Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaXiaomi baru saja meluncurkan Mi 11 di pasar global, di mana perangkat ini membawa label harga yang sangat menarik meski menjadi handset pertama dengan Snapdragon 888 di dalamnya. Harga daftar Mi 11 sebenarnya lebih dekat dengan harga jalan dari OPPO Find X2 Pro. Find X2 Pro sebenarnya adalah flagship papan atas tetapi mengingat dirilis setahun yang lalu, harganya turun pada level yang sama dengan Mi 11. Tapi mana yang layak dibeli saat ini? Mi 11 atau OPPO Find X2 Pro? Perbandingan ini akan menjernihkan ide-ide Anda sehubungan dengan pertanyaan ini dan memberi tahu Anda pro dan kontra dari masing-masing flagships ini.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Xiaomi Mi 11 dan OPPO Find X2 Pro adalah dua perangkat dengan desain premium. Jujur kami lebih suka OPPO Find X2 Pro karena bahannya. Perangkat ini hadir dalam varian keramik yang paling laris dan varian kulit. Mi 11 memiliki versi kulit juga, tetapi edisi “normal” dibuat dengan kaca belakang klasik dan bingkai aluminium. Lebih lanjut, OPPO Find X2 Pro tahan air dengan sertifikasi IP68, sedangkan Mi 11 tidak menawarkan sertifikasi apa pun terhadap air dan debu. Itulah mengapa OPPO Find X2 Pro adalah perangkat yang unggul dalam hal kualitas pembuatan. Keduanya memiliki fitur pembaca sidik jari dalam layar dan tampilan berlubang yang melengkung.

Layar

Tampilan Xiaomi Mi 11 dan OPPO Find X2 Pro sangat dekat. Keduanya menampilkan resolusi Quad HD + dan kecepatan refresh 120 Hz, serta sertifikasi HDR10 +. Dan keduanya mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan panel 10-bitnya. Xiaomi Mi 11 memiliki kecerahan puncak yang lebih tinggi (hingga 1500 nits), tetapi Find X2 Pro tampak seperti perangkat dengan akurasi warna terbaik. Xiaomi Mi 11 memiliki panel yang sedikit lebih lebar dibandingkan OPPO Find X2 Pro dengan diagonal 6,81 inci.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Raja perangkat keras adalah Xiaomi Mi 11 karena alasan sederhana, perangkat ini memiliki chipset yang lebih kuat. Kita berbicara tentang  Snapdragon 888, yang sebenarnya merupakan SoC Qualcomm terbaik untuk tahun 2021. OPPO Find X2 Pro ditenagai oleh Snapdragon 865 dari tahun 2019, dibangun dengan proses produksi yang lebih rendah (7 nm vs 5 nm) dan dengan performa kelas bawah. Tetapi ada keuntungan penting dengan OPPO Find X2 Pro, Anda mendapatkan penyimpanan internal hingga 512GB, bukan 256GB yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 11. Di sisi lain, Mi 11 memiliki versi Android yang lebih baru: Android 11, sedangkan Find X2 Pro dengan Android 10 (sudah bisa diperbarui ke Android 11 dan ColorOS 11).

Kamera

Di sisi kamera, OPPO Find X2 Pro menjadi yang terbaik dan kami harus melakukannya tanpa berpikir dua kali. Perangkat ini memiliki tiga kamera dengan sensor utama 48 MP, kamera periskop 13 MP dengan 5x zoom optik, dan sensor ultrawide 48 MP. Perangkat ini bahkan menawarkan autofokus laser dan stabilisasi optik yang lebih baik. Sayangnya, Xiaomi Mi 11 tidak memiliki optical zoom dan memiliki kamera ultrawide yang lebih rendah, itulah alasan mengapa tidak bisa dianggap sebagai ponsel kamera teratas. OPPO Find X2 Pro mengalahkan Xiaomi Mi 11 bahkan dalam hal kamera depan, dengan kamera selfie 32 MP.

Baterai

Karena baterainya yang lebih besar yaitu 4600 mAh, Xiaomi Mi 11 mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih lama dalam banyak skenario. OPPO Find X2 Pro memiliki baterai 4260 mAh yang lebih kecil, tetapi daya pengisian lebih tinggi (65W). Di sisi lain, Xiaomi Mi 11 memiliki fitur pengisian nirkabel dan pengisian nirkabel terbalik, sedangkan Find X2 Pro tidak.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs Samsung Galaxy S21: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Xiaomi Mi 11 memulai debutnya di pasar global dengan harga mulai Rp 12 jutaan. Berkat harga jalanan online, Anda sebenarnya dapat menemukan OPPO Find X2 Pro dengan harga kurang dari Rp 12 jutaan. Karena sertifikasi IP68 dan kameranya yang lebih baik, kami menganggap OPPO Find X2 Pro sebagai pembelian yang lebih cerdas. Xiaomi Mi 11 memiliki departemen perangkat keras yang lebih baik, pengisian nirkabel, dan bahkan baterai yang lebih besar, tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan semua kekuatan Snapdragon 888 di dunia di mana mid-rangers sudah dapat melakukan segalanya tanpa masalah? Perangkat ini membawa nilai lebih untuk memiliki ponsel kamera teratas di tangan Anda, jika Anda membutuhkan kamera yang hebat, tentu saja. Jika Anda tidak membutuhkan ponsel kamera teratas, maka Mi 11 mulai lebih masuk akal.

Berita Lainnya

Leave a Comment