Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi Mi Pad 5 Pro

Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaXiaomi menggebrak pasar tablet dengan dua model baru: Xiaomi Mi Pad 5 dan Xiaomi Mi Pad 5 Pro. Kedua varian termasuk tablet kelas atas. Itulah alasan utama mengapa banyak yang akan kesulitan memilih mana yang harus dibeli. Apakah lebih baik menghemat uang untuk membeli versi standart atau menghabiskan lebih banyak untuk varian Pro? Kami berharap perbandingan antara kedua tablet ini akan memperjelas mana yang akan Anda beli. Mengingat bahwa kedua tablet serupa. Berikut perbandingan keduanya.

Baca juga: Redmi Note 10T 5G vs Realme 8 5G vs OPPO A54 5G: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi Mi Pad 5 Pro

Desain

Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro memiliki desain yang sama persis. Ini mencakup batas datar seperti iPad terbaru, rasio layar terhadap bodi yang sangat tipis dengan layar yang menutupi lebih dari 80% panel depan, dan Sayangnya desain unibodi masih menggunakan material plastik tidak seperti kebanyakan tablet premium. Keduanya sangat tipis hanya 6,9 mm dan juga cukup ringan. Xiaomi Mi Pad 5 dan 5 Pro mendukung stylus dan keyboard magnetik, dan keduanya memiliki modul kamera yang secara estetika mirip dengan seri Mi 11. Meskipun keduanya bukan tablet yang paling mahal, mereka pasti salah satu yang paling indah dan Xiaomi menaruh banyak perhatian pada desain.

Layar

Sama seperti desainnya, tampilan kedua tablet ini pun sama persis. Banyak orang akan sedikit antipati karena fakta bahwa keduanya menggunakan panel IPS. Ya, faktanya Anda tidak mendapatkan warna cerah yang disediakan oleh panel OLED. Tapi panel IPS yang terdapat keduanya berbeda, mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan kecepatan refresh hingga 120 Hz, sertifikasi HDR10, dan dukungan Dolby Vision. Diagonal layar adalah 11 inci, bagus untuk produktivitas tetapi tidak terlalu lebar. Jika Anda menggunakan keyboard, Anda dapat mengubah tablet ini menjadi laptop mini.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Perbedaan paling penting antara Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro dalam hal perangkat keras bukanlah kinerja, tetapi konektivitas. Varian Pro hadir dalam konfigurasi dengan konektivitas 5G yang disertakan dan slot SIM, sedangkan versi standart Mi Pad 5 tidak memiliki konektivitas 4G atau 5G sama sekali. Namun, ada perbedaan penting antara komponen mereka juga. Versi standart dibekali dengan chipset Snapdragon 860 yang merupakan SoC high-end. Sedangkan versi Pro, Anda mendapatkan Snapdragon 870 yang sebenarnya merupakan upgrade dari Snapdragon 865, serta RAM 8GB  dalam konfigurasi paling mahal (bukan hanya 6GB yang disediakan oleh versi standart). Tablet menjalankan Android 11 yang disesuaikan dengan MIUI 12.5.

Kamera

Varian 5G dari Xiaomi Mi Pad 5 Pro adalah salah satu tablet kamera terbaik di pasar. Ini memiliki kamera utama 50 MP yang mampu menangkap bidikan menakjubkan dalam hal detail dan juga dapat merekam video 4K. Sensor 50 MP dipasangkan dengan sensor kedalaman 5 MP sekunder yang berguna untuk efek bokeh yang lebih baik. Varian non-5G dari Mi Pad 5 Pro memiliki sensor utama 13 MP yang jauh lebih rendah dari kamera 50 MP yang disebutkan di atas, selalu dipasangkan dengan sensor kedalaman 5 MP. Mi Pad 5 asli juga memiliki kamera 13 MP, tetapi tidak memiliki sensor kedalaman 5 MP. Kedua tablet memiliki kamera depan 8 MP yang merekam video 1080p.

Baca juga: Redmi Note 10 vs Redmi Note 10S vs Redmi Note 10 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Meskipun merupakan model kelas bawah, Xiaomi Mi Pad 5 memiliki baterai yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 8720 mAh. Tapi itu bukan perbedaan besar, jadi Anda tidak mendapatkan dorongan besar dalam hal masa pakai baterai. Itu kebalikannya jika kita berbicara tentang pengisian cepat, mengingat ada perbedaan daya yang besar: Mi Pad 5 mendukung pengisian cepat 33W, sedangkan varian Pro naik ke 67W.

Harga

Untuk saat ini, Xiaomi Mi Pad 5 dan varian Pro-nya hanya baru tersedia di China. Yang pertama memiliki label harga mulai dari Rp 4 jutaan. Xiaomi Mi Pad 5 secara alami lebih rendah. Varian Pro memiliki kamera yang jauh lebih baik (jika Anda memilih versi 5G), konektivitas 5G opsional, dan pengisian daya yang lebih cepat, serta prosesor yang lebih baik. Jika Anda membutuhkan fitur ini, pilih varian Pro, jika tidak, Anda bisa mendapatkan pengalaman pengguna yang sama dengan versi standart.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment