagai variasi yang lebih luas,” ungkap Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia.
Lebih lanjut, Wentao menjelaskan selama 8 tahun hadir di Indonesia, Xiaomi telah membuat berbagai langkah besar di industri teknologi, lewat terobosan baru dan memantapkan diri sebagai brand teknologi inovatif yang dapat relevan dengan kebutuhan konsumen yang kerap berubah mengikuti perkembangan zaman. “Berkat kerja keras tim Xiaomi, kami berhasil mempertahankan kepercayaan masyarakat Indonesia yang tercermin dari jumlah pengguna sistem operasi MIUI pada akhir 2022 yang mencapai lebih dari 29,3 juta pengguna di seluruh Indonesia,” kata Wentao.
Selain pengembangan inovasi, komitmen Xiaomi juga akan diwujudkan lewat investasi layanan ritel dan purna jual demi menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan pengalaman pengguna terhadap produk Xiaomi. Hingga akhir 2022 jaringan penjualan dan layanan purna jual Xiaomi Indonesia telah bertumbuh secara signifikan hingga mencapai 150+ service center dan 400+ service point, yang menempatkan Xiaomi sebagai salah satu brand dengan jaringan purna jual terluas di Indonesia.
Lebih lanjut, Wentao juga menjanjikan agar Xiaomi Fans, sebutan bagi konsumen setia Xiaomi Indonesia, dapat lebih terlibat dan mengikuti lebih banyak aktivitas bersama Xiaomi di berbagai kota di Indonesia. Harapannya, komunitas setia Xiaomi Fans bisa mendapat akses front-end eksklusif dari rangkaian produk terbaru Xiaomi lewat kegiatan peluncuran produk, gathering, maupun berbagai aktivitas lainnya.
Selain itu, Xiaomi Indonesia juga berupaya untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam mengakses smartphone Xiaomi. MIUI, sebagai sistem operasi unggulan Xiaomi, akan terus dikembangkan dan disempurnakan agar dapat memperkaya user experience dari seluruh Xiaomi Fans selama perjalanan hidup mereka di tahun ini.
Baca juga: Xiaomi Mix Fold 2 vs Samsung Galaxy Z Fold4: Perbandingan Spesifikasi
Sebagai brand yang menempatkan pengguna sebagai inti dari seluruh kegiatan operasionalnya, Xiaomi akan terus merangkul para pengguna dan komunitas, termasuk rekan media dan pegiat teknologi yang terus mendukung Xiaomi Indonesia sampai hari ini.
“Kami konsisten untuk selalu mendengarkan masukkan dari seluruh pihak terkait, setiap saran dan masukan akan sangat berarti bagi kami sehingga dapat membantu untuk memberikan layanan dan inovasi lebih baik agar terus memberikan akses pada seluruh konsumen Indonesia terhadap inovasi Xiaomi,” tutup Wentao.