Home GadgetSmartphone Google Pixel 6a vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno8 Pro

Google Pixel 6a vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaOPPO Reno8 Pro memulai debutnya di pasar global dengan spesifikasi yang sangat berbeda dari versi China karena merupakan rebrand dari Reno8 Pro Plus. Sementara itu, Google meluncurkan Pixel 6a baru di beberapa pasar Eropa, dengan peluncuran promo yang memberi kamu earbud nirkabel sejati Pixel Buds A sebagai hadiah. Bundel ini sangat menarik dan akan sangat menarik untuk mengetahui mana dari kedua perangkat ini yang akan menawarkan nilai uang tertinggi di pasar Eropa. Sementara itu, kami ingin memberikan gambaran melalui perbandingan antara spesifikasi Google Pixel 6a dan OPPO Reno8 Pro. Keduanya adalah ponsel yang sangat berbeda, tetapi mungkin kamu tidak akan dapat membedakan harganya: itulah alasan mengapa kami memutuskan untuk membandingkannya.

Baca juga: realme GT 2 Master Explorer vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Reno8 ProDesain

Google Pixel 6a adalah ponsel yang sangat menarik karena merupakan salah satu perangkat kelas atas yang paling ringkas, berkat layarnya yang lebih kecil. Tapi bukan hanya karena itu: juga ringan dan tahan air: sertifikasi IP67 membuktikannya tahan debu dan air. Dibangun dengan bagian belakang plastik dan bingkai aluminium, dan memiliki varian yang mendukung teknologi eSIM. Smartphone ini memiliki desain yang sangat asli dengan kamera ditempatkan secara horizontal. OPPO Reno8 Pro  memiliki dimensi yang lebih besar karena hadirnya layar yang lebih besar, namun lebih tipis dari pesaingnya. Sayangnya, ia tidak menawarkan sertifikasi apa pun untuk perlindungan terhadap air dan debu, tetapi dibuat dengan bahan premium: aluminium untuk bingkai dan kaca untuk bagian belakang, sedangkan panel depan dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Layar

Layar kedua perangkat ini bagus, tetapi OPPO Reno8 Pro Global memiliki yang terbaik. Muncul dengan layar AMOLED dengan diagonal 6,7 inci, menampilkan hingga satu miliar warna. Resolusinya adalah Full HD+ dengan 1080 x 2412 piksel dan layar memiliki kecepatan refresh 120 Hz dan sertifikasi HDR10+, serta kecerahan puncak 950 nits dan sensor sidik jari dalam layar. Google Pixel 6a memiliki layar OLED yang bagus dengan diagonal 6,1 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, sertifikasi HDR, dan sensor sidik jari dalam layar, tetapi tidak memiliki kecepatan refresh 120 Hz dan tidak mampu untuk menunjukkan satu miliar warna tetapi berhenti di 16 juta. Namun, tetap sangat menarik karena merupakan panel yang ringkas, mudah digunakan dengan satu tangan, dan ponsel ini nyaman disimpan di saku.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Google Pixel 6a ditenagai oleh Google Tensor: chipset eksklusif pertama oleh Google. Ini dibangun pada 5 nm dan memiliki arsitektur octa-core yang terdiri dari dua CPU Cortex X1 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,8 GHz, dua CPU Cortex A76 yang berjalan pada frekuensi 2,25 GHz, dan empat CPU Cortex A55 yang berjalan pada 1,8 GHz. , serta GPU Mali G78 MP20. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 128 GB. OPPO Reno8 Pro ditenagai oleh platform seluler MediaTek Dimensity 8100 Max: versi yang ditingkatkan dari Dimensity 8100 dengan kemampuan AI yang lebih tinggi. Ini adalah chipset yang dibangun pada 5 nm dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari empat CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,85 GHz, empat CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan GPU Mali G610 MC6. Dimensity 8100 oleh Mediatek adalah chipset yang lebih baik daripada Google Tensor yang ditemukan pada Pixel 6a. Selanjutnya, dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB, jelas lebih baik daripada konfigurasi 6/128 GB dari Pixel 6a. Kedua ponsel menjalankan Android 12, tetapi Google kemungkinan besar akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama.

Kamera

Kamera belakang utama OPPO Reno8 Pro jelas lebih baik daripada yang ada di Google Pixel 6a. Ini adalah chipset Sony IMX766 dengan dukungan OIS, dibantu oleh MariSilicon X. Kita berbicara tentang NPU eksklusif pertama oleh OPPO yang meningkatkan fotografi malam dan video berkat kekuatan 18 TOPS. Bahkan Reno8 Pro memberikan kamera depan yang lebih baik dengan resolusi 32 MP.

Baca juga: OPPO Indonesia Ungkap Keunggulan Kamera Reno8

Baterai

OPPO Reno8 Pro Global memiliki baterai yang sedikit lebih besar daripada Google Pixel 6a dan pengisian dayanya jauh lebih cepat berkat pengisian cepat 80W, itulah alasan mengapa ia memenangkan perbandingan baterai.

Harga

OPPO Reno8 Pro mulai dari Rp 8,6 jutaan, sedangkan Pixel 6a mulai dari Rp 6,7 jutaan secara global (harga bervariasi tergantung pasar). Reno8 Pro jelas merupakan ponsel yang lebih baik jika kita mempertimbangkan perangkat keras, layar, dan kamera, tetapi ukurannya yang ringkas dan dukungan perangkat lunak yang panjang dari Pixel masih menjadikannya pilihan yang sangat menarik.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment