Home GadgetSmartphone Menggunakan Chipset Mediatek 920, realme 10 Pro+ Punya Pamor di Segmen Mid Range
Mediatek 920

Menggunakan Chipset Mediatek 920, realme 10 Pro+ Punya Pamor di Segmen Mid Range

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakartarealme resmi menghadirkan realme 10 Pro+ 5G, model ini menjadi yang tertinggi saat ini di antara Realme 10 series yang ada di Tanah Air.

Disebut tertinggi karena ponsel ini dibekali spesifikasi yang lebih canggih, misalnya pada aspek layar yang mengusung desain tepi melengkung hingga kamera dengan resolusi yang besar dibanding model lainnya.

Beralih ke aspek dapur pacu, realme 10 Pro+ 5G ditenagai oleh chipset Dimensity 920 besutan MediaTek. Chip ini dirancang dengan arsitektur 6 nm, memiliki 8-core CPU dengan clockspeed hingga 2.6 GHz dan GPU Mali-G68.

Baca juga: realme 10 Pro+ 5G Laris di E-Commerce, Inilah Alasannya

Chipset yang mendukung mendukung konektivitas 5G itu dipadu dengan RAM LPDDR4X sampai 12GB dan penyimpanan UFS 2.2 hingga 256GB. Ponsel ini juga didukung dengan fitur perluasan RAM sementara dengan meminjam sebagian kapasitas dari penyimpanan internal.

Selain itu, Dimensity 920 mendukung konektivitas lancar tanpa hambatan dan masa pakai baterai yang tahan lama. Dengan teknologi desain cip 6nm, seri MediaTek ini diklaim menyatukan teknologi foto, video, tampilan, dan konektivitas terbaru sehingga pengalaman menggunakan smartphone 5G makin efektif.

Menariknya, konfigurasi chipset ini sekilas masih mirip dengan MediaTek Dimensity 1080. Chipset ini masih dibuat dengan fabrikasi 6 nm, sehingga memiliki efisiensi tinggi. Prosesor octa-core ini terdiri dari 2 buah core Cortex A78 berkecepatan 2,6 GHz dan 6 buah core Cortex A55 2,0 GHz.

Setidaknya ada dua peningkatan yang dikedepankan MediaTek pada Dimensity 1080. Keduanya adalah frekuensi kerja maksimal alias clock maksimal dari CPU yang sedikit lebih tinggi dan dukungan akan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi. Dari keduanya peningkatan yang lebih signifikan bisa dibilang pada dukungan kamera dengan resolusi lebih tinggi.

MediaTek Dimensity 920 mengandung CPU dengan dual core Arm Cortex-A78 dan hexa core Arm Cortex-A55, begitu pula MediaTek Dimensity 1080. Namun, bila frekuensi kerja maksimal dari kedua Arm Cortex-A78 pada MediaTek Dimensity 920 adalah sebesar 2,5 GHz; frekuensi kerja maksimal dari kedua Arm Cortex-A78 pada MediaTek Dimensity 1080 adalah sebesar 2,6 GHz. Sementara, untuk kamera, MediaTek Dimensity 920 mendukung kamera dengan resolusi sampai 108 MP, sedangkan MediaTek Dimensity 1080 mendukung kamera dengan resolusi sampai 200 MP.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Trendtech.ID, MediaTek Dimensity 920 mampu mencetak skor single-core dan multicore sebanyak 806 dan 2311, sesuai data pengujian GeekBench 5. Sedangkan Score untuk Antutu memperoleh 500 ribuan.

Baca juga: realme 10 Pro+ vs Samsung Galaxy S22: Perbandingan Spesifikasi

Ngomong-ngomong soal bermain game Genshin Impact di realme 10 Pro+, game yang dikenal berat ini bisa berjalan lancar di realme 10 Pro+ 5G. Apalagi game ringan seperti Mobile Legends, pastinya nggak bakal ada kendala. Trendtech.ID sudah membuktikan smartphone ini memuaskan ketika diajak bermain game.

Tak heran Dimensity 920 disetarakan dengan Dimensity 1080. Sebab, keduanya memiliki performa yang hampir mendekati satu sama lain.

Itulah uraian seputar MediaTek Dimensity 920 dan perbandingannya dengan chipset lain dengan kemampuan serupa. Sudah dipastikan realme 10 Pro+ 5G memiliki pamor yang menjadi daya tarik untuk dibeli penggemarnya di segmen Mid – Range. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Berita Lainnya

Leave a Comment