Home GadgetWearable Huawei Watch 3 vs Samsung Galaxy Watch 3: Perbandingan Spesifikasi
Huawei Watch 3

Huawei Watch 3 vs Samsung Galaxy Watch 3: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaHuawei baru saja hadir dengan HarmonyOS 2.0: sistem operasi yang dapat diinstal tidak hanya di smartphone tetapi di seluruh ekosistem, termasuk perangkat yang dapat dikenakan. Memang, Huawei Watch 3 yang baru diumumkan menjalankan HarmonyOS 2.0. Apakah versi baru dari sistem operasi milik Huawei menjadikan Huawei Watch 3 jam tangan pintar yang lebih baik daripada Samsung Galaxy Watch 3? Berikut adalah perbandingan spesifikasi antara dua perangkat wearable terpintar tanpa Wear OS yang akan memberi Anda gambaran sekilas tentang perbedaan antara perangkat wearable ini.

Baca juga: Huawei Matebook 14, MateBook X, Watch GT2 Pro, FreeLace Pro Diluncurkan Secara Global

Huawei Watch 3

Desain

Huawei Watch 3 dan Galaxy Watch 3 tidak begitu berbeda dari segi estetika. Jika Anda menyukai desain minimalis, maka Anda akan menyukai Huawei Watch 3 karena rasio layar-ke-tubuhnya yang lebih tinggi. Tetapi jika Anda lebih suka memiliki kegunaan yang lebih baik dan jam tangan yang canggih, maka Anda mungkin lebih menyukai Samsung Galaxy Watch 3 karena bezelnya yang dapat berputar yang dapat menjadi sangat membantu saat menavigasi melalui antarmuka pengguna. Huawei Watch 3 dibuat dengan bagian depan kaca, bagian belakang keramik, dan rangka baja tahan karat. Dengan Galaxy Watch 3, Anda mendapatkan bingkai baja tahan karat (316L) atau bingkai titanium, serta kaca depan yang dilindungi oleh Corning’s Gorilla Glass DX. Kedua smartwatch tersebut tahan air: Galaxy Watch 3 memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air 50m, dan begitu juga dengan Huawei Watch 3. Samsung Galaxy Watch 3 lebih tipis karena mengemas baterai yang lebih kecil dan bahkan lebih ringan, yang membuatnya lebih elegan dan ergonomis.

Layar

Huawei Watch 3 dan Galaxy Watch 3 hadir dengan layar yang luar biasa: keduanya menggunakan panel AMOLED dengan ukuran masing-masing 1,43 dan 1,4 inci, menampilkan warna-warna cerah dan hitam pekat. Huawei Watch 3 memiliki resolusi yang lebih tinggi dengan 466 x 466 piksel, sehingga memiliki tingkat definisi yang lebih tinggi. Itu sebabnya perangkat ini memenangkan perbandingan tampilan. Namun bezel berputar pada Galaxy Watch 3 memudahkan navigasi antarmuka pengguna. Dalam setiap kasus, Anda mendapatkan layar sentuh. Seperti disebutkan di atas, Huawei Watch 3 memiliki bezel yang lebih sempit di sekitar layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Huawei Watch 3 memiliki perangkat keras yang lebih kuat daripada Galaxy Watch 3. Ini mengemas 2GB RAM dan 16GB penyimpanan internal, sementara Anda hanya mendapatkan 1GB RAM dan 8GB penyimpanan dengan Samsung Galaxy Watch 3. Anda dapat menghemat lebih banyak data dengan Huawei Watch 3 dan Anda juga harus mendapatkan kinerja yang lebih baik. Manakah sistem operasi terbaik antara HarmonyOS 2.0 dan Tizen OS? Masih terlalu dini untuk mengatakannya karena HarmonyOS 2.0 baru saja resmi dan tidak ada yang memiliki kesempatan untuk mengujinya secara menyeluruh. Perhatikan bahwa HarmonyOS 2.0 saat ini merupakan sistem operasi yang hadir tidak hanya di pasar Cina tetapi juga di pasar global. Galaxy Watch 3 juga dijual secara global dan dilengkapi dengan Tizen OS yang mendukung beberapa aplikasi yang tersedia secara global, termasuk layanan pembayaran Samsung Pay. Huawei Watch 3 mendukung lebih banyak mode olahraga daripada Samsung Galaxy Watch 3.

Sensor dan Konektivitas

Huawei Watch 3 dan Galaxy Watch 3 dilengkapi dengan banyak sensor dan modul untuk melacak aktivitas fisik lebih baik daripada pelacak aktivitas lainnya. Samsung Galaxy Watch 3 sebenarnya adalah jam tangan pintar yang lebih baik bagi mereka yang ingin melacak kesehatan dan kebugaran karena merupakan salah satu dari sedikit yang mendukung fungsi EKG. Selanjutnya, dapat memantau monitor tekanan darah. Di sisi lain, Huawei Watch 3 mampu mengukur suhu tubuh dengan termometer, yang berguna untuk penanganan Covid-19. Namun tidak mendukung fitur EKG yang pastinya lebih canggih. Namun, Huawei Watch 3 adalah perangkat yang lebih canggih untuk pelacakan olahraga karena mendukung lebih banyak mode olahraga. Kedua jam tangan pintar ini memiliki GPS, sensor SpO2, dan konektivitas eSIM yang memungkinkan Anda menggunakan konektivitas seluler tanpa SIM fisik di dalamnya.

Baca juga: Samsung Galaxy A22 LTE, Smartphone Layar Super AMOLED 90Hz dan Quad Camera 48MP+OIS di Bawah 3 juta

Baterai

Baterai Huawei Watch 3 jauh lebih besar daripada yang ditemukan di Galaxy Watch 3, oleh karena itu ia harus menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama. Kita berbicara tentang 450 mAh melawan hanya 340 mAh. Kedua perangkat yang dapat dikenakan mendukung pengisian daya nirkabel.

Harga

Huawei Watch 3 dibanderol dengan harga kisaran Rp 5,8 jutaan di pasar global, sementara Samsung Galaxy Watch 3 berharga kisaran Rp 4,8 jutaan. Secara keseluruhan, Huawei Watch 3 harus menawarkan kegunaan yang lebih baik karena baterainya yang lebih besar, konfigurasi memori yang lebih baik. Tetapi dengan Samsung Galaxy Watch 3, Anda dapat membayar dengan Samsung Pay, memantau statistik EKG, dan tingkat tekanan, yang merupakan fitur yang sangat berguna dan canggih. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment