Trendtech, Jakarta – Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL) siap merambah dunia virtual dengan menggandeng metaverse inisiasi lokal Jagat.io. Kolaborasi ini dilakukan guna mendorong edukasi dan promosi olahraga Bola Basket ke kaum muda di era digital, terutama Gen Z dan Gen Alpha.
“Saya yakin dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, bola basket Indonesia akan semakin berkembang dan dikenal masyarakat Indonesia. Apalagi, demam atau booming basket masih terus berlanjut dan Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023,” jelas Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.
Sebagai tahap awal dari kolaborasi ini, Jagat.io akan menghadirkan kreasi lapangan basket di Metaverse dan baju basket yang dirancang unik dengan karakteristik khas IBL. Kehadiran IBL di metaverse Jagat.io juga turut memeriahkan IBL Musim 2023 yang akan bergulir selama 6 bulan mengelilingi Bali, Malang, Surabaya, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung,
dan Jakarta.
Baca juga: ‘Matter’ Tingkatkan Pengalaman Smart Home, Samsung Bermitra dengan Google
“Pendekatan IBL memupuk fanbase terhadap basket Indonesia melalui metaverse ini sangat progresif, sejalan dengan energi yang Jagat.io ingin tangkap. Terlebih Jagat.io sebagai platform sosial juga memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan fans basket Indonesia dalam berkomunitas, dari kemudahan membuat acara, berkumpul, atau bahkan berbincang seperti di grup chatting. User- user di Jagat.io memiliki antusiasme yang tinggi dalam bidang olahraga, terlihat selama ajang Piala Dunia tahun lalu banyak user kami yang berkomunitas secara organik untuk membahas ajang Piala Dunia,” ujar CEO dan Co-Founder Jagat.io, Barry Beagen.
Jagat.io pertama kali diluncurkan pada tanggal 28 Oktober bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Indonesia Basketball League merupakan partner pertama Jagat.io yang datang dari industri olahraga, setelah sebelumnya bermitra dengan berbagai brand dari industri teknologi dan lifestyle diantaranya Noice, Play3, Bumilangit, dan Indozone.
Baca juga: CEO LG Berbagi Empat Strategi Fokus Masa Depan Perusahaan
“Semangat IBL dalam menyambut inovasi harapannya dapat memantik antusiasme dari industri lain juga. Metaverse adalah tempat bersosialisasi dan berkomunitas, semua orang maupun brand dapat dengan mudah untuk masuk ke dunia baru ini dan menjalin hubungan yang otentik dengan kaum muda di era digital ini,” lanjut Barry Beagen.
Ragam bentuk kolaborasi IBL dan metaverse Jagat.io akan terus di eksplorasi secara bertahap. Kehadiran lapangan basket dan jersey basket ala IBL di metaverse dapat diakses publik mulai tanggal 12 Januari 2023 melalui desktop dan mobile app Jagat.io