Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy Z Fold 2 vs Samsung Galaxy Fold: Perbandingan Spesifikasi
Samsung Galaxy Z Fold 2

Samsung Galaxy Z Fold 2 vs Samsung Galaxy Fold: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Generasi kedua dari jajaran Galaxy Fold resmi diluncurkan berbarengan dengan jajaran Galaxy Note 20 series yakni Galaxy Z Fold 2. Ponsel revolusioner baru ini menghilangkan semua masalah dan ketidaksempurnaan model sebelumnya: apakah ini ponsel lipat yang sudah sempurna? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan Galaxy Fold sebelumnya, sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang berubah, apa yang telah ditingkatkan, dan mana yang merupakan peningkatan utama dari ponsel lipat baru yang dapat berubah menjadi tablet.

Samsung Galaxy Z Fold 2

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy Note 20: Apa Bedanya?

Desain

Secara estetika bentuk Galaxy Z Fold 2 tetap sama persis dengan pendahulunya. Kami tidak berbicara tentang ponsel yang dapat dilipat menjadi sangat kompak seperti Galaxy Z Flip 5G yang baru-baru ini diluncurkan. Galaxy Z Fold 2 adalah ponsel lipat yang berubah menjadi tablet. Sama seperti Galaxy Fold pertama, perangkat ini memiliki layar lipat yang ditempatkan secara internal, sementara panel smartphone standar ditempatkan di luar. Layar lipat dari Galaxy Z Fold 2 memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan Galaxy Fold, berkat teknologi Ultra Thin Glass (UTG alias yang sama ditemukan pada Galaxy Z Flip). Kedua handset datang dengan kaca belakang dan bingkai aluminium seperti kebanyakan flagships.

Layar

Samsung berusaha keras untuk menampilkan Galaxy Z Fold 2 yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya Galaxy Fold. Layar eksternal lebih besar: sementara Galaxy Fold memiliki panel 4,6 inci yang sangat ringkas termasuk bezel tebal, Galaxy Z Fold 2 memiliki layar eksternal 6,23 inci tanpa bingkai dengan kualitas dan resolusi yang lebih baik. Bahkan resolusi layar internal meningkat. Selanjutnya, Samsung menambahkan kecepatan refresh 120 Hz, yang luar biasa dan tidak terduga untuk panel yang dapat dilipat.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Galaxy Fold ditenagai oleh chipset Snapdragon 855 dan tidak mendukung konektivitas 5G, namun terdapat varian 5G dengan konektivitas 5G berkat modem eksternal. Galaxy Z Fold 2 juga menghadirkan konektivitas 5G, tetapi memiliki chipset yang lebih kuat: Snapdragon 865+ yang saat ini merupakan chipset Qualcomm terbaik. Galaxy Z Fold 2 juga dilengkapi dengan penyimpanan internal UFS 3.1 yang lebih cepat (Galaxy Fold adalah UFS 3.0) dan Android 10. Tetapi Anda harus mencatat bahwa Galaxy Fold memiliki penyimpanan asli 512GB, Galaxy Z Fold 2 hanya menawarkan 256GB dan penyimpanannya tidak dapat diperluas melalui microSD.

Kamera

Di atas kertas, Galaxy Fold asli tampaknya memiliki kamera yang lebih baik. Karena memiliki sensor utama dengan aperture fokus variabel, serta sensor kedalaman 8MP tambahan untuk kamera depan. Spesifikasi kamera lainnya kurang lebih sama: Samsung Galaxy Z Fold 2 tidak memiliki aperture fokus variabel (sehingga dapat memotret foto  dalam kondisi cahaya rendah) dan sensor tambahan 8MP untuk kamera depan.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 & Galaxy Note 20 Ultra Resmi!

Baterai

Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki baterai yang lebih besar, tetapi ini tidak berarti baterai itu akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Samsung Galaxy Fold memiliki komponen yang lebih efisien dan akan bertahan lebih lama dalam beberapa skenario. Perangkat ini memiliki layar eksternal yang lebih kecil dengan konsumsi energi yang lebih rendah, tidak memiliki kecepatan refresh 120 Hz dan bahkan tidak memiliki konektivitas 5G. Ketiga hal yang membuatnya bertahan lebih lama. Namun jika Anda menghindari penggunaan 120 Hz dan 5G pada Galaxy Z Fold 2, maka secara alami akan terjadi sebaliknya dalam skenario penggunaan yang sama. Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki teknologi pengisian yang lebih cepat, sedangkan Galaxy Fold memiliki pengisian nirkabel yang lebih cepat. Keduanya mendukung pengisian daya terbalik.

Harga

Anda benar-benar dapat menemukan Samsung Galaxy Fold dengan harga kisaran Rp 30 jutaan, sementara Samsung belum mengungkapkan harga Samsung Galaxy Z Fold 2 (diperkirakan akan berharga kisaran Rp 34 jutaan atau lebih). Pada akhirnya, Galaxy Fold asli mampu memberikan kinerja kamera dan masa pakai baterai yang serupa dengan saudara barunya, tetapi Galaxy Z Fold 2 telah meningkatkan tampilan, dapur pacu, dan kualitas pembuatan. Fitur-fitur ini menjadikannya peningkatan yang valid yang harus Anda pilih.

Berita Lainnya

Leave a Comment