Home GadgetSmartphone realme Pad X vs OPPO Pad Air: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Pad Air

realme Pad X vs OPPO Pad Air: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Bulan lalu realme meluncurkan tablet ketiganya, setelah versi standart realme Pad dan Pad Mini, raksasa Cina itu datang dengan realme Pad X. Banyak orang mengira itu akan menjadi tablet andalannya yang pertama, tetapi ini masih merupakan perangkat kelas menengah. Namun, ini adalah tablet paling kuat yang dirilis oleh merek tersebut hingga saat ini. Beberapa hari sebelumnya, OPPO Pad Air juga resmi diperkenalkan, dalam hal ini, kami berbicara tentang tablet OPPO kedua yang juga merupakan tablet terjangkau pertamanya. Memang, sementara realme fokus pada segmen entry-level, tablet OPPO pertama sebenarnya adalah model kelas atas. Sekarang, kedua perusahaan merilis model baru pada bulan Mei dengan spesifikasi kelas menengah. tapi manakah yang terbaik? Perbandingan antara spesifikasi Realme Pad X dan OPPO Pad Air ini akan memberi kamu jawabannya.

Baca juga: Xiaomi Pad 5 vs OPPO Pad: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Pad Air

Desain

OPPO Pad Air memiliki desain yang memukau dan orisinal. Muncul dengan garis pelangi dengan beberapa warna dan tekstur yang cemerlang, serta tekstur datar untuk sisa panel belakang. Ini jelas merupakan salah satu tablet terindah yang dirilis tahun ini dan bahkan lebih baik daripada OPPO Pad standart yang hadir dengan spesifikasi superior. realme Pad X tidak mengecewakan karena hadir dengan desain yang sangat tipis seperti tablet OPPO, serta bezel tipis di sekitar layar. Namun OPPO Pad Air tidak hanya lebih cantik tetapi bahkan lebih kompak dan lebih tipis dari saingannya. Jadi tablet OPPO memenangkan perbandingan desain. Namun, perlu diketahui bahwa realme Pad X hadir dalam varian spesial dengan desain kotak-kotak yang bisa kamu sukai jika kamu menyukai mobil sport atau kamu adalah anak muda yang menyukai estetika agresif dan game-centric.

Layar

Jika kamu mencari layar dengan kualitas gambar paling canggih, maka Anda harus memilih OPPO Pad Air tanpa berpikir dua kali. Sayangnya, kedua tablet ini hadir dengan layar IPS LCD, bukan panel AMOLED, jadi Anda seharusnya tidak mengharapkan reproduksi warna yang menakjubkan. Namun OPPO Pad Air hadir dengan panel yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna, sehingga di atas rata-rata jika dibandingkan dengan layar LCD lainnya di luar sana. Layarnya memiliki diagonal 10,36 inci dan resolusi Full HD+ 1200 x 2000 piksel. realme Pad X hadir dengan layar 10,6 inci yang lebih lebar, tetapi sepertinya tidak dapat menampilkan satu miliar warna dan berhenti di 16 juta. Resolusinya sama persis: Full HD+ dengan 1200 x 2000 piksel.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Bagian perangkat keras yang paling memuaskan dimiliki oleh realme Pad X karena alasan sederhana: ia memiliki prosesor yang lebih baik. Kita berbicara tentang platform seluler Qualcomm Snapdragon 695 5G yang dibangun pada 6 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 2,2 GHz, dengan dua inti Kryo 660 Gold dan enam inti Kryo 660 Silver. Meskipun SoCnya disebut Snapdragon 695 5G, realme Pad X tidak mendukung konektivitas 5G karena chipset tidak dibundel dengan modem. Snapdragon 695 5G dipasangkan dengan RAM hingga 6GB dan penyimpanan internal hingga 128GB. OPPO Pad Air kalah dalam pertempuran karena menggunakan platform seluler Qualcomm Snapdragon 680 4G yang lebih rendah (bahkan dalam hal ini, tidak ada konektivitas seluler), tetapi di sisi lain, ia memiliki slot micro SD untuk memperluas penyimpanan internal. 

Kamera

Jika kamu mencari kamera terbaik, maka realme Pad X adalah pilihan yang lebih baik untuk kamu. Ini memiliki sensor belakang yang lebih baik dengan resolusi 13 MP, tidak sebanding dengan sensor yang ditemukan di ponsel Android (bahkan yang entry-level), tetapi bagus untuk tablet. Bahkan kamera depannya lebih baik jika dibandingkan dengan OPPO Pad Air, dengan resolusi 8 MP dan FOV 105°.

Baca juga: Advan Luncurkan Tablet Sketsa 2, Tablet Lengkap dengan Keyboard Case dan Stylus

Baterai

Realme Pad X adalah tablet yang menawarkan masa pakai baterai paling lama hanya karena memiliki baterai yang lebih besar: kapasitasnya adalah 8340 mAh dibandingkan hanya 7100 mAh yang ditemukan di OPPO Pad Air. Bahkan teknologi pengisian dayanya lebih unggul karena dilengkapi pengisian cepat 33W, sedangkan tablet OPPO berhenti pada 18W.

Harga

Harga awal Realme Pad X untuk pasar Cina adalah Rp 2,8 jutaan, dan itu sama persis dengan harga awal OPPO Pad Air. Jadi mana yang terbaik? Nah, OPPO Pad Air memiliki desain yang lebih baik dan layar yang superior, tetapi untuk sisanya, realme Pad X menang: ia memiliki kamera yang unggul, chipset yang lebih baik, dan bahkan baterai yang lebih besar dengan teknologi pengisian daya yang lebih cepat.

Berita Lainnya

Leave a Comment