Home AppsGame Splinterlands dan Bagaimana Cara Memainkannya?
Splinterlands

Splinterlands dan Bagaimana Cara Memainkannya?

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Apakah kamu tahu game Splinterlands? jika belum mengetahui, kami akan coba menjelaskan  permainan yang cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas mengoleksi kartu. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, permainan ini juga menawarkan sistem play-to-earn. Apa itu Splinterlands dan bagaimana cara memainkan game ini? Simak selengkapnya artikel ini!

Apa itu Splinterlands?

Splinterlands adalah game Collectible Card Game (CCG), yaitu permainan mengoleksi kartu yang dapat digunakan dalam pertarungan satu lawan satu dengan pemain lainnya. Sebelumnya, permainan ini dikenal dengan nama Steem Monsters.

Terdapat lebih dari 240 kartu Monster dan 40 kartu Summoner unik, yang dapat dikombinasikan untuk menciptakan monster unik dengan kemampuan yang tidak terkalahkan.

Secara umum, terdapat 4 aspek yang menunjukkan seberapa kuatnya seorang pemain di Splinterlands, yaitu kecepatan, pertahanan, energi (mana), dan tipe serangan termasuk serangan jarak jauh, sihir, dan serangan jarak dekat.

Splinterlands juga disusun atas “faksi” yang dikenal sebagai “Splinters.” Setiap kartu memiliki faksi tertentu: Api, Bumi, Naga, Kematian, Kehidupan, Air dan Netral. Tiap kartu juga memiliki nilai ‘kelangkaan’ dan ‘kemampuan’ yang berbeda-beda.

Baca juga: 4 Rekomendasi Game FPS Isi Waktu Kala Kumpul Keluarga di Libur Lebaran

Bagaimana Cara Bermain Splinterlands?

Splinterlands adalah permainan yang bisa diakses oleh siapa saja. Untuk bisa bermain, kamu tinggal masuk ke halaman utama situs web splinterlands.com.

Klik tombol “Mainkan Sekarang”.

  • Untuk bisa bermain, kamu perlu menghubungkan dompet MetaMask, Venly, Wombat atau dompet WAX yang kamu miliki.
    Saat sudah berhasil masuk, pemain bisa memilih Summoner, yang nantinya akan menentukan berapa banyak Monster yang dapat dipanggil untuk pertempuran.
  • Pilih deck atau arena untuk pertandingan. Terdapat maksimal enam Monster dan satu Summoner untuk digunakan di setiap pertandingan.
  • Klik tombol “Battle” untuk memulai pertandingan. Sebuah jendela baru akan muncul untuk mencarikan kamu lawan main. Di sini, kamu dapat melihat elemen yang digunakan oleh lawan kamu dalam pertandingan sebelumnya.

Bagaimana Tokenomic dari Splinterlands?

Token utama Splinterlands adalah Splintershards (SPS). Terdapat total 3.000.000.000 token SPS dalam game dengan didistribusi,

  • 10% untuk DAO
  • 30% dialokasikan untuk staking
  • 13,33% untuk airdrop
  • 6,66% untuk private sale
  • 9% untuk tim SPS
  • 1% diberikan kepada mitra/penasihat
  • 30% dialokasikan untuk aktivitas play-to-earn

Bisakah Kamu Mendapatkan Uang dari Splinterlands?

Mendapatkan uang dari Splinterlands bisa dilakukan dengan mengakses fitur play-to-earn, di mana pemain perlu membeli Summoner’s Spellbook, yaitu semacam buku mantra untuk membuka kemampuan para monster seharga $10. Setelahnya, terdapat empat cara yang bisa dilakukan pemain untuk memperoleh penghasilan dari game NFT ini.

Mengikuti Turnamen

Dapatkan hadiah DEC setiap kali kamu memenangkan pertandingan dalam turnamen. DEC adalah Dark Energy Crystals, salah satu item permainan Splinterlands untuk membeli kartu dan item lainnya. Dilansir dari Coinmarketcap, DEC bernilai Rp10 per 23 Juni 2022 lalu.

Menerima Hadiah

Kamu juga bisa memperoleh sejumlah hadiah dengan menyelesaikan misi harian. Hadiah juga bisa diberikan oleh pemain lain untukmu.

Mempertukarkan Kartu

Kamu juga bisa menjual atau menyewakan paket dan kartu untuk memperoleh penghasilan.

“Membakar” Kartu

Kartu yang kamu miliki juga dapat “dibakar”, di mana setelahnya kamu dapat memperoleh sejumlah DEC.

Baca juga: Glance Siap Merilis Live Gaming Berbasis NFT

Splinterlands vs Axie Infinity

Splinterlands atau Axie Infinity? Keduanya sama-sama merupakan game play-to-earn. Lalu, apa perbedaan di antara kedua game tersebut?

Untuk game Axie Infinity, pemain perlu menyiapkan modal minimal $185 untuk membeli 3 Axies sebelum bisa mulai bermain. Selain itu, Axie Infinity tidak menawarkan bentuk pertandingan turnamen seperti Splinterlands.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Splinterlands dan cara memainkan Splinterlands secara mudah. Untuk kamu yang ingin tau lebih lanjut soal NFT, kamu bisa belajar NFT secara gratis di Pintu Akademi, lho!

Investasi crypto dan NFT memang sedang menarik perhatian banyak orang karena potensinya. Sebut saja, The Sandbox yang mengalami peningkatan harga hingga 405% per 23 Juni 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Berita Lainnya

Leave a Comment