Home Smartphone Samsung Galaxy M35 vs Galaxy M34: Adakah Perubahannya?
Galaxy M35

Samsung Galaxy M35 vs Galaxy M34: Adakah Perubahannya?

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Seri Samsung Galaxy M biasanya menawarkan smartphone kelas menengah yang dirancang untuk pengguna sehari-hari. Samsung baru-baru ini meluncurkan Galaxy M35, tambahan amunisi terbaru pada M series. Meskipun memiliki spesifikasi yang layak, bagaimana jika dibandingkan dengan Galaxy M34 tahun lalu ? Mari kita lihat lebih dekat untuk melihat bagaimana mereka saling melengkapi.

1.Tampilan dan Desain

Kedua ponsel menampilkan layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ dan kecepatan refresh 120Hz. M34 memiliki layar 6,5 inci yang sedikit lebih kecil dibandingkan layar M35 yang berukuran 6,6 inci.

Selain itu, M34 menyertakan perlindungan Corning Gorilla Glass 5, sedangkan Samsung belum menentukan lapisan pelindung apa pun untuk layar M35. Yang terakhir juga tidak memiliki peringkat IP resmi, sedangkan M34 memiliki peringkat IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

Dari segi desain, Galaxy M34 sedikit lebih kecil dan ringan dibandingkan M35. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh panel belakang kaca M35, dibandingkan dengan bagian belakang plastik M34. Namun, keduanya terlihat sangat mirip dari belakang.

Samsung juga telah mengganti notch berbentuk U pada M34 dengan punch-hole modern pada Galaxy M35, dan bezel di sekitar layar kali ini juga lebih tipis.

Baca juga: iQOO Z9x vs iQOO Z7x: Berapa Banyak Peningkatannya?

2.Kinerja

Untuk performa, Galaxy M35 ditenagai chipset anyar Exynos 1380 dengan konfigurasi CPU 4×2.4 GHz Cortex-A78 dan 4×2.0 GHz Cortex-A55. Sedangkan Exynos 1280 M34 memiliki pengaturan 2×2.4 GHz Cortex-A78 dan 6×2.0 GHz Cortex-A55.

Chip baru di M35 diharapkan memberikan kinerja yang lebih lancar dan pengalaman multitasking yang lebih baik. Namun, untuk tugas-tugas dasar seperti browsing media sosial dan mengambil foto, kedua ponsel akan melakukan hal yang sama. Samsung telah memasangkan SoC tersebut dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

M34 hadir dengan Android 13 dengan opsi untuk meningkatkan ke Android 14, sedangkan M35 menjalankan Android 14 yang lebih baru. Keduanya menggunakan antarmuka One UI Samsung.

3.Kamera

Galaxy M34 dan M35 dibekali sistem tiga kamera belakang yang menampilkan sensor utama 50MP dengan OIS (optical image stabilization).

M34 memiliki sensor ultrawide 8MP dengan bidang pandang 120 derajat, sedangkan M35 memiliki bidang pandang lebih luas 123 derajat. Yang terakhir juga memiliki sensor makro 5MP yang sedikit lebih baik dibandingkan opsi 2MP pada M34. Kamera depan memiliki sensor 13MP yang identik di kedua ponsel.

4.Konektivitas dan Baterai

Sedangkan untuk pilihan konektivitasnya antara lain Wi-Fi, Bluetooth 5.3, GPS, NFC, dan port USB Type-C untuk pengisian daya dan transfer data.

Namun, M35 memimpin dengan dukungan Wi-Fi 6 untuk kecepatan nirkabel lebih cepat dan speaker stereo untuk audio. M34 tidak memilikinya tetapi dilengkapi dengan jack headphone standar 3,5 mm.

Kedua ponsel mengemas baterai besar 6000mAh, kemungkinan menawarkan daya tahan yang baik dengan sekali pengisian daya. Mereka mendukung pengisian daya kabel 25W.

Baca juga: Realme GT Neo 6 vs Realme GT Neo 5: Apa yang Baru dan Apa yang Ditingkatkan

5.Kesimpulan

Pilihan antara Galaxy M34 dan M35 bergantung pada prioritas dan anggaran Anda. M34 akan menjadi pilihan yang lebih terjangkau mengingat sudah menjadi model lama. Ia tetap menawarkan tampilan yang bagus, kamera mumpuni, dan baterai yang tahan lama. Namun, ia mengorbankan beberapa kinerja dan kehilangan fitur seperti speaker stereo.

Di sisi lain, M35 memiliki prosesor yang lebih baru, performa kamera yang mungkin lebih baik dengan sensor ultrawide dan lensa makro yang lebih lebar, serta dilengkapi speaker stereo. Namun, harganya akan mahal dan juga tidak memiliki jack headphone 3,5 mm.

Pertimbangkan kebutuhan Anda – jika Anda memerlukan kekuatan pemrosesan yang lebih baik, perangkat lunak terbaru, dan beberapa peningkatan kamera, M35 mungkin sepadan dengan biaya tambahannya. Namun, jika anggaran Anda terbatas dan membutuhkan ponsel bernilai baik, M34 bisa menjadi pilihan tepat.

Berita Lainnya

Leave a Comment