Home GadgetSmartphone Canggih! Ini Transformasi Samsung Galaxy Note Series Dari Masa Ke Masa
Galaxy Note Series

Canggih! Ini Transformasi Samsung Galaxy Note Series Dari Masa Ke Masa

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta  – Seperti yang kita tahu, selain Galaxy S Series, Samsung masih memiliki satu perangkat flaghship terbaiknya yang tak lain adalah Galaxy Note Series. Dua lini smartphone tersebut selalu menonjolkan desain yang menawan sekaligus kemewahan dalam hal fitur dan hardware yang diusungnya. Alhasil, setiap kehadiran versi baru selalu dinanti dan diburu pengguna.

Samsung Galaxy Note Series sendiri pertama kali diperkenalkan Samsung pada 2011 silam. Kala itu, penggunaan smartphone mulai menjadi trend. Dan di tengah banyak vendor lainnya yang masih menghadirkan layar berukuran 4-5 inci saat itu, Samsung membuat gebrakan dan menjadi pioneer dengan melahirkan ide dan inovasi baru untuk menghadirkan perangkat berlayar jumbo, yang merupakan gabungan antara smartphone dan tablet atau biasa disebut phablet.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Samsung Umumkan Jadwal Pre-Order Galaxy Note20 Series!

Sejak saat itu juga, Samsung Galaxy Note Series, yang telah mencapai seri Samsung Galaxy Note20, mampu menciptakan terobosan yang tidak hanya memulai tren smartphone layar besar yang sedang kita nikmati saat ini, namun juga mengeluarkan potensi terbaik yang bisa dimiliki oleh sebuah smartphone.

Peningkatan Performa Samsung Galaxy Note Series Dukung Produktivitas

Bicara performa, maka yang pertama kali terlintas adalah prosesor. Pada Samsung Galaxy Note mengusung prosesor Exynos 4 yang memungkinkan fitur multitasking pada dua layar perangkat sekaligus secara simultan. Samsung Galaxy Note5 merupakan smartphone pertama yang didukung Exynos 7420, prosesor fabrikasi 14nm FinFET pertama di dunia. Sebagai salah satu prosesor terbaik pada 2015, Exynos 7420 mampu meningkatkan performa perangkat sekaligus memperpanjang umur baterai.

Berjalanannya waktu, kini seri terbaru Samsung Galaxy Note20 telah melakukan lompatan besar melalui Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nanometer yang menghemat konsumsi baterai, dan 19% peningkatan performs CPU dan 13% pada GPU dibandingkan Exynos pendahulunya. Exynos terbaru ini mampu mengoptimalkan peran AI di berbagai fitur, salah satunya pada kamera untuk lebih mengenali objek yang difoto dengan mengatur pencahayaan hingga mengurangi noise secara otomatis. Selain itu, Exynos 990 juga membawa pengalaman multimedia dan gaming di level tertinggi saat ini. Exynos 990 mampu merekam video 8K pada 30fps dan mengeditnya, serta mendukung refresh rate 120Hz untuk pengalaman visual game yang begitu mulus.

Kinerja smartphone juga dibantu oleh ukuran dan efektivitas RAM. Pada Samsung Galaxy Note pertama RAM yang digunakan memiliki kapasitas 1GB, terbilang besar pada masanya. Kapasitas RAM besar terus dipertahankan oleh Samsung dari waktu ke waktu, termasuk saat merilis Samsung Galaxy Note8 yang memiliki RAM 6GB LPDDR4, dengan prosesor berteknologi pemrosesan 10nm yang diproduksi langsung oleh Samsung untuk memaksimalkan penggunaan perangkat layar besar.

Dibanding Galaxy Note10 Plus yang membenamkan RAM 12MB LPDDR4x, pengalaman ber-multitasking dengan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra dengan RAM 8GB lebih cepat dan mulus. Hal ini berkat teknologi RAM LPDDR5 untuk menciptakan performa tertinggi pada sebuah smartphone dengan speed hingga 6.400 Mbps, 1.5x lebih cepat , transfer data mencapai 51,2 Gbps, dan penggunaan daya 30% lebih irit.

Lanjut ke aspek yang tak kalah penting dalam mempertimbangkan kinerja sebuah smartphone adalah baterai. Saat merilis Galaxy Note edisi pertama, Samsung membekali smartphone tersebut dengan baterai 2.500mAh. Saat itu, baterainya masih bisa dilepas dan dipasang kembali. Samsung mempertegas status daya tahan baterai seharian pada Samsung Galaxy Note Series ketika merilis Samsung Galaxy Note9 dengan baterai 4.000mAh dan hanya membutuhkan sekitar 100 menit untuk pengisian penuh.

Pencapaian tersebut kini semakin diperkuat melalui kehadiran Samsung Galaxy Note20 dengan baterai hingga 4.500mAh. Kapasitas besar pun dipadukan dengan teknologi Super Fast Charging 25W yang mampu mengisi daya 50% hanya dalam waktu 30 menit. Tidak hanya itu, Samsung Galaxy Note20 juga mendukung Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless Power Share untuk mengisi daya Galaxy Buds, Galaxy Watch, sampai smartphone Samsung lainnya, sehingga mampu mendukung berbagai aktivitas selama seharian penuh dengan lebih mudah.

“Dengan prosesor Exynos 990, RAM 8GB LPDDR5, dan baterai 4.500mAh, Samsung Galaxy Note20 menghadirkan spesifikasi terbaik untuk mendukung produkvitas penggunanya dalam bekerja dan bermain,” ujar Denny Galant, Head of Product Management, IT & Mobility Business Samsung Electronics Indonesia.

Inovasi Layar Samsung Galaxy Note Series Hadirkan Pengalaman Menonton Semakin Nyaman

Salah satu inovasi terbesar yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy Note Series adalah layar, baik dari segi ukuran hingga kualitasnya. Saat Samsung Galaxy Note pertama dirilis, ia mengusung layar Super AMOLED berukuran 5,3 inci yang terbilang besar pada masanya. Samsung turut melakukan pengembangan kualitas layar secara konsisten, yang tampak ketika Samsung merilis Samsung Galaxy Note4, perangkat Samsung pertama yang tersedia secara global dengan layar QHD Super AMOLED, sekaligus meningkatkan standar phablet di pasaran.

Inovasi pada layar pun diteruskan dengan menghadirkan Galaxy Note Edge dengan layar mencapai tepi smartphone. Galaxy Note Edge juga mampu menginspirasi teknologi Full-View Display pada ponsel-ponsel Samsung berikutnya. Kemudian, pada 2017, Samsung Galaxy Note8 hadir sebagai Samsung Galaxy Note Series pertama yang memiliki layar 6,3 inci, namun tetap memiliki bodi yang ramping dan nyaman untuk digenggam. Terobosan kembali hadir melalui Samsung Galaxy Note10 series yang memiliki dua pilihan layar dan telah mengusung Dynamic Super AMOLED Display dan mendukung fitur ultrasonic in-display fingerprint scanner.

Seluruh inovasi yang dimiliki oleh tiap-tiap generasi dari Samsung Galaxy Note Series terdahulu mengantarkan Samsung untuk menghadirkan teknologi layar terdepan pada Samsung Galaxy Note20. Di seri terbaru ini, Samsung menyematkan layar WQHD+ Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,9 inci yang dapat ditemukan pada Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Layar WQHD+ mampu memberikan resolusi 3088×1440, sehingga memberikan kualitas gambar terdepan yang disokong dengan layar luas untuk menciptakan pengalaman menonton lebih baik. Sedangkan teknologi Dynamic AMOLED 2X memungkinkan Samsung Galaxy Note20 sebagai ponsel dengan layar paling jelas dan terang karena mampu menghadirkan tingkat kecerahan pada 1.500 nits, sehingga menghasilkan kualitas warna yang nyata dan memudahkan mata untuk melihat layar bahkan ketika di bawah sinar matahari.

Selain layar dengan refresh rate 120Hz, Samsung Galaxy Note20 Ultra juga memiliki layar dengan touch sampling rate 240Hz) sehingga menghadirkan tingkat respons sentuhan yang sangat cepat, baik ketika mengoperasikannya dengan jari maupun S Pen. Tidak ketinggalan, baik Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra sudah mendukung sertifikasi HDR10+ yang memudahkan pengguna untuk merekam momen hingga menciptakan konten dengan kualitas terbaik. Layar HDR10+ mampu membantu pengguna untuk menyaksikan warna dan kontras di setiap frame adegan video, sehingga akan memberikan hasil akhir yang lebih sempurna.

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre-order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Penawaran menarik selama masa pre-order tersebut: Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy Note 20: Apa Bedanya?

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre-order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Penawaran menarik  selama masa pre-order tersebut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan  e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre-Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment