Home GadgetSmartphone iPhone 13 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 14

iPhone 13 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaiPhone 14 resmi mulai dijual dan akan tersedia di beberapa negara. Seri baru oleh Apple membawa ke pasar tingkat diferensiasi yang lebih tinggi antara varian standar dan yang Pro. Tapi apa yang berubah antara iPhone 14 baru dan pendahulunya? Nah, banyak orang bertanya-tanya dan jawaban atas pertanyaan ini sudah jelas. Banyak orang juga bertanya-tanya apakah mereka harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan iPhone terbaru atau mereka harus menghemat uang dengan membeli model sebelumnya karena yang baru tidak membawa banyak perubahan. Itulah alasan mengapa pertanyaan di atas layak mendapatkan artikel khusus. Inilah perbandingan spesifikasi utama iPhone 14 dan iPhone 13 yang akan memberi tahu kamu perbedaan kedua perangkat ini.

Baca juga: realme 9 Pro Plus vs Vivo V25: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 14Desain

Sangat sulit membedakan iPhone 14 dengan iPhone 13 karena memiliki desain yang kurang lebih sama. Ada beberapa perbedaan kecil, tetapi secara keseluruhan, hampir identik. Model baru hadir dengan sensor kamera yang lebih besar dan bodi yang sedikit lebih tebal, sedangkan model lama sedikit lebih tipis dan sedikit lebih berat daripada model baru. Selebihnya, mereka hampir sama. Mereka datang dengan notch yang sama di atas layar dan rasio bodi yang sama, dengan bezel simetris dan sempit di sekitar layar. Perbatasannya datar seperti semua iPhone mulai dari 12 (dengan pengecualian SE). Mereka datang dengan tombol daya yang ditempatkan di sisi kanan perangkat dan tombol volume di sebelah kiri. Mereka tahan air dengan sertifikasi IP68 dan kamu dapat menempatkannya di bawah air hingga kedalaman 6 meter untuk waktu maksimal 30 menit.

Layar

IPhone 13 dan iPhone 14 memiliki layar yang persis sama. Kita berbicara panel Super Retina XDR OLED, salah satu layar terbaik dalam hal kualitas gambar tetapi, sayangnya, dengan kecepatan refresh standar 60 Hz. Jadi, harapkan kualitas yang hebat, tetapi jangan berharap kehalusan tampilan tertinggi. Layar memiliki diagonal 6,1 inci dan resolusi 1170 x 2532 piksel, serta rasio aspek 19,5:9, sertifikasi HDR10, dan dukungan Dolby Vision. Sama seperti semua ponsel Apple terbaru, ia tidak mengandalkan pembaca sidik jari untuk otentikasi tetapi mendukung pengenalan wajah 3D berkat teknologi ID Wajah. Sensor untuk Face ID ditempatkan di notch di atas layar. Kaca depan tahan gores dan memiliki lapisan oleophobic.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Meskipun milik dua generasi yang berbeda, iPhone 13 dan iPhone 14 ditenagai oleh chipset yang sama. Kita berbicara tentang Apple A15 Bionic: SoC yang dibangun dengan proses produksi 5 nm dan menggunakan arsitektur hexa-core yang terdiri dari dua CPU Longsor (dengan kinerja tinggi) yang berjalan pada frekuensi maksimum 3,23 GHz, empat CPU Blizzard (dengan efisiensi) berjalan pada frekuensi 1,82 GHz, dan GPU milik Apple 5-core. Tetapi ada perbedaan dalam pengaturan perangkat keras: iPhone 13 hanya memiliki RAM 4GB, sedangkan iPhone 14 menggunakan RAM 6GB. Perbedaan lainnya adalah sistem operasinya: yang pertama dikirimkan dengan iOS 15 (meskipun dapat diperbarui ke iOS 16), sedangkan yang terakhir memiliki iOS 16, sehingga akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama. Konfigurasi memori yang tersedia ada tiga, dengan 128 GB, paling kecil.

Kamera

Sekilas iPhone 13 dan iPhone 14 memiliki kamera yang sama, tetapi jika kamu menggali lebih dalam, kamu akan menemukan peningkatan pada iPhone 14. Muncul dengan pengaturan kamera belakang ganda yang sama yang terdiri dari sensor utama 12 MP. dengan OIS dan kamera ultrawide 12 MP, tetapi kamera utama 14 memiliki aperture fokus f/1.5 yang lebih cerah dan seharusnya dapat menangkap tingkat detail yang lebih tinggi dengan cahaya rendah. Hal yang sama berlaku untuk kamera depan iPhone 14, dengan aperture fokus f/1.9 yang lebih cerah daripada f/2.2.

Baca juga: iPhone 14 Pro vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Hanya ada perbedaan kecil antara baterai kedua ponsel ini, tetapi iPhone 14 menang lagi. Ini dilengkapi dengan baterai 3279 mAh, sedangkan pendahulunya hanya memiliki 3240 mAh di dalamnya. Ini menghasilkan masa pakai baterai yang sedikit lebih lama. Kecepatan pengisian tidak berubah karena kedua handset dapat mencapai 50 persen dalam 30 menit, mereka mendukung pengisian nirkabel MagSafe dan 15W Qi.

Harga

Kamu memerlukan setidaknya Rp14 jutaan untuk membeli iPhone 14, sementara kamu dapat dengan mudah menemukan iPhone 13 dengan harga kurang dari Rp13 jutaan berkat harga bekas. Apakah kamu akan menghabiskan lebih banyak untuk mendapatkan iOS 16, baterai yang sedikit lebih besar, dan kamera yang sedikit lebih baik? Semua kembali ke pilihan kamu gaess.

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment