Trendtech, Jakarta – Starbucks melakukan terobosan besar dalam merevolusi pengalaman digital bagi para konsumen. Di Tiongkok, Starbucks meluncurkan pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melaluiĀ speakerĀ pintar Alibaba, yaitu Tmall Genie.
Para pelanggan di Tiongkok kini bisa memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks hanya dengan menggunakan pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit. Memanfaatkan platform antar-pesan makanan milik Alibaba, Ele.me, kemampuan perintah suara untuk pemesanan Starbucks semakin meningkatkan pengalaman konsumen dalam ekosistem digital Starbucks.
Peluncuran layanan ini juga merayakan satu tahun berjalannya kerja sama strategis Starbucks dan Alibaba untuk meningkatkan infrastruktur New Retail dan kekuatan digital di Tiongkok.
[Baca juga : ISI SALDO E-MONEY KINI BISA MENGGUNAKAN LINKAJA]
Tiongkok hingga saat ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan konsumsi kopi paling cepat di dunia. Pengumuman ini juga menambah berbagai kolaborasi antara kedua perusahaan yang memungkinkanĀ Starbucks ExperienceĀ terbaik bisa dirasakan konsumen Tiongkok, seperti penerimaan Alipay sebagai metode pembayaran, membangunĀ Star Kitchen –Ā dapur di dalam semua gerai supermarket Freshippo di Tiongkok, dan penggunaan teknologi mobile dan fitur augmented-reality racangan Alibaba di gerai StarbucksĀ roasteryĀ di Shanghai.
āKami sangat senang bisa menghadirkan teknologi canggih Artificial Intelligence kami melalui Tmall Genie, untuk melayani para konsumen Starbucks di Tiongkok yang sudah sangat familiar dalam menggunakan teknologi dan digital,ā ujar Miffy Chen, General Manager di Alibaba A.I. Labs yang memimpin pengembangan Tmall Genie.
lebih lanjut, Di awal tahun ini, kami meluncurkan layanan pemesanan dan pengantaran pesanan melalui Ele.me untuk menjawab kebutuhan para konsumen. Kini, kami sangat senang bisa memperkenalkan pengalaman yang semakin lengkap di platform kami melalui perintah suara pemesanan Starbucks dan memberikan manfaat langsung bagi pelanggan di Tiongkok di tengah rutinitas sehari-hari mereka, ungkapnya.
āFitur Starbucks di Tmall Genie mengantarkan Starbucks ke era baru interaksi konsumen secara digital, memanfaatkan teknologi canggih terkini untuk menciptakan pengalaman yang tidak tertandingi dan semakin mendekatkan hubungan kami kepada para pelanggan,ā ujar Molly Liu, Vice President dan General Manager, Digital Ventures, Starbucks Tiongkok.
āKami selalu berusaha untuk memastikanĀ voice commandĀ pemesanan Starbucks ini semakin personal. Kami juga terus menambah kenyamanan pelanggan dengan memberikan kanal baru untuk berinteraksi dengan Starbucks ā melalui sebuah platfom terintegrasi yang mereka andalkan dalam kehidupan sehari-hari.ā
Melalui Tmall Genie, para pelanggan bisa menggunakan perintah suara untuk melacak status pemesanan mereka dalam waktu 30 menit. Cukup katakan:Ā āTmall Genie bagaimana status pemesanan Starbucks saya?ā
Para anggota Starbucks Rewards juga bisa mendapatkan Stars dan info terbaru tentang keanggotaan mereka, termasuk promo khusus, melalui Tmall Genie. Ke depannya, saat menggunakan perintah suara untuk memesan, para anggota Starbucks Rewards bisa menerima rekomendasi yang disesuaikan sesuai preferensi sebelumnya dan menu-menu popular atau menu khusus. Keunggulan lainnya, penggemar Starbucks di Tiongkok bisa mendengarkan playlistĀ yang biasa dimainkan di gerai-gerai Starbucks, melalui aplikasiĀ streamingĀ musik Alibaba: Xiami Music.
Penggunaan teknologiĀ speech AIĀ danĀ voice printĀ paymentĀ (kemampuan menggunakan suara untuk mengonfirmasi pembayaran), pesanan Tmall Genie membantu Starbucks memperluas dan meningkatkan kualitas pengalamanĀ Starbucks DeliversĀ yang konsisten dengan standar Starbucks, termasuk tutup gelas anti percikan air yang dirancang khusus dan bisa digunakan untuk minuman panas atau dingin, perekat kemasan anti robek dan wadah pengantaran individu yang bisa digunakan untuk menu panas dan dingin untuk memastikan pesanan tiba dengan suhu optimal untuk dinikmati pelanggan.
[Baca juga : SPESIFIKASI DAN HARGA REALME 5 DAN REALME 5 PRO DI INDONESIA]
Tmall Genie bertema Starbucks yang eksklusif ini tersedia di toko virtual Starbucks di Tiongkok, yang menyatukan semua penawaran Starbucks dalam aplikasiĀ mobileĀ milik Alibaba, termasuk Taobao, Alipay dan Tmall.
Walau permintaan kopi per kapita di Tiongkok masih kecil dibandingkan konsumsi di Amerika Serikat ā rata-rata penduduk Tiongkok mengonsumsiĀ tiga cangkir kopi per tahunĀ dibanding rata-rata 363 cangkir per orang per tahun di Amerika Serikat ā konsumsi kopi di Tiongkok tumbuh 16% per tahun selama 10 tahun terakhir, melampaui tingkat pertumbuhan rata-rata dunia 2% per tahun, menurutĀ International Coffee Organization.
Kira-kira di Indonesia kapan ya? So! kita tunggu aja ya.