Home GadgetSmartphone Redmi 9 vs Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Redmi Note 9 Pro

Redmi 9 vs Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Beberapa waktu lalu Xiaomi mengeluarkan banyak porfolio dari  seri Redmi  dengan harga terjangkau. Dalam hal ini banyak calon pengguna kebingung dalam memilih karena nama yang mirip-mirip. Seringkali calon pengguna salah karena cuma hanya berbeda angka atau sedikit kata, itulah sebabnya sulit bagi banyak orang untuk membedakannya dan menemukan perangkat terbaik untuk kebutuhan mereka.

Berikut perbandingan tiga perangkat dengan nama serupa namun berbeda spesifikasi yang dirilis baru-baru ini oleh merek Xiaomi. Kami berbicara tentang Redmi 9 , Redmi Note 9 , dan Redmi Note 9 Pro. Pada artikel ini, Anda akan menemukan perbedaan utama antara ketiga perangkat ini.

Baca juga: Redmi 9 vs Redmi 9A vs Redmi 9C: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Redmi Note 9 dan 9 Pro menampilkan desain yang serupa, tetapi 9 Pro lebih cantik dan memiliki kualitas build yang sedikit lebih baik. Lubang punch pada Redmi Note 9 ditempatkan di sudut kiri atas, sedangkan pada Note 9 Pro ditempatkan di tengah. Redmi Note 9 Pro memiliki sensor kamera yang lebih kecil dan bagian belakang kaca yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5, sehingga tampilan desain jauh lebih berkesan dan memenangkan desain dalam perbandingan kualitas. Namun perlu diperhatikan bahwa Note 9 Pro memiliki dimensi yang lebih besar karena tampilannya yang lebih lebar. Redmi 9 terlihat lebih ketinggalan zaman karena notch-nya, namun sisi belakangnya lebih elegan.

Layar

Redmi 9, Redmi Note 9, dan Note 9 Pro, rata-rata menggunakan Layar IPS. Tidak ada yang istimewa, lebih dekat dengan ponsel level pemula selain flagships. Redmi Note 9 dan Note 9 Pro memiliki panel yang lebih baik karena memiliki kecerahan yang lebih tinggi dan kualitas yang sedikit lebih baik, tetapi perbedaan dengan Redmi 9 hanya marjinal. Perhatikan bahwa Note 9 Pro memiliki layar yang lebih lebar dari Redmi Note 9 dan Redmi 9 (6,67 inci vs 6,53 inci).

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Departemen dapur pacu adalah perbedaan utama yang dicari orang ketika mereka mengevaluasi ketiga perangkat ini. Redmi 9 ditenagai oleh chipset Helio G80, sedangkan Redmi Note 9 memiliki Helio G85. Seperti yang mungkin Anda pahami dari namanya, tidak ada perbedaan kinerja yang besar antara Redmi 9 dan Redmi Note 9. Tetapi situasinya sangat berbeda ketika menyangkut Redmi Note 9 Pro: handset ini menggunakan SoC Snapdragon 720G yang lebih kuat dan lebih tinggi. Untuk RAM dipasangkan 6GB dan pilihan internal memori 128GB UFS 2.1. Ini semua adalah ponsel Redmi, jadi Anda mendapatkan sistem operasi yang sama dan antarmuka pengguna yang sama: Android 10 yang disesuaikan oleh MIUI 11.

Kamera

Redmi Note 9 dan 9 Pro serupa dalam hal kinerja kamera. Keduanya sama-sama memiliki sensor utama 48 MP dan kamera belakang quad, tetapi Note 9 Pro memiliki sensor makro 5 MP, bukan sensor makro 2 MP. Itu hanya perbedaan kecil yang tidak memengaruhi kualitas foto secara keseluruhan. Redmi 9 jauh lebih rendah karena dilengkapi sensor utama 13 MP entry-level. Jadi, Anda harus menggunakan Redmi 9 hanya jika kamera bukan prioritas Anda. Kami dapat memberi tahu Anda hal yang sama jika kita berbicara tentang kamera depan: Note 9 Pro adalah yang terbaik dengan kakap 16 MP, Redmi Note 9 hadir setelahnya dengan lensa 13 MP, dan Redmi 9 tertinggal di belakang dengan kamera selfie 8 MP.

Baca juga: Review Redmi 9A: Pertama dengan MIUI 12 Plus Andalkan Daya Tahan Baterai

Baterai

Redmi 9, Redmi Note 9, dan Redmi Note 9 Pro mengemas baterai yang sama persis dengan kapasitas 5020 mAh. Namun Note 9 Pro memiliki chipset yang lebih efisien karena dibangun dengan proses produksi yang lebih baik (8 nm vs 12 nm). Itulah mengapa Note 9 Pro bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Keunggulan menarik dari Redmi Note 9 adalah dukungan pengisian terbalik.

Harga

Redmi 9 diharapkan dengan harga Rp 1,7 jutaan. Redmi Note 9 dihargai Rp 2,4 jutaan, sedangkan Note 9 Pro dihargai Rp 3,4 jutaan. Jika Anda dapat membeli dengan buged maksimal, pilih Note 9 Pro tanpa berpikir dua kali: Perangkat ini memiliki chipset yang jauh lebih baik dengan konsumsi energi yang lebih rendah. Jika Anda tidak dapat menghabiskan begitu banyak, pilih Redmi Note 9 hanya jika Anda peduli dengan kamera, jika tidak, pilih Redmi 9 karena menawarkan nilai uang yang lebih tinggi.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment