Trendtech, Jakarta – Bagi sebagian orang yang baru mengenal konsep #WorkingFromHome (WFH), menatap layar terus menerus bisa membuat mereka merasa jenuh dan terbebani. Oleh karena itu, menggunakan alat komunikasi yang efektif menjadi sangat penting untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari.
Selain itu, perusahaan riset pasar, Kantar, dalam survei COVID-19 Barometer secara global menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40% di antara pengguna usia 18-34 tahun.
Sebagai aplikasi perpesanan yang menghubungkan pengguna dari seluruh dunia dengan cara yang mudah, aman, dan terpercaya, berikut kami bagikan panduan sederhana dari WhatsApp untuk membantu Anda berkomunikasi dengan lancar selama periode WFH.
Baca juga : Tips Menjaga Privasi Data Selama Physical Distancing
Tandai Pesan Dengan Fitur “Bintang” (star)!
Ketika bekerja dari rumah, hampir sebagian besar koordinasi soal kerjaan mungkin terjadi di WhatsApp dan bukan tidak mungkin Anda tergabung ke dalam grup WhatsApp baru. Alhasil notifikasi di WhatsApp menutupi pesan-pesan yang lebih penting. Jangan khawatir! Di WhatsApp, Anda bisa menandai pesan-pesan penting yang Anda kirimkan di grup maupun di ruang chat, sehingga dapat dengan mudah untuk menemukannya kembali di kemudian hari.
Bagaimana caranya? Ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri bintang > Ketuk Bintang. Mudah sekali, bukan? Anda juga dapat menemukan pesan-pesan berbintang tersebut dengan mengetuk “opsi lainnya” yang berbentuk tiga titik di kanan layar ponsel Anda, kemudian ketuk Pesan berbintang.
Lantas, bagaimana jika Anda lupa untuk memberikan bintang pada dokumen, tautan, atau file media dari bulan-bulan sebelumnya? Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp memiliki bagian khusus untuk semua file media, tautan, dan dokumen di setiap ruang chat. Anda dapat menemukan file yang diperlukan di bagian tersebut dan ketuk bintang.
Sesuaikan Notifikasi Anda, Bisukan Bila Perlu
Apakah Anda kerap menerima begitu banyak notifikasi dari grup-grup yang tidak berkaitan saat Anda sedang melakukan konferensi atau video call penting? Agar bisa fokus saat melakukan video call, Anda dapat menyesuaikan notifikasi, sehingga Anda bisa mengetahui notifikasi mana yang berasal dari bos, kolega, atau grup WhatsApp kantor Anda.
Untuk mengustomisasi notifikasi, pertama buka chat yang ingin Anda sesuaikan, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, ketuk Notifikasi khusus dan kemudian centang Gunakan notifikasi khusus. Jika Anda membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar saat bekerja, Anda juga dapat membisukan notifikasi dengan membuka chat individual atau grup, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, dan ketuk Bisukan notifikasi. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.
Sematkan Chat
Dalam komunikasi sehari-hari di WhatsApp, perhatian Anda terbagi dari satu grup chat dengan grup chat lainnya. Grup kantor mungkin memerlukan respon cepat dari Anda, tetapi di sisi lain Anda juga harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (online learning) anak Anda melalui grup chat khusus orang tua di sekolah. Menentukan prioritas Anda adalah kuncinya di sini. Fitur sematkan chat memungkinkan Anda untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat. Anda tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja Anda di antara tumpukan chat-chat lainnya. Untuk pengguna iPhone, gesek ke kanan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan. Sementara untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan chat.
Jangan Khawatir, Seluruh Pesan Anda Aman!
Mengirim dokumen pekerjaan saat Anda berdekatan dengan rekan Anda akan terasa lebih nyaman karena Anda yakin bahwa tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat dokumen tersebut. Namun, berbagi file secara online bisa menegangkan, Anda mungkin bimbang untuk mengirim informasi pribadi di platform online. Anda tidak perlu ragu untuk saling berkirim dokumen di WhatsApp karena pesan Anda terenkripsi secara end-to-end, sehingga pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca pesan yang telah dikirim, dan tidak ada orang lain, bahkan WhatsApp. Apa yang dibagikan di WhatsApp, tetap di antara Anda dan kolega Anda.
Baca juga : 5 Tips Konferensi Video di Rumah
Istirahat Sejenak dan Sapalah Teman Anda
Cobalah menelepon teman Anda atau orang-orang terdekat saat beristirahat atau seusai bekerja untuk sekadar saling sapa dan meringankan pikiran. Anda juga dapat melakukan panggilan grup hingga total empat orang melalui WhatsApp. Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka chat dengan salah satu kontak yang ingin Anda hubungi melalui panggilan suara, lalu ketuk Panggilan Suara. Setelah kontak tersebut menerima panggilan, ketuk Tambah Peserta. Kemudian, cari atau pilih kontak lainnya yang ingin Anda tambahkan ke panggilan.
Mari kita sukseskan periode #WorkFromHome bersama-sama. WhatsApp senantiasa berupaya untuk memastikan aktivitas komunikasi Anda tertangani dengan baik. Jika Anda mengikuti rekomendasi di atas, niscaya Anda dapat bekerja dari rumah secara efektif dan menjauhkan kita dari rasa jenuh akibat terlalu banyak membaca dan menerima pesan. Selamat bekerja dan jaga diri untuk tetap aman!