Trendtech, Jakarta – Gojek, bagian dari Grup GoTo, mendukung suksesnya penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022 dengan layanan mobilitas terbaik menggunakan kendaraan listrik. Layanan GoRide Electric hadir sebagai transportasi ramah lingkungan, efisien, aman dan cepat, untuk mendukung KTT G20 di Bali, melayani perjalanan dari dan menuju lokasi konferensi maupun di sekitar kawasan konferensi.
Sejalan dengan hal tersebut, Gojek saat ini sudah memulai kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) untuk memberikan serangkaian pelatihan yang mengasah keterampilan ratusan mitra driver GoRide di Bali sehingga dapat memberikan pelayanan yang unggul kepada para pelanggan. Pada BBM kali ini, Gojek mengangkat topik mengenai pelayanan prima (service excellence), dasar-dasar Bahasa Inggris, maupun pengenalan mengenai kendaraan listrik.
BBM sendiri adalah wadah belajar untuk meningkatkan keterampilan para mitra yang dimulai dari tahun 2018. BBM merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Gojek untuk terus menjadikan mitra driver sebagai andalan konsumen di Indonesia dengan kualitas terbaik di industri.
Baca juga: Gojek dan Tokopedia Pertama Kalinya Luncurkan WIB
Head of Global Marketing GoRide Gojek Stella Darmadi menjelaskan komitmen Gojek untuk memastikan mitra driver selalu menjadi pilihan masyarakat, dimulainya kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang nantinya diikuti dengan hadirnya layanan GoRide Electric merupakan dukungan konkret kami untuk kesuksesan dan kelancaran KTT G20 di Bali. Pada BBM kali ini, para mitra akan mendapat pelatihan pelayanan prima termasuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehingga dapat memberikan layanan terbaik bagi delegasi G20, serta pelatihan terkait kendaraan listrik. BBM menjadi salah satu dari rangkaian kegiatan terintegrasi dan berkelanjutan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mitra driver agar menjadi andalan konsumen.
“Sebagai garda terdepan mobilitas masyarakat, mitra driver Gojek terus menjadi andalan masyarakat Indonesia, terlebih selama pandemi dua tahun terakhir. Di tengah era pemulihan ekonomi, kami terus menggencarkan berbagai inisiatif termasuk pelatihan-pelatihan pengembangan kemampuan diri, untuk memastikan bahwa pengguna Gojek akan selalu mendapatkan layanan yang unggul dari pada mitra driver. Lewat BBM, kami ingin memastikan pelanggan selalu nyaman dan bebas khawatir saat menggunakan layanan Gojek,” ungkap Stella.
Selalu menjadi andalan masyarakat, layanan Gojek dan mitranya terus menghadirkan pelayanan yang prima. Semangat melayani ini mendorong mayoritas pengguna GoRide (81%) tidak menggunakan layanan transportasi online dari brand lain. Riset LD FEB UI pada tahun 2021 yang sama menunjukkan konsumen GoRide juga merasakan berbagai macam manfaat utama seperti peningkatan produktivitas, layanan yang profesional, dan keamanan dari teknologi yang digunakan oleh Gojek.
Di sisi lain, data internal Grup GoTo pada Juli 2022 menunjukkan bahwa keberadaan kendaraan elektrik dalam bentuk sepeda motor listrik dari Electrum mendapatkan antusiasme luar biasa dari konsumen Gojek. Sejak sinergi uji coba komersial diluncurkan awal tahun 2022, pemesanan layanan GoRide Electric mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dalam semester pertama 2022.
District Head Bali Gojek Rayi Bimantara menjelaskan bahwa mitra driver Gojek juga siap menyambut momentum kebangkitan kembali pariwisata Bali melalui pelayanan terbaik, “Mitra driver Gojek adalah stakeholder penting bagi pariwisata Bali, terlebih di tengah perhelatan acara G20 sepanjang tahun ini. Kami berkomitmen terus meningkatkan keterampilan baru para mitra driver yang dapat menunjang kinerja mereka sehari-hari sebagai bagian penting dari ekosistem Gojek.”
“Lewat BBM, mitra driver Gojek dapat meningkatkan keterampilan dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, memudahkan para mitra driver untuk berkomunikasi dengan delegasi internasional, hingga mempersiapkan para mitra untuk memberikan kenyamanan maksimal dalam pelayanan motor listrik. Dengan BBM, kami berharap dapat menjadi salah satu upaya dalam mengapresiasi semangat melayani dari mitra kami sekaligus memberdayakan mereka untuk menjadi provider layanan terbaik di Industri.”
Bertempat di Jimbaran Hub, Kabupaten Badung, pada 21 September 2022, ratusan mitra driver GoRide mengikuti training mengenai dasar-dasar keramahtamahan pelayanan atau hospitality, seperti komunikasi dengan konsumen dengan tepat, untuk mendukung kepuasan konsumen yang memiliki berbagai budaya dan latar belakang. Tak hanya itu, para mitra driver juga belajar dasar-dasar percakapan dalam bahasa Inggris melalui kelas bahasa, seperti bagaimana menyambut pelanggan, mengonfirmasi arah dan lokasi pelanggan, hingga membantu pelanggan apabila berada dalam keadaan darurat. Berbagai topik ini dipilih Gojek setelah mencermati kebutuhan pelaksanaan acara G20 selama tahun ini di Bali.
Baca juga: Peringati Hari Jadinya Ke-110, Sharp Fokus Akan Teknologi 8K+5G dan AIOT’
Sebelumnya, para mitra juga telah mengikuti pelatihan BBM di berbagai topik seperti P3K, pengelolaan kendaraan, anti kekerasan seksual, keselamatan berkendara, termasuk pengembangan kemampuan diri meliputi wirausaha dan pengelolaan keuangan mitra. Gojek selalu terus berinovasi untuk memastikan bahwa mitra driver selalu dapat diandalkan masyarakat dengan layanan dan perilaku yang unggul. Salah satu bentuk inovasi ini yakni bentuk dan materi BBM yang terus berevolusi setiap tahunnya mengikuti kebutuhan mitra sehari-hari, termasuk dalam bentuk fitur Tips Pintar di aplikasi mitra yakni GoPartner yang mulai tersedia sejak pandemi, agar dapat diakses kapanpun secara online. Dengan berbagai materi yang ringan, menyenangkan, dan mudah dipahami, diharapkan manfaat BBM dapat dirasakan baik oleh mitra sendiri maupun para pelanggan.