Home GadgetSmartphone Apakah Galaxy Z Flip3 Tahan Air? Ini Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli
Galaxy Z Flip3

Apakah Galaxy Z Flip3 Tahan Air? Ini Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Galaxy Z Flip3 adalah ponsel lipat terbaru dari Samsung yang dinantikan oleh penggemar smartphone di tanah air. Apakah harga yang ditawarkan dapat menarik minat para penggemar ponsel lipat?  Ya, sebabnya ponsel lipat yang ditawarkan Samsung kali ini sangat kokoh dan inovatif. Namun masih banyak yang mengkhawatirkan perangkat ini rusak akibat air.

Sejauh ini, Series Flip maupun Fold Samsung belum pernah menawarkan fitur tahan terhadap air, meskipun perusahaan telah merancang beberapa trik untuk mencegah partikel debu. Dengan celah yang tertinggal di antara bagian engsel yang bergerak, selalu ada risiko tetesan air merembes kedalam yang pada akhirnya dapat menyebabkan korosi pada bagian logam atau, lebih buruk lagi, kerusakan pada bit elektronik yang sensitif.

Baca juga: Ringkas Dibawa hingga Bikin Konten Hands-free, Ini yang Bikin Kamu Jadi Keren dengan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Sederhananya, ponsel yang dapat dilipat sejauh ini tetap menjadi barang baru yang harganya seperti smartphone flagship pada umumnya. Apakah Galaxy Z Flip3 mampu memberikan keyakinan buat para penggunannya kali ini?

Jawabannya: Ya, Galaxy Z Flip 3 hadir dengan sertifikasi IPX8 untuk perlindungan terhadap cipratan air. Samsung mengatakan ponsel lipat terbarunya dapat bertahan dalam perendaman pada kedalaman maksimum 1,5 meter hingga 30 menit. Galaxy Z Flip3 dapat menghilangkan beberapa tumpahan yang tidak disengaja, tetapi mungkin bukan ide yang baik untuk membawanya berenang di kolam renang atau air laut.

Mengingat ponsel lipat ini menggunakan layar fleksibel dengan sebuah engsel. Lantas bagaimana cara Samsung menghadirkan fitur water resistance pada Galaxy Z Flip3?

Pertama, Samsung menggunakan pelumas khusus di engsel di ponsel lipat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Samsung. Pasalnya, engsel memiliki banyak komponen bergerak. Selain itu, disaat bersamaan, engsel ini dapat menciptakan celah kecil yang mungkin menjadi pintu masuk air. Jadi, terbilang sulit untuk bisa menyegel engsel sepenuhnya pada dua ponsel lipat ini.

Menurut insinyur utama di tim Samsung, Hee-cheul Moon, pihaknya mengembangkan jenis pelumas khusus.

“Jenis pelumas khusus ini benar-benar dapat menempel dengan baik ke semua komponen kecil di perangkat,” kata Moon.

Semua pelumas pada komponen di perangkat sebenarnya bisa saja luntur, apalagi bila terkena air. Namun, Samsung mengeklaim, jenis pelumas baru pada engsel Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 ini bisa tahan hingga 200.000 kali lipatan.

Kedua Samsung juga membuat perekat baru di layar Galaxy Z Flip3 yang tahan air. Perekat ini berfungsi jika ponsel jatuh atau terendam air, air kemungkinan bisa merusak komponen pada layar. Untuk mengatisipasi hal ini, Samsung menggunakan dua perekat baru untuk mencegah air merusak komponen layar. Pertama adalah perekat yang peka terhadap tekanan atau disebut dengan pressure-sensitive adhesive. Perkat ini berguna untuk menyegel layar Galaxy Z Flip3 yang terdiri dari beberapa lapisan.

Jadi jika air masuk, air akan mengalir di antara celah yang ada pada layar dan badan ponsel. Lalu air akan dialirkan masuk ke engsel ponsel. Inovasi kedua adalah double-sided tape alias plester dua sisi. Plester ini direkatkan Samsung di sekeliling lubang yang ada di bawah panel layar, untuk mencegah air masuk.

Air juga bisa merusak berbagai kabel yang terdapat di dalam perangkat ponsel. Karena Galaxy Flip3 merupakan ponsel dengan layar fleksibel, maka kabel-kabel yang ada pada ponsel ini juga setidaknya harus bisa bergerak. Samsung membuat pelindung kabel (gasket) karet sederhana pada umumnya tidak bisa digunakan pada jenis ponsel lipat ini.

Untuk itu, Samsung menyertakan pelindung kabel fleksibel baru yang juga kedap air. Saat diproduksi, gasket itu dalam bentuk cairan. Namun, setelah terkena udara, cairan pada gasket itu akan menjadi padat. Bila sudah berubah menjadi padat, gasket itu bisa menjadi segel kedap air fleksibel di sekitar kabel yang ada pada perangkat. Sekaligus memungkinkan kabel masih bisa bergerak.

Hal ini lantas menjadikan Galaxy Z Flip3 menjadi foldable device pertama di dunia yang dibekali dengan fitur water resistance.

Dengan teknologi tahan air yang dihadirkan, Galaxy Z Flip3 dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna Ketika kondisi hujan, atau saat berkreasi pembuatan konten dipinggir kolam renang. Atau bisa juga memberikan rasa aman ketika berkereasi membuat konten dengan anak-anak Ketika pengguna mencuci mobil.

Baca juga: Ini Bukti 5 Kamera Samsung Galaxy Z Fold3 Bisa Hasilkan Foto Maksimal

Dapatkan Galaxy Z Flip3 beserta pengalaman foldable terbarukan dan segala inovasinya dengan harga Rp14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp15.999.000 (8GB/256GB). Galaxy Z Flip3 tersedia dengan pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black.

Lakukan pre-order di www.galaxylaunchpack.com atau Indosat Gallery dan XL Center sampai dengan 29 Agustus 2021 dan dapatkan penawaran khusus senilai Rp5.239.000 yang terdiri dari proteksi Samsung Care+ selama 1 tahun, e-voucher hingga Rp1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp1.000.000. Selain itu, tersedia juga program buy-back 60% untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan dan program cicilan 0% sampai 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, , silakan kunjungi ruang pers virtual kami di  www.samsungmobilepress.comPanin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G, silakan kunjungi www.samsung.com/id/ Untuk mengakses media assets dan in-depth stories

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment