Home GadgetSmartphone Huawei P50 vs Huawei P50 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Huawei P50 Pro

Huawei P50 vs Huawei P50 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Terlepas dari semua kesulitan yang disebabkan oleh larangan AS, Huawei mampu meluncurkan ponsel flagshipnya pada 2021. Seri P50 terdiri dari dua varian, Huawei P50 dan Huawei P50 Pro, tetapi tidak ada yang hadir dengan dukungan 5G karena larangan tersebut. Jika Anda mengecualikan ketidakhadiran itu, mereka adalah salah satu ponsel terbaik di dunia Android dan bahkan di antara ponsel kamera terbaik. Namun apa perbedaan dari kedua varian tersebut? Jika Anda ingin mengetahuinya, lanjutkan dengan perbandingan antara spesifikasi mereka dan temukan mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda yang sebenarnya.

Baca juga: Redmi Note 10 vs realme 8 vs Samsung Galaxy M32: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Huawei P50 lebih tipis, lebih ringan, dan sedikit lebih ringkas daripada varian Pro-nya. Tetapi varian Pro memiliki desain yang lebih sugestif karena layarnya dengan tepi melengkung memberikan lebih banyak keanggunan pada perangkat. Huawei P50 dan P50 Pro merupakan ponsel tahan air dengan sertifikasi IP68 dan mampu menahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Di sisi belakang, mereka memiliki desain kamera unik yang terdiri dari dua lingkaran termasuk sensor kamera dan lampu kilat LED. Mereka memiliki bezel yang sangat sempit dan layar punch-hole dengan lubang yang ditempatkan tepat di tengah.

Layar

Perbedaan layar antara kedua ponsel ini sangat minim. Keduanya hadir dengan panel OLED yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna, serta resolusi Full HD+ dan pemindai sidik jari dalam layar untuk otentikasi. P50 Pro memiliki layar melengkung 6,6 inci, sedangkan P50 memiliki layar datar dengan diagonal 6,5 inci. Terakhir, mereka memiliki kecepatan refresh yang berbeda, versi standart hanya memiliki 90 Hz, sedangkan varian Pro memiliki 120 Hz. Pada akhirnya, tampilannya kurang lebih pada level yang sama dan, kecuali Anda seorang gamer, panel P50 seharusnya cukup untuk Anda.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Meskipun mereka adalah varian yang berbeda dari seri yang sama, Huawei P50 dan P50 Pro memiliki prosesor yang sama yakni Snapdragon 888 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,84 GHz. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM  8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB pada Huawei P50, sedangkan P50 Pro hadir dalam konfigurasi superior dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB. Perhatikan bahwa P50 Pro juga hadir dalam varian dengan platform seluler Kirin 9000. Varian Snapdragon 888 baru akan hadir di pasaran pada bulan Desember, sedangkan versi Kirin 9000 akan segera tersedia. Huawei P50 dan P50 Pro memiliki penyimpanan yang dapat diperluas berkat slot kartu memori nano, tetapi tidak ada yang mendukung 5G: mereka hanya mengandalkan konektivitas 4G. Ponsel menjalankan HarmonyOS 2.0.

Kamera

Kamera adalah perbedaan terpenting antara Huawei P50 dan P50 Pro. Flagships datang dengan sensor utama yang sama dengan resolusi 50 MP dan OIS, tetapi mereka memiliki sensor sekunder yang berbeda. Varian P50 Pro, akan mendapatkan sensor periskop 64 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera monokromatik 40 MP. Versi standart memiliki sensor periskop 12 MP dan kamera ultrawide 13 MP, pengaturan yang lebih rendah dibandingkan dengan Pro. Menurut DxOMark, Huawei P50 Pro adalah ponsel kamera terbaik saat ini.

Baca juga: OPPO Reno6 vs Reno6 Pro vs Reno6 Pro+: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Keuntungan penting lainnya dari Huawei P50 Pro adalah baterai: lebih besar dengan kapasitas 4360 mAh (versi standar hanya 4100 mAh) dan, tidak seperti versi standart, mendukung pengisian nirkabel. Jadi, selain memberikan masa pakai baterai yang lebih lama, juga akan memberikan cara yang lebih nyaman untuk mengisi baterai.

Harga

Huawei P50 memiliki harga kisaran Rp 10 jutaan, sedangkan P50 Pro mulai dari Rp 13,5 jutaan. Jika penting bagi Anda untuk memiliki masa pakai baterai yang lebih lama, pengisian daya nirkabel, dan kamera yang lebih baik, Anda harus menggunakan P50 Pro. Jika tidak, P50 sudah menjadi pilihan yang baik untuk Anda.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment