Home GadgetSmartphone Oppo A53 vs Redmi Note 9 vs realme 6i: Perbandingan Spesifikasi
Oppo A53

Oppo A53 vs Redmi Note 9 vs realme 6i: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Tiga bulan setelah peluncuran global dari A52, OPPO secara resmi mengumumkan OPPO A53 dan diluncurkan di Indonesia. Kali ini kami coba bandingkan dengan perangkat lain yang dijual dalam kisaran harga yang sama. Untuk perbandingan ini, kami memilih Redmi Note 9 dan realme 6i.

Perhatikan bahwa Realme 6i hadir dalam dua varian berbeda: versi India dan versi global. Ponsel yang akan kita bicarakan dalam perbandingan ini adalah versi India, sedangkan versi global adalah ponsel yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Baca juga: Redmi 9 vs Redmi 9A vs Redmi 9C: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Perangkat paling ramping dari trio ini adalah realme 6i yang mengusung modul kamera yang lebih kecil dan layar berlubang dengan lubang di sudut kiri atas. Namun jika kita berbicara tentang kualitas build, Redmi Note 9 terlihat lebih menarik karena memiliki material kaca di bagian belakang daripada bodi polikarbonat penuh. Ini lebih buruk, tetapi dibangun dengan baik. Oppo A53 lebih tipis dan lebih ringan dari kedua pesaingnya, tetapi lebih besar karena bezel layarnya yang lebih tebal.

Layar

Layar paling canggih milik realme 6i menggunakan panel Full HD+ dengan kecepatan refresh 90 Hz. Ini bukan panel kelas atas dan ini adalah layar IPS rata-rata, tetapi jauh lebih baik daripada Redmi Note 9 dan Oppo A53 2020. Memang, yang pertama menampilkan layar Full HD+ dengan kecepatan refresh standar, sedangkan OPPO A53 2020 memiliki resolusi HD+ paling rendah, meskipun dilengkapi dengan kecepatan refresh 90 Hz seperti 6i. Realme 6i memenangkan perbandingan hanya karena memiliki kedua fitur tersebut.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Bahkan dalam hal perangkat keras, realme 6i adalah juaranya. Ini memiliki chipset Helio G90T yang lebih kuat yang dipasangkan dengan RAM hingga 6GB. Sedangkan Redmi Note 9, yang mendapat tempat kedua, menggunakan Helio G85 yang dipasangkan dengan RAM maksimal 4GB, sementara Oppo A53 memiliki Snapdragon 460 SoC yang lebih rendah. Oppo A53, Redmi Note 9, dan realme 6i menjalankan Android 10, sangat disesuaikan oleh antarmuka masing-masing.

Kamera

Di atas kertas, realme 6i memenangkan perbandingan kamera. Perangkat ini memiliki kamera belakang yang persis sama dengan Redmi Note 9, tetapi memiliki chipset yang lebih baik serta kamera depan yang lebih baik dengan resolusi 16 MP. Sedangkan Oppo A53, Anda mendapatkan kamera depan yang sama dengan realme 6i, tetapi kamera belakang lebih rendah dari kedua lawannya dalam perbandingan. realme 6i mampu merekam video 4K pada 30 fps dan video 1080p pada 120 fps dengan EIS. Ini memiliki sensor utama 48 MP dengan aperture f / 1.8, sensor ultrawide, dan dua sensor dengan resolusi 2 MP untuk makro dan kedalaman.

Baca juga: Review Sharp Aquos Zero 2: Rp 12 Jutaan Tawarkan Layar 240Hz

Baterai

Baterai terbesar dimiliki oleh Redmi Note 9, tetapi OPPO A53 2020 harus bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya karena memiliki resolusi layar yang lebih rendah dan chipset yang lebih efisien (Snapdragon 460 dibangun pada 11 nm). Keduanya memiliki fitur pengisian cepat 18W, tetapi dengan Redmi Note 9, Anda mendapatkan reverse charging (wired) 9W (kabel). realme 6i memiliki baterai yang lebih kecil dan masa pakai baterai yang lebih pendek, tetapi memiliki teknologi pengisian daya yang jauh lebih cepat yakni 30W.

Harga

Oppo A53 dijual seharga Rp 2,499.000 juta, realme 6i mulai dari Rp 2,9 jutaan, dan Redmi Note 9 dibanderol mulai Rp 2,6 jutaan. Dalam perbandingan spesifikasi kali ini realme 6i adalah perangkat yang lebih canggih berkat layar Full HD + 90 Hz dan chipsetnya yang lebih baik, Sedangkan kedua kompetitornya hanya memiliki kemampuan lebih pada sektor baterai.

Berita Lainnya

Leave a Comment