Home GadgetSmartphone Oppo Find X3 Pro vs Oppo Find X2 Pro: Apa Perbedaannya?
Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro vs Oppo Find X2 Pro: Apa Perbedaannya?

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Oppo baru saja mengumumkan smartphone andalannya tahun 2021 yakni Find X3 Pro, sukseksor dari  Find X2 Pro yang luar biasa dari tahun 2020. Perangkat terbaru menghadirkan desain baru dan beberapa fitur hebat, tetapi bagaimana jika dibandingkan dengan Find X2 Pro?

Inilah perbandingan Find X3 Pro dengan Find X2 Pro untuk membantu Anda memutuskan apakah akan mengganti perangkat lama Anda, atau tetap menggunakan yang lama.

Baca juga: Oppo Reno5 Pro vs realme X7 Pro vs Redmi K30 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Oppo Find X3 Pro memiliki desain yang mencolok. Ini menawarkan build premium dengan housing kamera belakang persegi dengan tonjolan halus, untuk tampilan berbeda dari biasanya. Ada tiga lensa kamera besar, bersama dengan lensa keempat yang lebih kecil.

Layar melengkung penuh dengan kamera depan punch-hole di sudut kiri atas mendominasi bagian depan dan X3 Pro memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan air dan debu. Muncul dalam tiga pilihan warna: Gloss Black, White dan Blue.

Oppo Find X2 Pro masih menawarkan desain yang cantik, tetapi tidak jauh berbeda dari X3 Pro. Ada housing kamera persegi panjang yang lebih halus di bagian belakang di sudut kiri atas, sedangkan bagian depan memiliki tampilan melengkung dan kamera lubang di kiri atas seperti X3 Pro.

X2 Pro juga tahan air dan debu IP68 dan hadir dalam tiga pilihan warna juga, tetapi sedikit lebih berani: Hitam, Oranye dan Hijau. Warna hitam menggunakan material keramik, sedangkan pilihan jingga dan hijau menggunakan material kulit vegan.

Layar

Oppo Find X3 Pro memiliki layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Quad HD +. Ini menghasilkan kerapatan piksel 525ppi. Ini menawarkan kecepatan refresh 120Hz , dukungan untuk HDR10 + dan memiliki kecerahan maksimum 1300nits.

Oppo Find X2 Pro juga memiliki layar OLED 6,7 inci dengan resolusi Quad HD + yang menghasilkan kerapatan piksel yang sedikit lebih rendah yaitu 513ppi. Ini juga memiliki kecepatan refresh 120Hz, dukungan untuk HDR10 + dan memiliki kecerahan maksimum 1200nits.

Kedua layar menawarkan 1 miliar warna dan seperti yang kami sebutkan, keduanya melengkung dan keduanya memiliki kamera lubang di sudut kiri atas. X3 Pro memiliki rasio layar 92,7 persen, sedangkan X2 Pro memiliki rasio layar 93,1 persen.

Spesifikasi

Oppo Find X3 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 terbaru, ditambah dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Tidak ada dukungan untuk microSD.

Kapasitas baterai 4500mAh, yang mendukung pengisian cepat 65W dan pengisian nirkabel 30W. Ini adalah perangkat Dual-SIM, dengan dukungan eSIM .

Sementara itu, Oppo Find X2 Pro berjalan pada prosesor Qualcomm Snapdragon 865, ditambah dengan RAM 12GB dan penyimpanan 512GB. Itu juga tidak mendukung microSD.

Ada dua baterai 2130mAh yang menjalankan X2 Pro dengan total gabungan 4260mAh, dengan dukungan pengisian cepat 65W. Tidak ada dukungan pengisian daya nirkabel pada Find X2 Pro dan ini adalah perangkat SIM tunggal.

Kamera

Oppo Find X3 Pro hadir dengan kamera quad di bagian belakang. Ini terdiri dari sensor sudut lebar 50 megapiksel (f / 1.8, OIS, PDAF), sensor sudut lebar ultra 50 megapiksel (f / 2.2, PDAF), kamera telefoto 13 megapiksel (f / 2.4, 5x hybrid, 20x optik) dan Microlens 3 megapiksel (f / 3.0).

Oppo Find X2 Pro memiliki kamera belakang tiga. Ini terdiri dari sensor sudut lebar 48 megapiksel (f / 1.7, PDAF), sensor sudut sangat lebar 48 megapiksel (f / 2.2) dan sensor telefoto periskop 13 megapiksel (f / 3.0, 10x hybrid).

Ada kamera depan 32 megapiksel di kedua perangkat. Perlu disebutkan bahwa lebih banyak megapiksel, atau lebih banyak sensor tidak selalu berarti lebih baik.

Baca juga: OPPO Reno5 vs Reno5 Pro vs Reno5 Pro+: Perbandingan Spesifikasi

Kesimpulan

Oppo Find X2 Pro adalah perangkat luar biasa, salah satu yang terbaik di tahun 2020, dan Oppo Find X3 Pro lebih baik di beberapa bidang, seperti yang Anda harapkan dari perangkat berikutnya.

Find X3 Pro memiliki desain yang lebih menarik dan mencolok, prosesor yang lebih bertenaga, perubahan kamera yang menarik, wireless charging, Dual SIM, baterai yang sedikit lebih besar, dan tampilan yang lebih cerah.

Konon, Find X2 Pro memiliki penyimpanan dua kali lipat dari X3 Pro, opsi penyelesaian yang lebih menarik seperti kulit, dan masih menawarkan layar besar yang sama dengan X3 Pro, dengan resolusi dan kecepatan refresh yang hampir sama.

X2 Pro juga kemungkinan akan turun harga saat X3 Pro tersedia sehingga mungkin perlu dipertimbangkan, tergantung pada fitur mana yang paling penting bagi Anda.

Berita Lainnya

Leave a Comment