Home Smartphone iPad Air 2020 vs iPad Pro 11: Perbandingan Spesifikasi
iPad Air 2020

iPad Air 2020 vs iPad Pro 11: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta –  iPad Air terbaru kali ini sangat kuat, indah, dan penuh fitur untuk hiburan dan produktivitas. Tapi itu sebenarnya bukan seri tablet paling canggih dari Apple. Yang paling mahal adalah milik seri iPad Pro dan secara khusus adalah iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9. Mengingat mereka sudah lama, tentunya harga yang ditawarkan lebih murah apalagi kalau bekas. Apakah lebih baik menggunakan varian dasar dari seri Pro, atau iPad Air 2020 ? lebih unggul yang mana? Perbandingan ini akan menyoroti perbedaan utama antara dua tablet Apple yang luar biasa ini.

Baca juga: iPad Air 4 vs iPad 10.2 vs iPad Mini 5: Perbandingan Spesifikasi

iPad Air 2020

Desain

Jika kami harus memilih hanya dengan fokus pada desain, kami mungkin akan memilih iPad Pro 11 2020 karena memiliki rasio layar-ke-tubuh yang lebih tinggi daripada iPad Air 2020. Tetapi para pesaingnya masih hadir dengan bezel yang sangat sempit dan itu memiliki modul kamera yang tidak terlalu invasif karena hanya memiliki satu sensor di sisi belakang. IPad Pro 11 bahkan lebih ringan dari iPad Air. Selebihnya, mereka kurang lebih sama: tipis dan ringan, dan dibuat dengan bodi aluminium. Keduanya hadir dengan dukungan Apple stylus dan keyboard.

Layar

Layar yang ditemukan di Apple iPad Pro 11 sebenarnya lebih unggul dari yang ada di iPad Air. Selain memiliki diagonal yang sedikit lebih lebar, perangkat ini menawarkan kecerahan yang lebih tinggi dan jumlah piksel yang sedikit lebih tinggi. Tetapi perbedaan terbesar adalah kecepatan refresh, iPad Pro 11 memiliki kecepatan refresh 120 Hz, sementara lawannya menawarkan kecepatan refresh 60 Hz. Meskipun kita berbicara tentang panel IPS, kedua perangkat menawarkan akurasi warna yang sangat tinggi, serta tingkat detail yang tinggi. Mereka memiliki gamut warna yang sangat luas dan dukungan True-tone. IPad Pro 11 mengandalkan pengenalan wajah untuk otentikasi (ID Wajah), sedangkan iPad Air memiliki pemindai sidik jari.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Meskipun bukan varian Pro, iPad Air 2020 menawarkan chipset yang lebih kuat daripada iPad Pro 11, kami berbicara tentang Apple A14 Bionic yang dibuat pada 5 nm, sedangkan iPad Pro 11 memiliki Apple A12Z Bionic yang lebih tua yang dibangun pada 7 nm . Jadi, Anda bisa mendapatkan performa yang lebih tinggi dengan iPad Air. Lebih lanjut, ini menjalankan iPadOS 14, sedangkan varian Pro masih berbasis pada iPadOS 13. Dengan iPadOS 14 Anda mendapatkan fitur produktivitas yang lebih menarik dan banyak peningkatan. Perhatikan bahwa, meskipun SoC berbeda, tidak ada perbedaan besar dalam hal performa.

Kamera

IPad Pro 11 adalah salah satu tablet terbaik di luar sana jika kita mempertimbangkan departemen kamera. Ini memiliki tiga sensor yang terdiri dari kamera utama 12 MP, sensor ultrawide 10 MP, dan pemindai ToF 3D LiDAR untuk menghitung info kedalaman peralatan AR dan memetakan lingkungan. IPad Air 2020 memiliki kamera utama 12 MP yang persis sama dengan versi Pro, tetapi sayangnya, tidak memiliki sensor sekunder. Kamera depannya juga sama.

Baca juga: OPPO Watch vs Apple Watch SE vs Huawei Watch Fit: Perbandingan Spesifikasi

IPad Pro 11 dan iPad Air 2020 hadir dengan kapasitas baterai yang sama, tetapi iPad Air 2020 mampu bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya karena dua alasan. Pertama-tama, perangkat memiliki chipset yang lebih efisien karena Apple A14 Bionic dibangun pada 5 nm. Selain itu, ini tidak datang dengan layar 120 Hz, sehingga berdampak pada masa pakai baterai yang lebih rendah. Tetapi kita harus berbicara tentang perbedaan marjinal. Di sisi lain, iPad Pro 11 dapat digunakan sebagai bank daya berkat pengisian daya terbalik. IPad Pro 11 juga mendukung pengisian cepat 18W untuk baterainya.

Harga

Harga awal iPad Air 2020 adalah Rp 10 jutaan lebih  untuk konfigurasi dengan penyimpanan internal 64GB, sedangkan iPad Pro 11 mulai dari Rp 13 jutaan untuk konfigurasi dengan penyimpanan internal 128GB. IPad Pro 11 memenangkan perbandingan berkat kamera dan layarnya yang lebih baik, tetapi iPad Air 2020 sebenarnya menawarkan departemen perangkat keras yang lebih baik (tetapi tidak memiliki pengisian balik). Dengan iPad Air, Anda mendapatkan kamera dan layar yang lebih rendah, tetapi harganya lebih terjangkau dan iPadOS 14. Mana yang akan menjadi pilihanmu?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment