Home GadgetSmartphone OPPO Find X5 vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno8 Pro

OPPO Find X5 vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaOPPO Reno8 Pro baru saja diluncurkan tetapi dengan spesifikasi yang berbeda, jika dibandingkan dengan yang dijual di China: memang, ini adalah rebrand dari Reno8 Pro Plus China. Lembar spesifikasinya begitu canggih sehingga perangkat ini mampu bersaing dengan versi lain di seri flagship lainnya OPPO Find X5. Kedua perangkat ini sama-sama dibuat untuk pasar global dan mengemas spesifikasi kelas atas, tetapi harganya tidak berlebihan seperti ponsel paling mahal di pasaran. Banyak orang bertanya-tanya mana yang akan dibeli dan, sambil menunggu uang terkumpul, kami memutuskan untuk memuaskan kamu dengan perbandingan spesifikasi OPPO Find X5 dan OPPO Reno8 Pro.

Baca juga: realme Narzo 50 vs realme Narzo 50A vs realme Narzo 50i: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Reno8 Pro

Desain

Desain paling orisinal di antara kedua ponsel ini adalah salah satu dari OPPO Find X5. Sepertinya Find X5 Pro, dibuat dengan bahan yang lebih murah tetapi masih memiliki kualitas premium, kamu mendapatkan kaca dibagian belakang dan bingkai aluminium. Di bagian depan, ponsel ini memiliki layar melengkung dengan rasio layar terhadap tubuh yang sangat tinggi. Sayangnya, smartphone ini tidak menawarkan sertifikasi apa pun untuk perlindungan terhadap debu dan air, tetapi layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass Victus. OPPO Reno8 Pro menggunakan material desain kaca dibagian belakang dan bingkai aluminium juga, tetapi layar tidak melengkung di samping dan kaca depan dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Kami pribadi lebih suka Find X5 karena lebih orisinal dan lebih kompak, meskipun Reno lebih tipis dan lebih ringan dari saingan internalnya ini.

Layar

Layar kedua ponsel ini berbeda ukurannya, namun spesifikasinya sama. OPPO Reno8 Pro memiliki layar lebih lebar dengan diagonal 6,7 inci, sedangkan Find X5 lebih kecil dengan hanya 6,55 inci. Panel-panel ini adalah panel AMOLED yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400p, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan kecerahan puncak hingga 1.000 nits. Ponsel ini dilengkapi dengan pembaca sidik jari dalam layar dan speaker stereo, tetapi tidak memiliki jack audio. Dalam hal kualitas gambar, mereka sangat baik, meskipun tidak menampilkan tampilan terbaik di luar sana. Tetapi banyak orang tidak akan melihat perbedaan antara panel ini dan yang terbaik di pasaran.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

OPPO Find X5 dan OPPO Reno8 Pro kurang lebih berada di level yang sama dalam hal perangkat keras, meskipun prosesornya berbeda. OPPO Find X5 ditenagai oleh Snapdragon 888 dari Qualcomm yang dibangun pada 5 nm dan menggunakan arsitektur octa-core. Ini terdiri dari satu CPU Cortex X1 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,84 GHz, tiga CPU Cortex A78 dengan frekuensi 2,42 GHz, empat CPU Cortex A55 dengan frekuensi 1,8 GHz, dan GPU Adreno 660. OPPO Reno8 Pro Global ditenagai oleh chipset Dimensity 8100 Max oleh Mediatek yang dibangun pada 5 nm dan dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari empat CPU Cortex A78 yang berjalan pada 2,8 GHz, empat CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan Mali G610 GPU MC6. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan UFS 3 hingga 256GB. Penyimpanan internal tergantung pada konfigurasi yang dipilih. Prosesor mereka memberikan kinerja yang kurang lebih sama, meskipun kami lebih suka Snapdragon 888. Kedua ponsel menjalankan Android 12, tetapi Find X5 kemungkinan akan mendapatkan jumlah pembaruan besar yang lebih tinggi.

Kamera

OPPO Find X5 memenangkan perbandingan kamera berkat sensor sekundernya. Kedua ponsel ini hadir dengan kamera utama Sony IMX766 50 MP, serta MariSilicon X: NPU eksklusif pertama oleh OPPO yang mampu meningkatkan fotografi malam dan video dengan kekuatan 18 TOPS. Tetapi OPPO Find X5 memiliki sensor sekunder yang lebih baik: lensa telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x, dan kamera ultrawide Sony IMX766 50 MP. OPPO Reno8 Pro memiliki lensa ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP.

Baca juga: OPPO Reno 7A vs Samsung Galaxy A52s: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

OPPO Find X5 dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dari OPPO Reno8 Pro dan mampu bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Selanjutnya, fitur pengisian nirkabel, tidak seperti saingan internalnya.

Harga

OPPO Find X5 dibandrol dengan harga Rp 16 jutaan, sedangkan OPPO Reno8 Pro harganya sekitar Rp 8,6 jutaan. Find X5 memenangkan perbandingan spesifikasi, meskipun Reno mungkin akan menawarkan nilai uang yang lebih tinggi.

Berita Lainnya

Leave a Comment