Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S22 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 14

Samsung Galaxy S22 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Kemarin, iPhone 14 resmi mulai dijual di beberapa wilayah. Banyak orang mulai membeli handset baru dan, meskipun tahun ini sebagian besar perhatian tertuju pada varian Pro (karena mereka memiliki desain yang berbeda dan chipset yang lebih kuat), iPhone 14 sangat populer. Namun saat ini kamu dapat menemukan beberapa perangkat dengan level yang sama di pasaran, dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Haruskah memilih iPhone baru atau  lebih baik menggunakan flagship yang lebih lama?  Sekarang, Trendtech pikir sudah waktunya untuk menghadirkan  perbandingan spesifikasi iPhone 14 dengan spesifikasi Samsung Galaxy S22.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max vs iPhone 14 Plus: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 14Desain

Mulai dari desain, pada dasarnya adalah masalah selera, meskipun iPhone secara harfiah merupakan ikon di dunia smartphone karena desainnya. Jika tidak keberatan dengan notch, maka kami pikir kamu harus memilih iPhone 14, tetapi selera pribadi mungkin membuat kamu tidak setuju. Samsung Galaxy S22 memiliki lubang punch yang kurang invasif daripada takik, tetapi iPhone memiliki ketahanan air yang lebih baik dengan sertifikasi IP68 yang memungkinkan untuk meletakkannya di bawah air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit. Kedua perangkat dilengkapi dengan kaca belakang dan bingkai aluminium, kaca belakang Samsung dilindungi oleh Gorilla Glass Victus Plus, sedangkan iPhone dilindungi oleh Ceramic Shield.

Layar

Sama seperti pertarungan antar desain, bahkan pertarungan antar display pun sangat sulit. Dilihat dari spesifikasi di atas kertas, iPhone 14 seharusnya menawarkan kualitas gambar yang lebih meyakinkan. Ini memiliki layar Super Retina XDR OLED dengan diagonal 6,1 inci, resolusi Full HD+ 1170 x 2532 piksel, sertifikasi HDR10, dan dukungan Dolby Vision, serta kecerahan puncak 1.200 nits, di balik kaca keramik anti gores dengan lapisan oleophobic. Samsung Galaxy S22 memiliki layar Dynamic AMOLED dengan diagonal 6,2 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel, dan sertifikasi HDR10+ yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus Plus. Kualitas gambar lebih baik di iPhone, tetapi Samsung Galaxy S22 memiliki keunggulan penting: kecepatan refresh naik hingga 120 Hz, sedangkan iPhone berhenti hanya pada 60 Hz.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

IPhone 14 memberikan kinerja tertinggi tidak hanya berkat perangkat keras tetapi berkat optimalisasi sistem operasi iOS. Pengaturan perangkat kerasnya mencakup chipset Apple A15 Bionic yang dibuat dengan proses produksi 5 nm dan dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari dua inti Avalanche yang berjalan pada frekuensi maksimum 3,23 GHz, empat inti Blizzard yang berjalan pada frekuensi maksimum 1,82 GHz, dan GPU Apple 5-core. SoC dipasangkan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan asli NVMe hingga 512GB. Samsung Galaxy S22 memiliki platform seluler octa-core Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun dengan proses produksi 4 nm dan terdiri dari CPU Cortex X2 yang berjalan pada frekuensi maksimal 3 GHz, tiga CPU Cortex A710 yang berjalan pada 2,5 GHz, empat Cortex A510 CPU berjalan pada 1,8 GHz, dan GPU Adreno 730. Ada juga versi handset ini dengan chipset Exynos 2200, kalah dengan Snapdragon 8 Gen 1. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan asli hingga 256 GB. IPhone 14 menjalankan iOS 16, sedangkan Samsung Galaxy S22 menjalankan Android 12 yang disesuaikan dengan One UI.

Kamera

Pengaturan kamera paling canggih milik Samsung Galaxy S22. Ini memiliki tiga kamera yang terdiri dari sensor utama 50 MP dengan OIS, lensa telefoto 10 MP dengan zoom optik 3x dan OIS, dan sensor ultrawide 12 MP, serta kamera depan 10 MP yang merekam video dengan resolusi 4K di 60fps. IPhone 14 memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 12 MP termasuk sensor ultrawide dan kamera depan 12 MP merekam video 4K.

Baca juga: iPhone 13 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Samsung Galaxy S22 memiliki baterai yang lebih besar, namun ponsel yang menjamin masa pakai baterai paling lama adalah iPhone 14 karena optimalisasi iOS yang hebat. Kecepatan pengisian daya serupa dan ponsel mendukung pengisian nirkabel.

Harga

Kamu membutuhkan setidaknya Rp15 jutaan untuk membeli iPhone 14, sedangkan Samsung Galaxy S22 dapat dengan mudah ditemukan dengan harga bekas yakni kurang dari Rp10 jutaan. Mana yang akan kamu pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment