Home GadgetSmartphone Xiaomi Pad 5 vs OPPO Pad: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Pad

Xiaomi Pad 5 vs OPPO Pad: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Sepertinya tahun ini OPPO merilis tablet pertamanya, OPPO Pa . Meskipun menjadi perangkat pertama dari OPPO, ini adalah tablet kelas atas dan bukan entry-level seperti realme Pad. Itulah alasan mengapa ia dapat bersaing langsung dengan Xiaomi Pad 5. Masing-masing dari kedua tablet ini memiliki pro dan kontra, tetapi lembar spesifikasinya tidak jauh berbeda. Jadi yang mana yang harus Anda pilih? Ini adalah perbandingan antara spesifikasi OPPO Pad dan Xiaomi Pad 5 yang akan memberi tahu Anda dengan mencantumkan spesifikasinya dan perubahan apa yang terjadi di antara keduanya.

Baca juga: Xencelabs Meluncurkan Jajaran Drawing Tablet

Desain

OPPO Pad memiliki desain yang sangat catchy dan lebih menarik dari rivalnya dalam hal estetika. Sama seperti Xiaomi Pad 5, ia memiliki bezel yang sangat sempit, tetapi rasio layar-ke-tubuhnya sedikit lebih tinggi. Selanjutnya, bagian belakang sangat orisinal dan bahannya premium karena terbuat dari aluminium. Xiaomi Pad 5 hadir dengan bingkai aluminium dan bagian belakang plastik dan memiliki desain yang mengingatkan pada Xiaomi Mi 11 dengan modul kamera berbentuk pil itu. Kedua tablet sangat tipis dan cukup ringan, tetapi Xiaomi Pad 5 sedikit lebih tipis dan lebih ringan.

Layar

Sayangnya, kamu tidak mendapatkan layar OLED dengan salah satu tablet ini, tetapi ini tidak berarti panel IPS LCD mereka buruk. Jika Anda mencari tampilan terbaik, maka Anda harus memilih Xiaomi Pad 5. Ini memiliki panel dengan diagonal 11 inci, resolusi Quad HD+ 1600 x 2560 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan Dukungan Dolby Vision yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna. OPPO Pad memiliki spesifikasi tampilan serupa dengan panel 11 inci yang menampilkan resolusi Quad HD+ 1600 x 2560 piksel dan kecepatan refresh 120 Hz, tetapi tidak memiliki dukungan Dolby Vision dan hanya menampilkan 16 juta warna. Audio disediakan oleh speaker stereo yang bagus tetapi tidak ada perangkat ini yang dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Perangkat keras paling kuat disediakan oleh OPPO Pad, yaki Snapdragon 870 yang dibangun pada 7 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 3,2 GHz, dipasangkan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB . Dengan Xiaomi Pad 5, kamu mendapatkan chipset Snapdragon 860 yang lebih lemah dengan proses produksi 7 nm dan frekuensi maksimum 2,96 GHz, dipasangkan hanya dengan RAM 6GB dan penyimpanan asli hingga 256 GB. Sistem operasi yang diinstal pada tablet ini adalah Android 11 tetapi ColorOS 12 yang terdapat pada OPPO Pad sangat menarik karena fitur koneksi Multi-Layar memungkinkan untuk mencapai pengalaman yang mulus antara tablet dan PC.

Kamera

Xiaomi Pad 5 memiliki kamera yang sedikit lebih baik di atas kertas: kedua perangkat ini mendapatkan sensor utama 13 MP tunggal, tetapi tablet Xiaomi memiliki aperture fokus f/2.0 yang lebih cerah yang memungkinkan pengambilan foto lebih jelas dalam gelap. Selanjutnya, kamera Pad 5 dipasangkan dengan flash LED ganda (bukan OPPO Pad) dan mampu merekam video 4K. Kamera depan persis sama: dua kamera 8 MP dengan aperture fokus f/2.0 dan perekaman video 1080p.

Baca juga: Advan Luncurkan Tablet Sketsa 2, Tablet Lengkap dengan Keyboard Case dan Stylus

Baterai

Meskipun merupakan tablet yang lebih tipis, Xiaomi Pad 5 dilengkapi dengan baterai 8720 mAh yang lebih besar dan memberikan masa pakai baterai yang lebih lama di sebagian besar skenario. OPPO Pad adalah satu-satunya yang mendukung pengisian daya terbalik, tetapi dengan kapasitas baterai yang lebih kecil.

Harga

Harga awal Xiaomi Pad 5 di Cina secara kasar diterjemahkan menjadi Rp 5 jutaan, sementara Anda membutuhkan sekitar Rp 4,7 jutaan untuk membeli OPPO Pad. Seperti yang telah disebutkan, masing-masing tablet ini memiliki pro dan kontra. Xiaomi Pad 5 memberikan tampilan yang lebih baik dan baterai yang lebih besar, sedangkan OPPO Pad memiliki kinerja yang lebih tinggi dan preverse charging. Mana yang akan Anda pilih?

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment