Home GadgetSmartphone Huawei P40 Pro+ vs Oppo Find X2 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi
Huawei P40 Pro+

Huawei P40 Pro+ vs Oppo Find X2 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – 2020 tampaknya menjadi tahun flagships top-end. Tidak seperti tahun lalu, baik Samsung dan Huawei merilis tiga varian berbeda dalam jajaran flagship terbaru mereka, dan varian ketiga adalah flagship dengan spesifikasi tingkat atas.

Kami melihat ada Samsung Galaxy S20 Ultra dan Huawei P40 Pro+ yang menawarkan lebih dari versi Pro dan Plus. Oppo memutuskan untuk meluncurkan unggulan baru dari seri paling canggih: Oppo Find X2 Pro, yang hadir dengan spesifikasi maksimal juga.

Saat ini, kami menganggap ketiga perangkat ini sebagai smartphone terbaik yang ada di tabel spesifikasi. Tapi mana yang terbaik di atas kertas? Perbandingan ini akan membantu Anda mengetahuinya.

Baca juga : Samsung Galaxy S20+ vs Samsung Galaxy Note 10+ : Mana Yang Dibeli?

Desain

Modul kamera besar yang ditemukan pada Huawei P40 Pro+ dan Samsung Galaxy S20 Ultra Namun tidak menjadikannya smartphone paling elegan di pasaran. Oppo melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan desain. Oppo Find X2 Pro hadir dalam dua varian warna menakjubkan yang terbuat dari bahan yang berbeda: Vegan Leather Orange dan Ceramic Black. Varian kulitnya unik dan mengesankan, dengan sentuhan & nuansa yang luar biasa. Huawei P40 Pro + memiliki bodi keramik juga, sedangkan Samsung Galaxy S20 Ultra terbuat dari kaca dan aluminium seperti kebanyakan flagships. Ketiga seri ponsel ini sudah tahan air dengan sertifikasi IP68.

Layar

Di atas kertas, Oppo Find X2 Pro terlihat sebagai perangkat yang paling luar biasa dalam hal kualitas layar. Memiliki resolusi tinggi Quad HD+, dengan kecepatan refresh 120 Hz, dan sampling sentuh 240 Hz, serta dukungan untuk HDR10 dan gamut DCI-P3 lengkap. Find X2 Pro adalah perangkat dengan layar 10-bit yang dapat menampilkan satu miliar warna; sungguh menakjubkan. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki layar 120 Hz juga, tetapi hanya mendukung kecepatan refresh tinggi dengan resolusi Full HD. Layar bukan titik terkuat dari Huawei P40 Pro+ yang hadir dengan resolusi lebih rendah dan hanya refresh rate 90 Hz.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Jika kami mempertimbangkan varian yang dijual di AS dengan Snapdragon 865, dalam konfigurasi yang paling mahal, Samsung Galaxy S20 Ultra mengemas perangkat keras paling kuat dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan internal hingga 512GB. Sayangnya di Indonesia Samsung hanya menggunakan Exynos 990 dengan RAm 8GB dan penyimpanan 128GB demi menekan harga. Sedangkan Huawei P40 Pro+  dengan hanya RAM 8GB dan chipset Kirin 990  kalah dalam pertempuran, sementara Oppo Find X2 Pro berada di tengah. Tetapi versi Eropa dari Samsung Galaxy S20 Ultra didorong oleh chipset yang berbeda dan lebih rendah: Exynos 990 tidak hanya kurang berkinerja daripada Snapdragon 865, tetapi bahkan tidak mendukung teknologi mmWave 5G. Ini mendukung konektivitas 5G, tetapi hanya di frekuensi sub-6 GHz. Dengan semua ponsel ini, Anda mendapatkan OS Android 10, tetapi Huawei P40 Pro+ tidak memiliki layanan dan aplikasi Google.

Kamera

Huawei P40 Pro+ baru saja diumumkan dan kami masih belum memiliki kesempatan untuk menguji departemen kameranya, tetapi di atas kertas, tampaknya yang paling meyakinkan. Huawei P40 Pro+ adalah ponsel pertama dengan 10x optical zoom dan memiliki sensor utama 50MP yang luar biasa dengan omnidirectional PDAF. Ia bahkan hadir dengan triple OIS dan lensa ultrawide 40MP yang mengagumkan. Samsung Galaxy S20 Ultra mungkin tepat di bawah Huawei P40 Pro+ dengan kamera utama 108 MP yang mengesankan didukung oleh lensa periskop 48 MP. Sementara Huawei P40 Pro + mungkin memberikan kualitas foto yang lebih baik, Samsung Galaxy S20 Ultra mungkin jauh lebih baik daripada Huawei P40 Pro + ketika menyangkut perekaman video karena teknologi stabilisasi canggih dan dukungan 8K.

Baterai

Dengan baterai mammoth 5000 mAh, tidak ada keraguan tentang fakta bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra akan memberikan daya tahan baterai yang jauh lebih lama daripada kedua pesaingnya. Tepat setelah itu,  ada P40 Pro+ dengan baterai 4200 mAh. Huawei P40 Pro+ juga dilengkapi dengan pengisian nirkabel tercepat dan teknologi pengisian nirkabel terbalik yang pernah ada. Oppo Find X2 Pro tidak mendukung pengisian daya nirkabel, tetapi ia memiliki teknologi pengisian kabel tercepat yang membawa baterai dari 0 hingga 100 persen hanya dalam 38 menit.

Baca juga : Samsung Galaxy A71 vs realme X2 Pro vs Redmi K20 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Harga

P40 Pro+ akan dibandrol dengan harga  € 1399 atau sekitar Rp 22 juta  secara global, Oppo Find X2 Pro akan dibandrol Rp 18 jutaan, dan Samsung Galaxy S20 Ultra untuk versi Indonesia akan dibandrol Rp 18,5 juta. Tidak ada pemenang yang pasti dari perbandingan ini, meskipun kami pikir banyak orang akan memilih Samsung Galaxy S20 Ultra jika kami tidak mempertimbangkan harganya, karena baterainya yang lebih besar, kamera yang luar biasa, dan banyak lagi. Oppo Find X2 Pro memiliki harga yang lebih terjangkau, desain yang lebih baik dan tampilan yang luar biasa, serta teknologi pengisian tercepat. Samsung Galaxy S20 Ultra menawarkan baterai yang lebih besar dan kamera yang mengesankan, serta perangkat keras terbaik di varian Snapdragon 865. Huawei P40 Pro + hadir dengan kamera yang paling meyakinkan (tapi kami belum memastikan apakah mereka benar-benar kamera superior) dan teknologi pengisian nirkabel terbaik. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment