Home GadgetSmartphone realme X3 vs realme X3 SuperZoom vs realme X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi
realme X3 SuperZoom

realme X3 vs realme X3 SuperZoom vs realme X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Setelah meluncurkan realme X3 SuperZoom di pasar global, raksasa Cina itu meluncurkan Realme X3 Superzoom di Indonesia, realme juga berencana akan meluncurkan realme X3.

X3 adalah versi terjangkau dari X3 SuperZoom yang tidak memiliki sensor periskop dan olahraga hadir dalam konfigurasi memori kelas bawah. Selain kedua handset ini, dalam kisaran harga yang sama, Anda dapat menemukan juga flagship lainnya yang dirilis pada 2019 tetapi masih sangat menarik karena layar AMOLED dan spesifikasinya yang mumpuni yang sama dengan line-up X3 yakni realme X2 Pro.

Baca juga: realme C3 vs Redmi 8 : Lebih Nyaman dan Unggul Mana?

Banyak orang bertanya-tanya mana yang harus dibeli, dan perbandingan ini diharapkan akan memberi sedikit gambaran buat Anda.

Desain

Sementara realme X3 dan X3 SuperZoom memiliki tampilan yang lebih menarik karena logo ditempatkan di posisi normal (tidak seperti X2 Pro) dan tampilan punch-hole bukannya waterdrop notch, realme X2 Pro sebenarnya hadir dengan bahan yang lebih premium. Menggunakan material kaca dibagian belakang dan bingkai aluminium seperti layaknya flagships paling mahal di luar sana. Apakah Anda lebih suka memiliki tampilan yang lebih baik atau materi yang lebih baik?  Semua kami kembalikan ke selera Anda.

Layar

Meskipun merupakan perangkat yang lebih tua, realme X2 Pro sebenarnya menawarkan tampilan yang lebih baik daripada realme X3 dan X3 SuperZoom. Ini memiliki kecepatan refresh yang lebih rendah (90 Hz vs 120 Hz), tetapi ini adalah satu-satunya perangkat yang menggunakan panel AMOLED dan memiliki sertifikasi HDR10 + dan cakupan penuh DCI P3. realme X3 dan X3 SuperZoom hadir dengan layar IPS yang persis sama menawarkan kecepatan refresh 120 Hz.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

realme X2 Pro, X3, dan X3 SuperZoom memiliki chipset yang sama, Snapdragon 855+. Chipset ini merupakan platform mobile terbaik Qualcomm tahun 2019. Sayangnya, tidak ada dukungan 5G, tetapi perangkat ini memiliki tingkat kinerja yang sangat tinggi. realme X3 SuperZoom dan X2 Pro sebenarnya unggul dalam hal perangkat keras karena mereka menawarkan hingga RAM 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB, sedangkan X3 berhenti pada 8/128GB. Perhatikan bahwa realme X2 Pro hadir dengan Android 9 Pie saat keluar dari box (tetapi Anda dapat memperbarui ke Android 10), sementara X3 SuperZoom dikirimkan bersama Android 10 dan realme UI.

Kamera

Kamera paling canggih adalah milik realme X3 SuperZoom. Semua perangkat ini memiliki sensor  64MP yang sama dengan sensor utama dari departemen kamera belakang, tetapi X3 SuperZoom juga dilengkapi dengan sensor periskopik yang menawarkan OIS dan 5x optical zoom. Sebaliknya, realme X3 dan X2 Pro memiliki lensa tele dengan 2x optical zoom. realme X3 SuperZoom juga memenangkan perbandingan kamera depan karena menggunakan kamera ganda depan ultrawide dengan sensor 32 + 8 MP.

Baca juga: OPPO A52 vs Redmi 9 vs Realme Narzo 10: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Karena memiliki baterai yang lebih besar, realme X3 dan X3 SuperZoom dapat bertahan lebih lama dari X2 Pro dengan sekali pengisian daya dalam banyak skenario. Tetapi mengingat tampilan mereka lebih banyak energi, itu hanya margin minimum. Di sisi lain, realme X2 Pro menawarkan teknologi pengisian daya yang lebih cepat (50W vs 30W) dan hanya perlu 35 menit untuk mengisi penuh.

Harga

realme X3 dan X3 SuperZoom masing-masing dihargai Rp 4,6 jutaan dan  Rp 8 jutaan. realme X2 Pro dimulai dari Rp 7,8 jutaan. realme X3 memberikan harga yang lebih terjangkau tetapi lebih rendah dari para pesaingnya. SuperZoom memiliki kamera terbaik, sedangkan realme X2 Pro memiliki layar terbaik. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment