Home GadgetSmartphone OPPO Find N vs Samsung Galaxy Z Fold3: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Find N

OPPO Find N vs Samsung Galaxy Z Fold3: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Dengan diluncurkannya OPPO Find N, merek smartphone lain telah memasuki pasar ponsel lipat. Meskipun demikian, masih harus dilihat bagaimana Find N melawan pemain mapan seperti Samsung, yang telah meraih sukses besar dengan seri Galaxy Z-nya. Find N diluncurkan dengan banderol harga yang jauh lebih murah daripada pesaingnya Galaxy Z Fold3, tetapi apakah ini berarti merek China tersebut memiliki fitur-fitur yang sama? Mari kita cari tahu.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 vs Galaxy S21 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Find N

Desain

Samsung telah banyak menerima pujian untuk smartphone lipat terbarunya yang menawarkan spesifikasi mumpuni dan desain premium. Galaxy Z Fold3-nya adalah model kelas atas dan menawarkan desain yang bersih dengan modul kamera minimal. Saat dilipat, itu menjadi cukup kompak tetapi juga lebih tebal, yang juga berlaku untuk Find N. Tetapi sementara Samsung berfokus untuk memastikan pengalaman yang ramping dan terlindungi dengan peringkat tahan air IPX8, Oppo menggunakan pendekatan hand feel yang lebih baik. Perusahaan menekankan pada pengalaman keseluruhan pengguna saat menggunakan perangkat. Ia hadir dengan desain ergonomis, tampilan yang tetap bebas lipatan selama minimal 5 tahun, dan mode FlexForm praktis yang bahkan terhubung dengan aplikasi kamera, berkat mekanisme engsel Flexion yang baru.

Layar

Berbicara tentang Galaxy Z Fold3, ia menampilkan layar AMOLED utama 7,6 inci yang memiliki resolusi 2K, kecepatan refresh 120 Hz, dan sertifikasi HDR10+. Layar eksternalnya adalah AMOLED 6,2 inci, yang juga dilengkapi teknologi LTPO. Di sisi lain, Find N menawarkan panel AMOLED E5 7,1 inci yang memiliki resolusi aneh 1792 x 1920px untuk tampilan internal persegi yang mendukung kecepatan refresh adaptif 120Hz dan sertifikasi TÜV Rheinland juga. Layar eksternal adalah panel AMOLED 5,49 inci, tetapi panel internal dan eksternal memiliki kamera selfie punch hole.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Dari segi spesifikasi dan perangkat lunak, kedua smartphone ini cukup mirip. Find N dan Galaxy Z Fold3 5G menampilkan Qualcomm Snapdragon 888 SoC bersama dengan penyimpanan UFS 3.1 dan RAM LPDDR5. Tetapi Find N dimulai dari model 8GB+256GB, sedangkan Galaxy mulai dari konfigurasi 12GB+256GB. Namun, kedua model memiliki RAM 12GB + penyimpanan internal 512GB. Ponsel lipat raksasa teknologi Korea Selatan ini menjalankan One UI 3.1 berbasis Android 11, sedangkan Find N menjalankan ColorOS 12 yang juga berbasis Android 11.

Kamera

Untuk fotografi, OPPO Find N mungkin memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan Galaxy Z Fold3 yang lebih mahal. Ini olahraga pengaturan tiga kamera di bagian belakang, yang terdiri dari kamera utama Sony IMX 766 50 megapiksel, lensa sudut ultra lebar 16 megapiksel, dan telefoto 13 megapiksel. Baik layar eksternal dan internal juga menawarkan penembak selfie lubang punch 32 megapiksel. Sementara itu, Samsung menawarkan Galaxy Z Fold3 dengan modul tiga kamera yang mirip dengan generasi sebelumnya. Dengan kata lain, Anda mendapatkan tiga sensor 12 megapiksel untuk sensor utama, sudut ultra lebar, dan telefoto. Penembak selfie ditempatkan di bawah layar utama dan mencakup lensa sudut lebar utama 4 megapiksel dan 10 megapiksel. 

Baca juga: Galaxy Z Fold3 vs Galaxy Z Flip3: Ponsel Lipat Samsung Mana yang Harus Anda Beli?

Baterai

Find N tampaknya memiliki keunggulan dalam hal baterai juga, dengan kapasitas 4.500mAh yang mendukung pengisian SuperVOOC 33W, pengisian nirkabel 15W, dan bahkan pengisian balik 10W juga. Di sisi lain, Galaxy Z Fold3 memiliki baterai 4.400mAh yang hanya mendukung pengisian cepat 25W dan pengisian nirkabel 11W. Meskipun juga mendukung pengisian terbalik, Find N menang di departemen ini di atas kertas.

Harga

Ini mungkin salah satu aspek paling menarik dari Find N. Oppo memasuki segmen ponsel lipat dengan banderol harga yang mendekati ponsel flagship kelas atas konvensional seperti seri Apple iPhone 13 atau seri Samsung Galaxy S21. Harganya mulai dari 7.699 Yuan (kira-kira 1.200 Dolar AS) di China sedangkan Galaxy Z Fold3, model ponsel lipat teratas Samsung saat ini, mulai dari sekitar 1.700 Dolar AS. Sayangnya, harga global untuk Find N tidak diketahui saat ini.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment