Home GadgetSmartphone Nothing Phone 1 vs OPPO Reno8: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno8

Nothing Phone 1 vs OPPO Reno8: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Kami telah membahas banyak perbandingan yang melibatkan OPPO Reno8 tetapi mengingat popularitas perangkat ini, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan penawaran terbaik Nothing Phone 1 dalam kisaran harga ini. Kedua ponsel ini ditargetkan untuk konsumen yang berbeda dan menampilkan serangkaian fitur unik dan menonjol di segmen harga mereka. Jika kamu kesulitan memutuskan ponsel mana di antara mereka yang tepat untuk kamu, maka kamu berada di tempat yang tepat. Mari kita lihat bagaimana Nothing Phone 1 dibandingkan spesifikasinya dengan OPPO Reno8, Siapa yang Unggul dan menjadi pilihan kamu.

Baca juga: Google Pixel 6a vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi

 OPPO Reno8

Desain

OPPO Reno8 bukanlah smartphone dengan tampilan terbaik di segmen ini, tetapi ia memiliki tampilan yang tenang dengan bodi yang ramping dan ringan. Beratnya hanya 179 gram dalam bingkai 7.7mm. Bahkan, ini cukup ringkas untuk penggunaan satu tangan dan jika itu penting bagi kamu, maka ia mendapat keuntungan besar. Secara keseluruhan, ponsel ini hadir dengan desain yang cukup datar dengan housing kamera yang terangkat. Ada dua pilihan warna, Shimmer Gold, dan Shimmer Black.

Pindah ke Nothing Phone 1, jelas, smartphone di segmen harga ini tidak lebih mewah dari ini. kamu mendapatkan bagian belakang yang transparan, lampu LED yang disebut sebagai antarmuka Glyph, dan pilihan warna Putih atau Hitam yang kaya. Ini adalah ponsel yang akan membuat orang menoleh ketika mengeluarkannya dari saku. Jadi, Nothing Phone 1 mendapat nilai penuh dalam menawarkan pengalaman desain yang unik.

Perhatikan bahwa hanya Nothing Phone 1 yang diberi peringkat IP53, sehingga dilengkapi dengan tahan debu dan air.

Tidak ada keraguan bahwa Nothing Phone 1 menonjol di segmen harga ini karena desainnya, tetapi pilihan kamu akan bermuara pada jenis ponsel yang disukai. Jika  menginginkan sesuatu yang mencolok dan relatif besar, model Nothing sangat masuk akal, namun, jika mencari sesuatu yang lebih ringkas dan mudah untuk penggunaan satu tangan, OPPO Reno8 tidak akan mengecewakan.

Layar

Nothing Phone 1 juga memiliki keunggulan di departemen layar. Muncul dengan layar 6,55 inci HDR10+ bersertifikat 1080 x 2400 piksel dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan puncak 1200nits.

Sebagai perbandingan, layar Reno8 hanya rata-rata, tanpa sertifikasi HDR10+ atau kecepatan refresh 120Hz (hanya 90Hz) pada panel 6,4 inci yang lebih kecil. Jadi memilih layar yang lebih kecil akan memiliki kekurangannya sendiri.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Performa adalah salah satu area di mana Reno8 mungkin memiliki sedikit keunggulan dibandingkan model Nothing. Ini fitur MediaTek Dimensity 1300, prosesor yang kuat di segmen mid-range, menawarkan kecepatan clock hingga 3GHz. Ini dikombinasikan dengan RAM 8GB dan penyimpanan hingga 256GB akan memastikan kinerja bebas lag. Namun, bermain game mungkin bukan nilai jual terbaik dari ponsel ini.

Pindah ke Nothing Phone 1, ia memiliki chip yang kurang kuat, prosesor Snapdragon 778+. Ini harus bagus untuk tugas sehari-hari dan game sedang hingga ringan. Sekali lagi, bermain game tidak akan menjadi poin plusnya tetapi jika Anda mendapatkan RAM 12GB dengan versi ROM 256GB, kamu seharusnya tidak memiliki masalah besar dalam hal kinerja di telepon.

Nothing Phone 1 berjalan pada OS Tidak Ada di atas Android 12. Model Reno8 hadir dengan ColorOS 12.1 berbasis Android 12.

Kamera

Tidak ada kamera Telepon yang cukup dimuat, menampilkan dua penembak 50MP untuk bidikan utama dan sudut lebar. Kamera utama bahkan dilengkapi dengan OIS, jadi pemotretan malam hari tidak akan menjadi masalah.

OPPO Reno series dikenal dengan fitur kamera yang mewah dan performa kamera yang luar biasa. Muncul dengan penembak utama 50MP dengan aperture f / 1.8, kamera sudut ultra lebar 8MP, dan penembak makro 2MP. Kamera utama adalah sensor terbaiknya dan akan mampu menangkap bidikan yang bagus, terutama di siang hari. Tetapi kurangnya OIS jelas merupakan kelemahan model Reno8.

Model Nothing tampaknya memiliki keunggulan dengan penembak utama 50MP yang dilengkapi OIS. Tetapi hanya perbandingan sampel kamera kehidupan nyata antara kedua model yang akan mengungkapkan model mana yang lebih baik dalam memotret gambar dalam skenario pencahayaan yang berbeda.

Baterai

Nothing Phone 1 yang hadir dengan dukungan pengisian rata-rata 33W dan bahkan tidak dilengkapi pengisi daya di dalam kotak. Kamu harus mendapatkannya secara terpisah sebagai aksesori. Di sisi lain, model Reno8 memiliki solusi pengisian kabel 80W yang jauh lebih cepat.

Kedua ponsel memiliki baterai 4500mAh di dalamnya. Perhatikan bahwa hanya Nothing Phone 1 yang memiliki dukungan pengisian daya nirkabel 15W. Bahkan mendukung pengisian nirkabel terbalik 5W, yang jarang terjadi di segmen ini.

Baca juga: realme GT 2 Master Explorer vs OPPO Reno8 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Nothing Phone 1 mulai dari Rp 7 jutaan . Di sisi lain, Reno8 dijual di Indonesia dengan harga yang lebih murah, mulai dari Rp 4,9 jutaan

Nothing Phone 1 terlihat seperti taruhan yang lebih baik dalam perbandingan ini. Ponsel ini memiliki desain yang unik, tampilan yang lebih baik, prosesor yang layak, dan dukungan pengisian nirkabel juga. Tetapi Reno8 juga memiliki beberapa hal. Misalnya, ia hadir dengan desain yang ringkas dan lembut, prosesor yang lebih cepat, dan pengisi daya di dalam kotak yang dapat mengisi daya ponsel hanya dalam 20 menit.

Kami harus mengingatkan Anda bahwa Nothing Phone 1 adalah model generasi pertama. kamu mungkin menemukan beberapa masalah. Jadi pertimbangkan mereka sebelum membuat keputusan akhir.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment