Home GadgetSmartphone iPhone 13 Pro vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 Pro vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Tahun ini varian Pro dari iPhone baru hadir dengan beberapa fitur yang lebih canggih. Dibandingkan dengan iPhone 13 dan varian mini, iPhone 13 Pro dan Pro Max memiliki chipset yang lebih kuat dan kamera yang lebih baik, serta teknologi kamera tambahan. Tapi apa perbedaan antara iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max? Jika Anda membandingkannya dengan ponsel yang disebutkan di atas, kami memutuskan untuk memberi tahu perbedaan antara Pro di Pro melalui perbandingan spesifikasi dibawah ini.

Baca juga: iPhone 13 vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi

 iPhone 13 Pro Max

Desain

Jika kami mengecualikan dimensi, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro hadir dengan estetika yang tetap sama. Mereka memakai material kaca di bodi depan yang dilindungi oleh Gorilla Glass, kaca belakang dengan perlindungan yang sama, dan bingkai stainless steel. Ponsel ini tahan air dengan sertifikasi IP68 dan dapat bertahan hingga kedalaman 6 meter. Seperti yang sudah dikatakan, satu-satunya perbedaan adalah pada dimensi: iPhone 13 Pro jauh lebih ringkas berkat layarnya yang lebih kecil. Selanjutnya, iPhone 13 Pro lebih ringan karena layarnya yang lebih kecil dan baterai yang lebih kecil. IPhone baru hadir dengan notch 20 persen lebih kecil dibandingkan pendahulunya dan ini membuat lebih elegan dan bergaya.

Layar

Selain desain, iPhone 13 Pro Dan iPhone 13 Pro Max memiliki panel Super Retina XDR OLED dengan kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10, dukungan Dolby Vision, kecerahan puncak hingga 1200 nits. IPhone 13 Pro Max memiliki layar diagonal yang lebih lebar: 6,7 inci vs 6,1 inci. Resolusinya sedikit berbeda, tetapi ponsel memiliki kerapatan piksel yang sangat mirip. Pro Max memiliki resolusi 1284 x 2778 piksel, sedangkan Pro memiliki resolusi 1170 x 2532 piksel. Otentikasi dapat dilakukan melalui pengenalan wajah 3D berkat ID Wajah, tetapi tidak ada sidik jari.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Bahkan di departemen hardware, tidak ada perubahan yang signifikan. Handset ini ditenagai oleh chipset Apple A15 Bionic yang sama, sebuah SoC octa-core yang dibangun pada 5 nm dengan frekuensi maksimal 3,22 GHz. SoC dipasang dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal hingga 1 TB tergantung pada konfigurasi memori. Ada empat konfigurasi yang berbeda untuk penyimpanan internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Perhatikan bahwa, meskipun tidak ada perbedaan antara departemen perangkat keras dari kedua flagships ini, mereka memiliki GPU yang lebih kuat dari iPhone 13 dan 13 mini.

Kamera

Handset ini hadir dengan tiga sensor kamera dengan resolusi 12 MP: kamera utama dengan aperture fokus f/1.5, sensor telefoto dengan zoom optik 3x, dan kamera ultrawide. Lalu ada kewajiban TOF 3D LiDAR untuk peralatan AR. Di sisi depan, terdapat kamera selfie 12 MP yang dipasangkan dengan sensor SL 3D untuk pengenalan wajah 3D.

Baca juga: Apple Patenkan Teknologi Kamera di Bawah Layar untuk Touch ID dan Face ID

Baterai

Terakhir, perbedaan penting antara iPhone 13 Pro dan Pro Max: baterai. Yang pertama memiliki kapasitas baterai 3125 mAh, sedangkan yang kedua memiliki 4373 mAh dan merupakan ponsel Apple pertama dengan baterai di atas 4000 mAh. Tentu saja, perbedaan dalam hal daya tahan baterai sangat besar karena Anda dapat menggunakan ponsel selama beberapa jam lebih lama sambil menonton konten multimedia.

Harga

Berbeda tergantung pasar. Harga awal iPhone 13 Pro adalah €1149 di pasar Eropa, sedangkan di AS harganya $999 dalam varian dasarnya. IPhone 13 Pro Max dibanderol dengan harga €1249 di Eropa dan $1099 di AS. Mana yang harus Anda pilih? IPhone 13 Pro lebih kompak, Pro Max lebih unggul karena layarnya yang lebih lebar dan baterai yang lebih besar. Jika daya tahan baterai varian Pro cukup untuk Anda dan jika Anda tidak memiliki panel 6,7 inci, maka Pro mungkin merupakan pilihan yang lebih tepat untuk kebutuhan Anda. Jika tidak, pilih Pro Max.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment