Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S20 FE vs Galaxy S20: Apa Perbedaannya?
Samsung Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy S20 FE vs Galaxy S20: Apa Perbedaannya?

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Ketika Samsung memutuskan untuk membuang penerus Galaxy S10e di seri S20, banyak orang yang merasa kecewa. S10e adalah ponsel yang hebat dan menawarkan sesuatu yang unik di pasar ponsel pintar. Galaxy S20 menjadi salah satu yang terjangkau, sementara portofolio diperluas dengan hadirnya model Ultra. Sekarang tampaknya Samsung telah mencampurkan lebih banyak lagi, karena model baru telah muncul yakni Galaxy S20 FE (Fan Edition).

Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy S20 FE hari ini, dan sebagian besar spesifikasinya seperti yang diharapkan. Ponsel ini adalah versi sederhana dari Galaxy S20 dan untuk menghilangkan kebingungan kami memutuskan untuk menawarkan perbandingan kedua ponsel ini.

Baca juga: Dijual dengan Harga Rp 33.888.000, Galaxy Z Fold2 Sudah Bisa di Pre-Order

Desain dan Layar

Setelah banyak bocoran di kiri, kanan, dan tengah, kini akhirnya kita bisa melihat desain S20 FE. Pada pandangan pertama, perbedaan paling mencolok antara kedua ponsel adalah layar – layar pada perangkat ini datar, berbeda dengan panel melengkung yang digunakan pada Galaxy S20. Keputusan ini menghasilkan bezel yang lebih besar di Galaxy S20 FE, dan desain yang kurang disempurnakan secara keseluruhan.

Ukuran dan resolusi kedua layar juga berbeda. Sementara Galaxy S20 memilih panel AMOLED Dinamis QHD + 6,2 “, menjaga footprint yang ringkas, sedangkan S20 FE  menggunakan layar FHD + Super AMOLED 6,5”. Hasilnya, jumlah piksel juga sangat berbeda antara kedua ponsel (566 vs 407 PPI.) Untungnya, Galaxy S20 FE mempertahankan mode kecepatan refresh 120Hz untuk tampilan.

Perangkat Lunak dan Kinerja

Inilah bagian terbaik yang akan menyenangkan penggemar Samsung di luar sana. S20 FE menggunakan platform perangkat keras yang sama dengan saudaranya yang lebih besar – S20. Tidak ada kompromi yang dibuat dengan chipset, ini adalah CPU Exynos yang sama, dipasangkan dengan GPU Mali-G77 MP11. Sayangnya, jumlah RAM persis setengah dari yang dimiliki S20. Kita berbicara tentang 6GB RAM vs 12GB pada S20, meskipun ada versi 8GB / 256GB yang tersedia di pasar tertentu. Ini mungkin tampak seperti perbedaan besar, tetapi dalam skenario kehidupan nyata, Anda mungkin tidak akan melihat perbedaan siang dan malam dalam kinerja.

Kedua ponsel menggunakan penyimpanan internal 128GB, dan keduanya memiliki fitur slot kartu microSD untuk memperluasnya. Platform perangkat lunaknya sama di kedua perangkat – Android 10 dengan Samsung OneUI 2.5 di atasnya. Galaxy S20 FE mempertahankan pemindai sidik jari dalam layar ultrasonik serta perlindungan air dan debu IP68 yang ada juga di Galaxy S20.

Kamera

Konfigurasi kamera paling berbeda besarnya antara kedua model. S20 FE  akan mengusung sensor utama 12MP, penembak ultra-lebar 12MP, dan unit telefoto 8MP dengan zoom optik 3x. Galaxy S20 biasa juga dilengkapi sistem tiga kamera tetapi tidak memiliki lensa telefoto tetapi ada kamera 64MP.

Kamera selfie pada S20 FE berkapasitas 32MP, sedangkan pada Galaxy S20 biasa kami memiliki sensor 10MP. Kami harus menempatkan kedua sistem satu sama lain dalam perbandingan kamera yang mendetail untuk mendapatkan “gambar” performa kamera yang lebih baik pada setiap model.

Baca juga: Samsung Wireless Charging Trio, Fungsi dan Spesifikasi Detail

Baterai

Galaxy S20 FE memiliki baterai yang lebih besar – 4.500mAh, dibandingkan dengan baterai 4.000mAh dari Galaxy S20. Peningkatan kapasitas diharapkan, karena S20 FE jauh lebih besar untuk mengakomodasi layar 6,5 inci (dan jelas baterai lebih besar.) Kemampuan pengisian cepat S20 FE cocok dengan dukungan pengisian cepat kabel 25W dari Galaxy S20 tetapi ada pengisi daya 15W yang disertakan dalam kotak ritel, yang berarti Anda harus membeli pengisi daya cepat tambahan untuk memanfaatkan fitur sepenuhnya.

Harga dan ketersediaan

Samsung Galaxy S20 diluncurkan dengan banderol harga Rp 13 jutaan, dan alasan utama dibalik keberadaan Galaxy S20 FE adalah harganya. Samsung berencana untuk menjual S20 FE dengan harga Rp 10 juta dan jumlah itu mungkin akan memberi Anda versi perangkat dengan RAM 6GB / 128GB. Mulai 2 Oktober 2020.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment