Home GadgetSmartphone OPPO Reno8 vs Reno8 Pro vs Reno8 Pro+: Perbandingan Spesifikasi
Reno8 Pro+

OPPO Reno8 vs Reno8 Pro vs Reno8 Pro+: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaOPPO Reno8 Series resmi hadir di pasar Cina beberapa hari lalu dengan tiga model:  Reno8 , Reno8 Pro , dan Reno8 Pro Plus . Memang tidak setingkat dengan jajaran Find X5, namun menawarkan spesifikasi yang luar biasa dan harganya yang lebih menarik jika dibandingkan dengan jajaran flagship tercanggih dari pabrikan lain. Segera, seri baru akan debut di pasar global juga, meskipun mungkin ada beberapa perubahan. Sambil menunggu peluncuran seri terbarunya di pasar global, berikut adalah perbandingan spesifikasinya.

Baca juga: iPhone 13 Pro vs iPhone 12 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Perbedaan antara desain ketiga perangkat ini hanya sedikit. Sangat sulit untuk membedakan setiap ponsel dari desainnya karena mereka serupa, dengan modul kamera yang memiliki estetika yang sama. Kami lebih suka tampilan versi standar karena memiliki modul kamera yang lebih kecil, tetapi dibuat dengan bahan yang lebih murah. Kualitas build terbaik disediakan oleh varian Pro yang mencakup bingkai aluminium dan perlindungan Gorilla Glass 5 untuk kaca depan.

Layar

OPPO Reno8 Pro+ dibekali dengan tampilan terbaik dari ketiganya. Menggunakan panel AMOLED yang menampilkan hingga satu miliar warna dengan resolusi Full HD+, diagonal 6,7 inci, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan pembaca sidik jari dalam layar. Tepat setelah itu, kami mendapatkan layar Reno8 Pro yang tidak menunjukkan satu miliar warna, tetapi spesifikasi yang tersisa sama dengan varian Pro Plus dengan pengecualian diagonal 6,62 inci. Versi standar memiliki panel 6,43 inci yang lebih kecil dengan kecepatan refresh 90 Hz yang lebih rendah dan tanpa HDR10+.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Departemen perangkat keras paling kuat disediakan oleh OPPO Reno8 Pro Plus, seperti namanya. Perangkat ini dilengkapi dengan platform seluler MediaTek Dimensity 8100 Max kelas atas, peningkatan dari Dimensity 8100 dengan kemampuan AI yang lebih tinggi, dibangun pada 5 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 2,85 GHz. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB. Reno8 Pro meraih medali perak dengan platform seluler Snapdragon 7 Gen 1 yang saat ini merupakan chipset kelas menengah terbaik oleh Qualcomm. Posisi terakhir ditempati oleh Reno8: ponsel pertama dengan platform mobile Dimensity 1300. Semua ponsel ini menjalankan Android 12 yang disesuaikan dengan ColorOS 12.1 dan  akan mendapatkan setidaknya dua pembaruan besar untuk versi Android baru.

Kamera

Jika Anda mencari kamera paling canggih, maka kamu harus memilih OPPO Reno8 Pro atau Pro Plus. Tidak seperti kedua perangkat ini, versi vanilla tidak memiliki kamera ultrawide 8 MP dan menggantikannya dengan sensor kedalaman 2 MP yang tidak berguna. Inilah alasan mengapa varian Pro lebih fleksibel dan menarik dari segi kualitas foto. Selanjutnya, varian Pro hadir dengan NPU MariSilicon X eksklusif yang meningkatkan fotografi malam hari dan perekaman video di malam hari juga.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Semua ponsel ini hadir dengan kapasitas baterai yang sama, ini berarti masa pakai baterai terpanjang akan disediakan oleh handset yang menggunakan komponen paling efisien. OPPO Reno8 Pro dapat memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dalam banyak skenario karena platform seluler Snapdragon 7 Gen 1-nya dibangun dengan proses produksi 4 nm yang lebih baik sehingga meningkatkan konsumsi energi. Tetapi perbedaan dalam hal masa pakai baterai seharusnya hanya sedikit. Kecepatan pengisian harus sama persis karena ketiganya memiliki baterai 4500 mAh dengan pengisian cepat 80W.

Harga

Harga awal OPPO Reno8 secara kasar diterjemahkan menjadi sekitar Rp 5 jutaan pada perubahan yang sebenarnya, varian Pro mulai dari Rp 6,5 jutaan, dan Pro Plus mulai dari Rp 8 jutaan. Ini adalah harga untuk pasar Cina, sedangkan untuk pasar global masih belum diketahui pada saat publikasi ini. Sekarang setelah kamu mengetahui semua perbedaan antara perangkat dari seri baru, mana yang akan kamu pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment