Home GadgetSmartphone Huawei Mate 40 Pro vs iPhone 12 Pro Max vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 12 Pro Max

Huawei Mate 40 Pro vs iPhone 12 Pro Max vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Varian paling kuat dari jajaran Apple terbaru adalah iPhone 12 Pro Max. Perangkat ini mengemas spesifikasi yang luar biasa tetapi dijual dengan harga yang sangat mahal. Perangkat ini adalah salah satu ponsel paling mahal di pasaran. Tapi apakah itu juga ponsel terbaik yang pernah ada? Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahaminya selain membandingkannya dengan flagships Android papan atas terbaik. Untuk perbandingan ini, kami memilih flagships paling kuat dari produsen smartphone terpenting : Huawei Mate 40 Pro dan Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G.

Baca juga: realme 7 Pro vs Redmi Note 9 Pro vs Poco X3: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 12 Pro Max

Desain

iPhone 12 Pro Max, Huawei Mate 40 Pro, dan Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G semuanya menampilkan desain yang mencengangkan. Yang pertama memiliki rangka baja tahan karat dan bezel tipis dengan tampilan simetris, yang kedua membedakan dari para pesaingnya karena layarnya yang sangat melengkung yang memungkinkan penggantian tombol fisik dengan kontrol sentuh untuk mengatur volume. Yang ketiga memiliki rasio layar-ke-tubuh yang sangat tinggi, rangka baja tahan karat, dan punch hole tunggal. Perangkat ketiganya dipastikan mendapatkan kualitas build yang luar biasa dan perangkat tahan air dengan sertifikasi IP68, tetapi iPhone 12 Pro Max tahan air hingga kedalaman 6 meter, sementara Huawei Mate 40 Pro dan Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G naik hingga 1,5 meter. Desain iPhone 12 Pro Max adalah yang paling trendi, tetapi favorit saya adalah Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G, meskipun itu adalah perangkat terbesar dari ketiganya.

Layar

Tampilan paling menakjubkan milik Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G. Pertama-tama, perangkat ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dengan 1440 x 3088 piksel. Selanjutnya, kecepatan refresh naik hingga 120 Hz, sedangkan pada iPhone 12 Pro Max dan pada Huawei Mate 40 Pro berhenti masing-masing pada 60 dan 90 Hz. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G memiliki diagonal yang lebih lebar dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, sedangkan iPhone 12 Pro Max memiliki Ceramic Shield untuk meningkatkan perlindungan. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G dan Huawei Mate 40 Pro mendukung stylus (masing-masing S Pen dan M Pen 2) yang memungkinkan tulisan tangan dan gambar dengan tingkat tekanan hingga 4096.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak

IPhone 12 Pro Max didukung oleh prosesor paling kuat dan efisien dari ketiganya: Apple A14 Bionic yang dibuat pada 5 nm. Lebih lanjut, pengoptimalan yang tinggi dari sistem operasi iOS membuat ponsel lebih cepat. Meskipun hanya memiliki RAM 6GB, iPhone 12 Pro Max harus menjadi perangkat dengan kinerja paling baik dari ketiganya. Namun dalam setiap kasus, kita berbicara tentang smartphone andalan papan atas tanpa batasan di setiap skenario. Anda dapat memainkan game yang paling berat, menggunakan aplikasi yang paling berat, dan Anda dapat melakukan semua yang Anda inginkan. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G dan Huawei Mate 40 Pro menjalankan Android 10, tetapi Huawei Mate 40 Pro akan kekurangan aplikasi Google di pasar global, digantikan oleh Layanan Seluler Huawei.

Kamera

Sepertinya Huawei Mate 40 Pro memberikan performa kamera terbaik. Ini bukan perangkat paling canggih dari perbandingan ini untuk merekam video, tetapi ini menghasilkan foto terbaik. Tetapi Anda tidak perlu menggunakan Huawei Mate 40 Pro jika Anda membutuhkan ponsel kamera teratas: Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G dan iPhone 12 Pro Max masih merupakan ponsel kamera yang luar biasa dan bahkan lebih baik dalam merekam video.

Baca juga: Xiaomi Mi 10 Ultra vs Samsung Galaxy Note20 Ultra vs Huawei P40 Pro+: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G memiliki baterai terbesar, tetapi daya tahan baterainya tidak begitu baik. Huawei Mate 40 Pro seharusnya dapat bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya berkat tampilan yang lebih efisien (dengan resolusi Full HD + dan kecepatan refresh 90 Hz) dan chipset yang lebih efisien (Kirin 9000 dibangun pada 5 nm). Sayangnya, tidak ada yang menguji iPhone 12 Pro Max karena akan tersedia untuk dibeli mulai November. Huawei Mate 40 Pro mendukung teknologi tercepat untuk mengisi daya baterai.

Harga

IPhone 12 Pro Max memiliki harga awal kisaran Rp 16 jutaan, Huawei Mate 40 Pro berharga kisaran Rp 21 jutaan secara global, dan Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G mulai dari Rp 19 jutaan. Tidak ada pemenang pasti dari perbandingan ini: Saya suka Samsung Galaxy Note 20 Ultra karena S Pen yang canggih dan tampilan yang lebih baik, tetapi daya tahan baterainya mengecewakan. Huawei Mate 40 Pro memiliki kamera yang lebih baik, sedangkan iPhone 12 Pro Max menawarkan kinerja yang lebih tinggi.

Berita Lainnya

Leave a Comment