Trendtech, Jakarta – Surge dan MacroAd, brand periklanan Digital Out of Home (DOOH), meningkatkan kecepatan jaringan internet Free WiFi MacroAd bagi pengguna kereta sebesar 1000 Mbps di stasiun-stasiun Commuter LineJakarta-Bogor.
Layanan Free WiFi MacroAd telah hadir sejak tahun 2018 di berbagai lokasi publik seperti stasiun Commuter Line Jabodetabek, pasar tradisional, stasiun Kereta Api jarak jauh, hingga beberapa tempat publik lainnya di Kota/Kabupaten di Pulau Jawa. Seiring beroperasinya jaringan serat optik dari Weave (anak usaha Surge), yang berada di sepanjang jalur Kereta Api Pulau Jawa, sebagai tahap awal layanan Free WiFi MacroAd pada rute kereta Commuter Line Jakarta-Bogor akan mendapatkan peningkatan kecepatan hingga 1000 Mbps.
Baca juga: Surge, Ciptakan Inovasi dan Solusi di Era Kompetisi Solusi Digital
Selain berpotensi meningkatkan pendapatan iklan dari MacroAd hingga 98%, kecepatan Free Wifi MacroAd ini dapat menjadi gambaran awal keandalan konektivitas berkualitas yang akan dihadirkan Surge di pelosok Pulau Jawa lewat jaringan serat optik Weave. Dengan begitu, konsumsi konten OTT yang bekerjasama dengan Surge dan pengalaman berselancar nantinya akan lebih meningkat.
CEO Surge, Hermansjah Haryono menyampaikan, layanan Free Wifi MacroAd yang hadir selama beberapa tahun terakhir adalah bagian dari misi perseroan untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat lewat transformasi digital. Dengan peningkatan kecepatan internet sebesar 1000 Mbps yang terjadi karena adanya integrasi langsung dengan jaringan backbone serat optik kami, masyarakat Jabodetabek berkesempatan merasakan kecepatan dan kapasitas layanan Free Wifi MacroAd yang mencapai seratus kali lipat lebih tinggi dibanding wifi publik lainnya, bahkan internet perumahan.
“Ke depannya, perseroan terus gencar berinovasi untuk hadirkan layanan teknologi yang terintegrasi untuk Free Wifi MacroAd, agar keseluruhan layanan konektivitas dengan pemanfaatan jaringan serat optik ini dapat bermanfaat, baik bagi pengguna kereta, mitra bisnis maupun pelaku UMKM,” ujar Haryono.
Pengguna kereta dapat melakukan beberapa langkah mudah untuk dapat terhubung dengan jaringan internet publik secara gratis di stasiun Commuter Line Jakarta-Bogor. Langkah pertama, pengguna di stasiun hanya perlu mencari SSID atau Wi-Fi bernama #FreeWifi-MacroAd di perangkat masing-masing. Setelah terkoneksi, pengguna baru akan diarahkan untuk registrasi terlebih dahulu melalui halaman web yang terbuka otomatis berisikan form untuk registrasi pengguna. Langkah ketiga, pengguna perlu menyaksikan dan menikmati iklan dari MacroAd, selama 15 detik. Setelah itu, pengguna dapat langsung terhubung dan menggunakan Free WiFi berkecepatan hingga 1000 Mbps selama 30 menit. Jika durasi tersebut berakhir, pengguna hanya perlu mengakses layanan Free Wifi MacroAd kembali.
Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca turut mengungkapkan, layanan Free WiFi MacroAd hadir agar masyarakat bisa menikmati internet secara berkualitas dan terjangkau saat menunggu hadirnya kereta di stasiun. Sebagai contoh, mengakses aplikasi chatting, portal news dan social media, adalah tiga aktivitas utama pengguna kereta saat menggunakan Free Wifi MacroAd, berdasarkan data internal kami. Kegiatan tersebut dilakukan hampir sebagian besar pengguna aktif Free WiFi MacroAd di stasiun Commuter Line Jabodetabek yang per 2021 sudah mencapai 100 – 150 ribu pengguna aktif bulanan.
Baca juga: Bersiap Menggelar 5G, Telkomsel Perluas Cakupan VoLTE Hingga 230 Kota di 2021
“Berawal dari dukungan rekan-rekan brand yang mempercayakan pemasarannya melalui MacroAd, kecepatan layanan Free Wifi MacroAd ini kami tingkatkan melalui serat optik Surge agar dapat menjadi media pilihan masyarakat selama beraktivitas. Kedepan, fasilitas internet super cepat ini akan dapat dinikmati oleh para pengguna KRL selama perjalanan,” ungkap Martha.
Seiring pemulihan ekonomi, data Kereta Commuter Indonesia (KCI) menunjukkan traffic pengguna kereta Commuter Line pada Januari 2022 yang terus beranjak stabil meningkat hampir 50% dibandingkan tahun sebelumnya. Data internal MacroAd dan KCI menunjukkan bahwa waktu tunggu paling cepat di stasiun dapat mencapai 20-30 menit dengan lebih dari 60% penumpang sibuk dengan handphone selama di stasiun kereta. Dengan volume pengguna Commuter Line yang sudah meningkat kembali dan seiring pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah interaksi antar penumpang selama di jalan, jumlah penumpang yang fokus menggunakan handphone dalam penggunaan layanan Free WiFi MacroAd di stasiun diperkirakan akan semakin meningkat.