Home GadgetSmartphone iPhone 13 vs iPhone 12: Inilah Perbedaan Terbesar
model iphone 13

iPhone 13 vs iPhone 12: Inilah Perbedaan Terbesar

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaApple baru saja meluncurkan seri terbarunya yakni model iPhone 13, dan smartphone baru Apple ini sangat menarik, setidaknya di atas kertas. Selain prosesor A15 Bionic baru, kami mendapatkan kamera dengan sensor yang lebih besar untuk foto cahaya rendah yang lebih baik, dan ukuran kapasitas baterai lebih besar.

Faktanya, iPhone 13 sangat mengesankan sehingga pada pandangan pertama membuat jatuh cinta, buat mereka yang menginginkan peningkatan yang signifikan. Buat Anda yang sudah menggunakan iPhone 12, haruskah menggantinya dengan seri terbaru yang baru diluncurkan ini? untuk itu kami coba jelaskan perbandingan keduanya.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Oppo Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Desain dan Layar

Dari sudut pandang desain, tidak ada banyak perbedaan antara iPhone 13 dan iPhone 12 — kecuali satu pengecualian yang sangat terlihat. iPhone 13 memiliki notch yang lebih kecil pada keempat modelnya. Jika tidak, tampilan ponsel akan tetap sama, dengan tepi datar yang sama dan tampilan Ceramic Shield untuk daya tahan yang lebih baik.
Model-model baru memang sedikit lebih berat mungkin karena baterai yang lebih besar yang disertakan Apple di iPhone 13 dan ada pilihan warna baru. Warna Pink, hitam, putih, biru, dan merah.

Layar merupakan perubahan terbesar di iPhone 13 dibandingkan iPhone 12, meskipun panel AMOLED yang digunakan dalam jajaran iPhone 13 memiliki ukuran yang sama dengan pendahulunya. Sebaliknya, Apple menjanjikan tampilan yang lebih cerah  28% lebih terang, dapat menghasilkan kecerahan 800 nits.

Kisah layar yang lebih besar hadir di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yang merupakan ponsel Apple pertama dengan layar ProMotion. Itu berarti mereka dapat secara dinamis menyesuaikan kecepatan refresh antara 10Hz dan 120Hz untuk mencerminkan aktivitas di layar Anda. Sementara iPhone 12 Pro terjebak pada 60Hz, sama seperti iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 12 dan iPhone 12 mini.

Kamera

Kamera menjadi titik perbedaan utama antara iPhone 13 dan iPhone 12, bahkan jika jumlah lensa tidak berubah dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Itu karena apa yang telah dilakukan Apple dengan perangkat keras kamera yang seharusnya membuat pengalaman kamera benar-benar berbeda di iPhone 13.

Baik iPhone 13 dan iPhone 13 mini menawarkan kamera utama 12MP yang memiliki sensor terbesar yang pernah digunakan di iPhone dual-kamera. Ini harus membiarkan 47% lebih banyak cahaya daripada kamera iPhone 12 untuk gambar yang lebih tajam. Kedua model iPhone 13 ini menggunakan fitur stabilisasi gambar optik pergeseran sensor yang ditambahkan Apple ke iPhone 12 Pro Max tahun lalu, dan lensa ultrawide menjanjikan lebih banyak detail di area gambar Anda yang lebih gelap.

Model iPhone 13 Pro menampilkan perubahan kamera yang lebih dramatis. Sensor utama lebih besar pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max untuk gambar cahaya rendah yang lebih baik, sedangkan lensa sudut ultrawide memiliki aperture f/1.8 yang lebih lebar. (Itu f/2.4 pada model iPhone 12 Pro.) Sekali lagi, itu berarti gambar yang lebih cerah dan lebih tajam, bahkan saat cahaya redup. Dan lensa telefoto 77mm pada model iPhone 13 Pro kini menawarkan zoom optik 3x, peningkatan dari zoom 2,5x yang ditemukan pada iPhone 12 Pro.

Mode Malam berfungsi pada ketiga kamera iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro menawarkan stabilisasi pergeseran sensor, alih-alih membatasi fitur itu ke model Pro Max.

Performa

Model iPhone 13 semuanya ditenagai oleh prosesor A15 Bionic, peningkatan dari chip A14 Bionic yang ditemukan di semua model iPhone 12. Mengingat A14 adalah sistem-on-chip tercepat yang kami uji, itu berarti untuk beberapa kinerja yang cukup kuat, meskipun kami perlu membandingkan ponsel untuk mengetahui seberapa cepat.

Satu hal tentang model iPhone 13 Pro mereka memiliki GPU 5-core, dibandingkan dengan prosesor grafis 4-core pada iPhone 13. Itu seharusnya membuat model Pro menjadi perangkat yang kuat buat game, terutama dibandingkan dengan iPhone tahun lalu.

IPhone 12 membanggakan beberapa kompatibilitas 5G terbaik, tetapi Apple mengatakan ponsel baru harus mendukung lebih banyak pita 5G. Pada akhir tahun, Apple mengatakan dukungan 5G pada model iPhone 13 akan berlipat ganda dengan lebih dari 200 operator di 60 negara dan wilayah.

IPhone 13 akan dikirimkan dengan iOS 15 yang sudah diinstal sebelumnya. Model iPhone 12 saat ini menjalankan iOS 14, tetapi mereka akan dapat meningkatkan ke iOS 15 saat pembaruan perangkat lunak itu pada 20 September.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs OPPO Find X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Apple tidak mengungkapkan ukuran baterai ketika mengumumkan, jadi kami tidak tahu seberapa besar baterai iPhone 13. Tapi kita tahu bahwa mereka lebih besar, dan itu berarti masa pakai baterai lebih lama.

Apple mengatakan bahwa iPhone 13 mini dan iPhone 13 Pro harus bertahan hingga 1,5 jam lebih lama daripada rekan-rekan iPhone 12 mereka. IPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max sejalan untuk peningkatan 2,5 jam. Jika itu benar, iPhone 13 Pro Max akan masuk dalam daftar daya tahan baterai ponsel terbaik kami .

Kecepatan pengisian daya tidak berubah dari iPhone 12, pengisian nirkabel MagSafe 15W dan pengisian kabel 20W. Seperti iPhone 12, model iPhone 13 akan dikirimkan tanpa pengisi daya yang disertakan.

Kesimpulan

Buat Anda tentunya mengharapkan ponsel yang mengalami peningkatan dari satu generasi ke generasi, tetapi perbedaan perbandingan iPhone 13 vs. iPhone 12 kami cukup mencolok. Opsi penyimpanan yang lebih baik, prosesor yang lebih cepat, dan peningkatan kamera akan cukup untuk menjadikan ini peningkatan yang signifikan. Tambahnya masa pakai baterai yang lebih baik dan dalam kasus model iPhone 13 Pro, layar yang menyegarkan dengan cepat, dan ini merupakan kemajuan besar dari tahun lalu.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment