Home GadgetWearable Realme Watch 2 vs Realme Watch: Perbandingan Spesifikasi
Realme Watch 2

Realme Watch 2 vs Realme Watch: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaRealme baru-baru ini merilis generasi kedua dari jam tangan pintar yang berbentuk persegi, yang Mirip dengan seri jam tangan pintar pertama oleh merek tersebut. Kita berbicara tentang Realme Watch 2 , yang hadir dengan beberapa peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Beberapa hari yang lalu, varian Pro juga muncul, tetapi versi standart hadir dengan label harga yang mirip dengan generasi sebelumnya. Itulah alasan mengapa kami memutuskan untuk membuat perbandingan antara Realme Watch dan Watch 2. Haruskah Anda memilih model lama untuk menghemat uang atau membeli yang terbaru yang sudah mengalami peningkatan. Mudah-mudahan perbandingan ini memberikan gambaran sebelum membelinya.

Baca juga: iPhone 12 vs iPhone 11 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Realme Watch 2

Desain dan Layar

Realme Watch dan Realme Watch 2 memiliki desain serupa tetapi tidak identik. Generasi kedua memiliki bezel yang lebih sempit di sekitar layar tanpa logo Realme besar di bawah panel, sehingga terlihat jelas lebih indah. Kerugian dari Realme Watch pertama adalah bezelnya yang tebal yang sangat terlihat dalam gelap saat Anda mendapatkan lebih sedikit warna hitam pekat dibandingkan dengan siang hari. Kedua jam tangan pintar ini tahan air dengan sertifikasi IP68, tetapi tidak cocok untuk berenang karena tidak tahan berenang. Mereka juga tahan debu.

Meskipun tahan air, mereka tidak datang dengan kualitas bangunan premium karena terbuat dari plastik. Realme Watch 2 sedikit lebih berat daripada Realme Watch pertama karena memiliki baterai yang lebih besar. Tampilannya serupa, dalam setiap kasus, Anda mendapatkan panel IPS dengan resolusi 320 x 320 piksel dan diagonal 1,4 inci. Tetapi dengan Realme Watch 2, Anda mendapatkan kecerahan yang lebih tinggi hingga 600 nits dibandingkan hanya 380 nits (puncak). Layar berbentuk persegi membuat kegunaan lebih baik jika dibandingkan dengan jam tangan pintar bulat, tetapi tentu saja, karena solusi ini, mereka tidak terlihat seperti jam tangan tradisional.

Perangkat Lunak dan Fitur

Realme Watch dan Realme Watch 2 memiliki sistem operasi berpemilik yang sama yang mengemas banyak fitur. Tetapi dengan generasi kedua, Anda mendapatkan lebih banyak mode olahraga. Dengan Realme Watch 2, Anda dapat melacak 90 mode olahraga dari 14 Watch asli. Ini juga mendukung kecerdasan pelacakan tidur, monitor SpO2, dan monitor detak jantung, tetapi Anda juga dapat menemukan fitur-fitur ini pada generasi sebelumnya.

Jam tangan pintar menawarkan kontrol musik dan kamera, serta fitur dukungan pemberitahuan, tetapi Anda tidak dapat menggunakan jam tangan untuk membalas pesan di aplikasi perpesanan. Jam tangan ini dapat secara otomatis mengenali apakah pengguna sedang berjalan atau berlari dan dapat digunakan untuk mengontrol peralatan rumah tangga pintar dan gadget yang kompatibel dengan aplikasi Realme seperti Realme Buds Air, pembersih udara, lampu pintar, speaker, TV pintar, dan banyak lagi.

Perangkat dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi Realme Link dengan Bluetooth 5.0. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyinkronkan data lengkap yang dikumpulkan dari jam tangan dan melihatnya melalui statistik dan grafik yang sangat detail. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan perangkat melalui aplikasi. Di antara fitur perangkat lunak lainnya, Anda mendapatkan meditasi, temukan ponsel saya, buka kunci ponsel, pengingat, cuaca, alarm dengan getaran, penolakan panggilan, dan banyak lagi.

Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan utama Realme Watch 2 jika dibandingkan dengan Realme Watch pertama. Ini memiliki kapasitas yang lebih besar: 315 mAh vs 160 mAh. Realme menggandakan kapasitas baterai sambil menjaga bobotnya tetap sama dan mengurangi dimensi keseluruhan perangkat yang dapat dikenakan. Berkat 315 mAh-nya, Realme Watch 2 mampu bertahan hingga 12 hari dengan sekali pengisian daya, yang merupakan daya tahan baterai yang luar biasa untuk perangkat dengan layar warna IPS. Dengan Realme Watch, Anda mendapatkan baterai dengan kapasitas 160 mAh yang bertahan dari 7 hingga 9 hari dengan sekali pengisian daya (20 hari dengan mode hemat daya).

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Realme Watch 2 baru saja diluncurkan di bandrol dengan harga Rp 650.000. Dengan sedikit keberuntungan, Anda sebenarnya dapat menemukan Realme Watch pertama dengan banderol harga sekitar Rp 500.000 an di pasar.

Realme Watch 2 menawarkan lebih banyak mode olahraga, desain yang lebih baik, dan baterai yang lebih besar yang memberikan masa pakai baterai yang jauh lebih lama. Dan, mengingat perbedaan harga yang tidak besar, Realme Watch 2 jelas merupakan pembelian yang lebih baik daripada pendahulunya. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur untuk pelacakan aktivitas, Anda dapat memilih Realme Watch 2 Pro yang menawarkan dukungan GPS. Watch 2 Pro akan tersedia dengan harga Rp 900.000.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment