Home GadgetSmartphone Huawei MatePad vs Samsung Galaxy Tab S6 Lite : Banyak Samanya Dibanding Bedanya
Galaxy Tab S6 Lite

Huawei MatePad vs Samsung Galaxy Tab S6 Lite : Banyak Samanya Dibanding Bedanya

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Pekan lalu, Huawei mengumumkan tablet baru bernama MatePad yang sebenarnya merupakan versi terendah dibandingkan dengan MatePad Pro. MatePad ditargetkan untuk siswa dan mengemas beberapa spesifikasi yang cukup menarik.

Huawei bukan satu-satunya pabrikan yang telah mengumumkan versi lite tablet andalannya. Sekitar dua minggu yang lalu, Samsung mengumumkan Galaxy Tab S6 Lite yang merupakan versi lebih murah dari tablet andalannya – Galaxy Tab S6 .

Artikel ini akan membandingkan dua tablet baru yang sebenarnya memiliki lebih banyak kesamaan daripada perbedaan.

Baca juga : Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Desain

Samsung dan Huawei memiliki desain yang sedikit berbeda tetapi bahan yang sama. Jadi, Anda mendapatkan layar berlapis kaca, bingkai aluminium, dan bagian belakang aluminium di kedua perangkat.

Kedua tablet ini memiliki bezel berukuran sedang, meskipun bukan yang terlangsing yang pernah kita lihat. Di bagian belakang, Huawei telah mengadopsi rumah kamera berbentuk pil untuk MatePad sementara Samsung memilih rumah kamera persegi.

Sehubungan dengan dimensi, Galaxy Tab S6 Lite dan Huawei MatePad tidak terlalu jauh. Tablet Samsung berukuran 244,5 x 154,3 x 7 mm sedangkan MatePad berukuran 245,2 x 155 x 7,4 mm. Galaxy Tab S6 sedikit lebih kecil dan lebih tipis tetapi secara mengejutkan memiliki bobot lebih dari 467 gram dibandingkan dengan MatePad yang memiliki berat 450 gram.

Layar

Kedua tablet keduanya memiliki layar yang sama10,4 inci dengan resolusi 1200 x 2000. Keduanya juga menggunakan panel LCD, jadi tidak ada perbedaan kualitas.

Performa

Huawei MatePad ditenagai oleh prosesor Kirin 810 sedangkan Galaxy Tab S6 Lite ditenagai oleh prosesor Exynos 9611. Mengenai kinerja, Kirin 810 adalah chipset yang unggul. Ini memiliki 2x Cortex-A76 core dan 6x Cortex-A55 core dibandingkan dengan Exynos 9611 yang memiliki 4x Cortex-A73 core dan 4x Cortex-A53 core.

Berdasarkan hal di atas, aplikasi dan game sudah pasti lebih mulus di MatePad. Anda juga harus memiliki pengalaman multi-tasking yang lebih baik di tablet Huawei.

MatePad tersedia dalam varian 4GB RAM dan 6GB RAM dengan penyimpanan 64GB dan 128GB. Tablet Samsung sendiri tersedia dalam varian RAM 4GB tunggal tetapi Anda dapat memilih antara penyimpanan 64GB atau 128GB. Kedua tablet mendukung ekspansi penyimpanan. Tablet Huawei akan memungkinkan Anda menambahkan hingga 512GB tambahan sementara Galaxy Tab S6 Lite menggandakannya menjadi 1TB.

Kamera

Area lain di mana kedua tablet identik adalah kamera, kamera belakang lebih spesifik. Keduanya memiliki kamera 8MP tetapi Huawei menambahkan flash LED sedangkan Samsung tidak.

Untuk kamera depan, Huawei menggunakan sensor 8MP lagi tetapi Samsung hanya dengan kamera 5MP.

Belum ada perbandingan kamera yang kami buat, jadi kami tidak dapat mengatakan tablet mana yang memiliki hasil foto  yang lebih baik.

Baterai dan Pengisian Cepat

Huawei MatePad membawa kapasitas baterai 7250mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W (terisi penuh dalam 2,8 jam) dan membanggakan dapat memutar video hingga 12 jam.

Sedangkan Galaxy Tab S6 Lite memiliki baterai 7040mAh sudah pasti kapasitasnya lebih kecil dengan dukungan pengisian daya 15W yang cepat dan mengklaim bahwa baterai tersebut dapat bertahan hingga 13 jam dengan sekali pengisian daya.

Fitur lainnya

Kedua tablet memiliki stylus aktif – M-Pencil untuk MatePad dan S-Pen untuk Galaxy Tab S6 Lite. Namun, Huawei tidak menyertakan stylus di dalam kotak, jadi Anda harus membelinya secara terpisah.

Tablet Samsung memiliki penambahan jack audio. Kami cukup terkejut mengapa Huawei memutuskan untuk mengabaikannya dan tidak memiliki jack audio. Huawei mengkompensasi kurangnya jack audio dengan menambahkan empat speaker Harman Kardon sebagai lawan dua speaker AKG pada Galaxy Tab S6 Lite. MatePad juga disertakan dengan kabel audio Type-C ke 3.5mm di dalam kotak.

Kedua tablet ini hadir dalam varian LTE dan WiFi. Namun, Samsung memilih untuk konektivitas e-SIM untuk versi LTE.

Kedua tablet ini juga disertakan dengan sistem operasi Android 10 dengan EMUI 10.1 pada MatePad dan One UI 2 pada Galaxy Tab S6 Lite.

Harga

MatePad Huawei dijual seharga ¥ 1899 (~ $ 269) atau Rp 4 jutaan untuk versi 4/64GB WiFi saja dibandingkan dengan harga Galaxy Tab S6 Lite $ 350 atau sekitar Rp 5,3 jutaan untuk konfigurasi yang sama. Namun, jika Anda memasukkan harga stylus M-Pencil pada MediaPad sekitar  $ 70 atau Rp 1 jutaan.

MatePad 6/128GB WiFi harganya $ 311 atau sekitar Rp  4,8 jutaan sedangkan Galaxy Tab S6 Lite dengan konfigurasi yang sama adalah $ 420 atau sekitar Rp 6,5 jutaan.

Jika Anda menginginkan versi LTE dari MatePad dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, harganya adalah  $ 353 atau sekitar Rp 5,5 jutaan.

Baca juga : realme C3 vs Redmi 8 : Lebih Nyaman dan Unggul Mana?

Kesimpulan

Kedua tablet ini ditujukan untuk anak sekolah karena dilihat dari harga memang sangat terjangkau. Namun, mereka masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan.

Meskipun MatePad jelas merupakan tablet yang lebih baik dalam hal kinerja dan bahkan harga, kekurangan Google Apps tidak akan menjadikannya pilihan pertama bagi beberapa pembeli di luar China.

Galaxy Tab S6 Lite memiliki keunggulan dengan dukungan untuk Google Apps dan Layanan, meskipun dilengkapi dengan chipset rata-rata. Ini juga memiliki S Pen dalam paket pembelian, dan jika Anda melakukan pre-order, Anda juga akan mendapatkan case gratis.

Jika Anda tidak keberatan dengan prosesor yang lebih kecil dari Galaxy Tab S6 Lite, kami rasa bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, jika Anda tidak membutuhkan S Pen, Galaxy Tab S5e yang sekarang dijual dengan harga lebih murah adalah alternatif yang lebih baik.

Galaxy Tab S5e memiliki chipset yang lebih kuat, layar OLED, kamera yang lebih baik, speaker quad, pemindai sidik jari, dan pengisian yang lebih cepat (18W). bodi juga cukup tipis hanya 5,5mm tetapi tidak memiliki jack audio.

Berita Lainnya

Leave a Comment