Trendtech, Jakarta – LG Electronics (LG) meluncurkan kampanye brand terbaru bertajuk “Radio Optimism” yang bertujuan mempererat koneksi antar manusia dan menyebarkan semangat optimisme lewat pengalaman bermusik bersama. Inisiatif ini sejalan dengan janji merek LG, “Life’s Good,” sekaligus menjawab tantangan di era digital saat hubungan antarmanusia semakin sulit terjalin secara tulus.
Kampanye ini hadir sebagai respons atas rasa keterputusan yang sering muncul di era interaksi serba instan, seperti like dan komentar di media sosial. Melalui kekuatan musik, LG ingin mendorong terciptanya hubungan yang lebih dalam antarindividu dan menghadirkan hidup yang lebih bermakna.
“Seiring perkembangan teknologi, koneksi antar manusia yang bermakna justru semakin penting untuk memperkaya kehidupan kita. LG terus berkomitmen membawa semangat optimisme ke dalam kehidupan sehari-hari pelanggan, sejalan dengan janji merek kami yang abadi, ‘Life’s Good,’” ujar Kim Hyo-eun, Kepala Divisi Manajemen Merek LG.
Baca juga: LG xboom Party Speaker dengan Harga Terjangkau
Kampanye ini memperkuat komitmen LG untuk menciptakan pengalaman yang bermakna di ruang digital, tempat konsumen saat ini menghabiskan banyak waktu. Sejalan dengan misi tersebut, LG secara konsisten terlibat dengan audiens muda melalui kampanye partisipatif yang menghidupkan filosofi “Life’s Good”. Tahun lalu, kampanye “Optimism your feed” memanfaatkan algoritma media sosial untuk menebar energi positif di platform digital. Inisiatif terbaru ini secara khusus menyoroti paradoks keterputusan di tengah era hiper-konektivitas.
“Salah satu indikator kebahagiaan yang paling kuat adalah hubungan yang dalam dan bermakna,” ujar Jean M. Twenge, Profesor Psikologi di San Diego State University. “Namun kini, banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di dunia online dan semakin jarang terhubung secara langsung. Media sosial, khususnya, cenderung menciptakan hubungan yang dangkal, bukan koneksi mendalam yang sebenarnya dibutuhkan. Wajar jika seseorang punya ratusan pengikut, tapi tak punya siapapun untuk diajak bicara saat butuh dukungan. Kita perlu membangun hubungan yang lebih berarti dengan orang-orang di sekitar kita. Hal ini bisa menjadi kunci untuk membalikkan tren penurunan kebahagiaan yang signifikan selama dekade terakhir.”
Sebuah studi global terbaru* dari LG tentang koneksi sosial mengungkapkan bahwa 68 persen orang merasa semakin sulit menjalin pertemanan yang nyata, dan sepertiga responden mengaku hanya memiliki satu atau bahkan tidak ada koneksi bermakna selama sebulan terakhir, bahkan 8 persen di antaranya tidak memiliki sama sekali. Terinspirasi dari radio tradisional yang mampu menyatukan orang lewat musik dan cerita, kampanye Radio Optimism mengubah konsep tersebut menjadi sebuah platform interaktif, di mana pengguna bisa membuat dan mengirim lagu personal untuk orang-orang terdekat mereka.
Dengan bantuan teknologi berbasis AI yang telah dilatih menggunakan kumpulan data musik pilihan, pengguna dapat dengan mudah menciptakan lagu baru yang sesuai dengan emosi atau pesan yang ingin disampaikan. Alat ini akan menerjemahkan input pengguna menjadi karya musik yang unik dan juga menghasilkan ilustrasi album yang sesuai, menciptakan pengalaman yang personal dan menyenangkan. Lagu yang sudah dibuat bisa dikirimkan kepada orang tersayang untuk mempererat hubungan, sekaligus dibagikan agar dapat ditemukan oleh siapa saja di seluruh dunia.
Baca juga: SHARP Luncurkan Party Speaker Stylish, Solusi Hiburan Portable Kekinian dengan Fitur Karaoke Lengkap
Berdasarkan survei tersebut, hampir 9 dari 10 responden percaya bahwa koneksi yang bermakna dapat membawa pandangan hidup yang lebih optimis. Melalui platform ini, LG ingin mendorong orang untuk mengekspresikan perasaannya, memperdalam hubungan, dan memperkaya hidup mereka sambil menyebarkan semangat optimisme dengan cara yang autentik dan personal.