Home GadgetSmartphone Redmi Note 9 vs Note 9S vs Note 9 Pro (Global): Perbandingan Spesifikasi
Redmi Note 9

Redmi Note 9 vs Note 9S vs Note 9 Pro (Global): Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Xiaomi baru saja meluncurkan seri Redmi Note 9 untuk pasar global. Perangkat ini sebenarnya terdiri dari tiga model: Redmi Note 9 , 9S , dan 9 Pro. Perangkat ini tidak persis sama dengan yang kami lihat di India karena varian Pro sebenarnya berbeda dari Indian Note 9 Pro.

Karena harganya dekat satu sama lain, untuk menyoroti semua perbedaan antara ketiga model yang diluncurkan di Eropa, kami memutuskan untuk membawa semua varian dalam perbandingan spesifikasi.

Di sini Anda akan mempelajari semua detail tentang spesifikasi dan Anda harus dapat menyadari mana yang memiliki nilai terbaik dengan penawaran harga yang ditawarkan.

Baca juga : Huawei MatePad vs Samsung Galaxy Tab S6 Lite : Banyak Samanya Dibanding Bedanya

Desain

Redmi Note 9 Pro memiliki desain yang sedikit lebih menarik daripada Note 9 dan 9S karena di sisi belakangnya Anda dapat menemukan modul kamera yang lebih kecil. Perangkat ini memiliki material kaca dibagian belakang yang terbuat dari dua bagian dengan warna berbeda. Lalu ada Note 9S yang kami pilih di urutan kedua dengan material kaca dibagian belakang dan rasio layar-ke-tubuh yang sama dengan Note 9 Pro. Sedangkan Note 9 memiliki bagian belakang yang kurang menarik akan tetapi ada sensor sidik jari (pemindai sidik jari dipasang di samping pada dua varian lainnya) dan bezel yang lebih tebal di sekeliling layar, tetapi lebih ringkas karena layarnya memiliki diagonal yang lebih kecil.

Layar

Redmi Note 9S dan 9 Pro dilengkapi dengan panel layar dengan ukuran yang sama: layar IPS dengan diagonal 6,67 inci dan resolusi Full HD +. Tidak ada yang istimewa, tetapi cukup untuk ponsel kelas menengah. Note 9 memiliki diagonal yang lebih kecil, tetapi layar menawarkan spesifikasi yang sama. Dalam setiap kasus, Anda akan mendapatkan layar IPS dan Full HD + rata-rata dengan kecepatan refresh standar. Jika Anda mencari kualitas tinggi dalam hal tampilan atau pengalaman pengguna yang lebih lancar, Anda harus memilih perangkat dari brand lain.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Redmi Note 9S dan Note 9 Pro menawarkan lebih banyak beberapa penawaran layaknya flagship. Keduanya didorong oleh SoC Snapdragon 720G yang merupakan pilihan yang lebih disukai daripada Helio G85 yang ditemukan pada Note 9. Keduanya menawarkan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB  UFS 2.1.

Untuk Note 9 menggunakan Helio G85 dengan maks RAM 4GB  dan 128GB penyimpanan internal. Mengingat bahwa mereka adalah tiga varian dari jajaran yang sama, agak jelas bahwa Anda mendapatkan sistem operasi yang sama: Android 10 dikustomisasi oleh MIUI 11.

Kamera

Perbedaan utama di dalam seri Redmi Note 9 terletak pada kamera. Di sisi belakang, Anda mendapatkan pengaturan kamera yang berbeda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Yang paling canggih adalah Note 9 Pro yang menawarkan sensor utama 64 MP, lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, kamera makro 5 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Sedangkan Note 9S memiliki sensor sekunder yang sama, tetapi lensa utamanya adalah sensor 48 MP. Kamera depan juga sama, dengan resolusi 16 MP. Note 9 memiliki pengaturan kamera belakang yang sama dengan Note 9S dengan pengecualian sensor makro (2 MP). Sedangkan kamera selfie-nya hanya 13 MP.

Baterai

Dengan kapasitas baterai yang persis sama, Anda akan mendapatkan daya tahan baterai yang sama dengan seluruh jajaran. Dan itu adalah daya tahan baterai yang luar biasa, mengingat kapasitas 5020 mAh. Redmi Note 9 diprediksi memiliki daya tahan baterai yang boros karena karakter chipset yang digunakan kurang efisien dibangun dengan pemrosesan 12 nm dibandingkan dengan 8 nm. Di sisi lain, Note 9 juga dapat digunakan sebagai power bank berkat teknologi pengisian ulang 9W. Note 9 Pro menang ketika hadir dengan kecepatan pengisian daya 30W.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 vs Galaxy S20+ vs Galaxy S20 Ultra: Apa Bedanya?

Harga

Redmi Note 9 dibandrol mulai dimulai dari € 180 atau sekitar 2,9 jutaan, Note 9S memiliki harga  € 219 atau sekitar Rp 3,2 jutaan, dan Note 9 Pro berharga € 250 atau sekitar Rp 3,7 jutaan untuk varian dasarnya. Jika Anda tidak peduli dengan kamera sama sekali dan Anda tidak memerlukan teknologi pengisian tercepat, Note 9S memberi Anda semua yang Anda butuhkan. Jika tidak, pilih Redmi Note 9 Pro. Note 9 memiliki perangkat keras dan kamera yang kurang mengesankan dibandingkan kedua pesaingnya, itu adalah pilihan yang baik hanya jika Anda ingin menghemat uang.

Berita Lainnya

Leave a Comment