Home GadgetSmartphone OPPO Reno 7A vs Samsung Galaxy A52s: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno 7A

OPPO Reno 7A vs Samsung Galaxy A52s: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Sangat jarang menemukan ponsel tahan air di segmen menengah. Meskipun Sertifikasi IP paling banyak untuk flagships paling mahal karena secara biaya diperlukan biaya tinggi untuk membuat ponsel tahan air. Tetapi ada beberapa ponsel terjangkau dengan sertifikasi ini yang dapat kamu beli di pasar saat ini, setidaknya jika kamu tinggal di wilayah tertentu. Di antaranya, ada OPPO Reno 7A terbaru, yang diumumkan beberapa jam yang lalu. Perangkat lain dengan desain tahan air adalah Samsung Galaxy A52s 5G yang sudah lama dijual. Ini dia perbandingan spesifikasi OPPO Reno 7A dengan Samsung Galaxy A52s 5G.

Baca juga: Tecno Pova 2 vs Tecno Pova 3: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Reno 7A

Desain

Dimulai dengan desain dan kualitas build, OPPO Reno 7A adalah pemenang yang jelas dalam duo ini. Pertama-tama, bodi lebih tipis, lebih ringan, dan bahkan lebih ringkas daripada Samsung Galaxy A52s 5G. Desainnya lebih cantik, dengan varian warna yang lebih sugestif dan tampilan punch-hole dengan lubang yang ditempatkan di sudut kiri atas. Selain itu, ia memiliki ketahanan air yang lebih baik: berkat sertifikasi IP68, ia tahan air dan kamu dapat meletakkannya di bawah air hingga kedalaman 1,5 meter untuk waktu maksimal 30 menit. Sebagai gantinya, Samsung Galaxy A52s 5G hadir dengan sertifikasi IP67 yang lebih rendah yang memungkinkan kamu untuk meletakkan ponsel di bawah air hanya sedalam 1 meter dan untuk waktu maksimal 30 menit. Jadi jika kamu mencari ponsel terbaik dalam hal ketahanan air, kamu harus memilih OPPO Reno 7A.

Layar

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan layar AMOLED, tetapi Samsung Galaxy A52s 5G sedikit lebih baik. Mereka datang dengan resolusi Full HD + 1080 x 2400 piksel, serta sensor sidik jari dalam layar, tetapi Samsung Galaxy A52s 5G memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi dari 120 Hz, bukan hanya 90 Hz. Galaxy A52s juga dilengkapi dengan speaker stereo, bukan speaker mono yang ditemukan pada pesaingnya. Namun, kamu harus mempertimbangkan satu hal penting: mid-ranger Samsung memiliki sensor jarak virtual, sedangkan OPPO Reno 7A memiliki sensor fisik. Ini adalah hal penting karena banyak orang mengalami masalah atau kinerja buruk dengan sensor jarak virtual selama beberapa tahun terakhir ini, jadi kamu harus mempertimbangkannya sebelum membuat pilihan, setidaknya menurut kami.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Jika tujuan kamu adalah untuk mendapatkan departemen perangkat keras paling canggih, maka harus memilih Samsung Galaxy A52s 5G. Pertama-tama, ia hadir dengan prosesor yang lebih baik: Qualcomm Snapdragon 778G yang dibangun pada 6 nm dan berjalan pada frekuensi maksimal 2,4 GHz. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB yang dapat diperluas lebih lanjut dengan slot micro SD. OPPO Reno 7A memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G yang lebih rendah yang dibangun pada 6 nm dengan frekuensi maksimum 2,2 GHz. Lebih lanjut, konfigurasi memorinya lebih rendah, hanya hadir dalam satu varian dengan hanya RAM 6GB dan 128GB penyimpanan internal. Meskipun OPPO Reno 7A memulai debutnya pada tahun 2022 dan Samsung Galaxy A52s 5G dari tahun 2021, kedua ponsel ini menjalankan Android 11.

Kamera

Ponsel kamera terbaik dalam perbandingan ini adalah Samsung Galaxy A52s 5G dan dapat dianggap sebagai ponsel kamera yang sangat bagus. Ini memiliki pengaturan kamera quad yang terdiri dari sensor utama 64 MP dengan OIS, kamera ultrawide 12 MP, dan sepasang sensor 5 MP untuk makro dan perhitungan kedalaman. Kamera depan adalah kamera 32 MP hebat yang dapat merekam video 4K pada 30 fps: perhatikan bahwa bahkan beberapa ponsel unggulan tidak dapat merekam video 4K dengan kamera depan. OPPO Reno 7A memiliki sensor utama 48 MP yang mengecewakan dipasangkan dengan sepasang kamera 2 MP untuk makro dan kedalaman, tidak memiliki kamera ultrawide, dan kamera depannya lebih rendah 16 MP. Tidak ada cara untuk bersaing dengan mid-ranger Samsung.

Baca juga: realme GT 2 vs GT Neo 3 vs GT Neo 3T: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

OPPO Reno 7A dan Samsung Galaxy A52s 5G hadir dengan kapasitas baterai yang sama: 4500 mAh. Mengingat keduanya menampilkan layar AMOLED dan hadir dengan chipset serupa dalam hal konsumsi energi, masa pakai baterai seharusnya tidak terlalu berbeda. Namun kecepatan pengisian dayanya berbeda: A52s 5G mengisi daya lebih cepat berkat pengisian cepat 25W.

Harga

OPPO Reno 7A dibanderol dengan kisaran harga Rp 4,9 jutaan  dan hanya tersedia di Jepang, sedangkan Samsung Galaxy A52s 5G dapat ditemukan dengan harga kurang dari Rp 5,9 jutaan (harga bervariasi tergantung pasar) tetapi ia memiliki harga bekas yang bisa didapatan dikisaran harga 3 jutaan. Sedikit kesimpulan, Samsung mid-ranger memenangkan perbandingan, tetapi perhatikan bahwa Reno 7A memiliki ketahanan air yang lebih baik.

Berita Lainnya

Leave a Comment