Home GadgetSmartphone Vivo X80 vs X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Vivo X80

Vivo X80 vs X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Jika kamu berpikir bahwa Vivo X Fold dan Vivo X Note adalah satu-satunya produk unggulan Vivo untuk kuartal tahun ini, kamu salah. Beberapa waktu yang lalu, vivo juga memperkenalkan Seri Vivo X80  yang terdiri dari Vivo X80 dan Vivo X80 Pro. Perusahaan yang identik warna biru ini memutuskan bahwa mereka akan memasuki juga pasar global setelahnya pasar China beberapa waktu lalu. Perbandingan ini akan menyoroti perbedaan antara spesifikasinya agar kamu memahami perangkat mana yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Vivo V23 vs V23 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Hanya ada sedikit perbedaan pada desain Vivo X80 dan Vivo X80 Pro, jika kamu melihat masing-masing saja, kamu tidak akan bisa membedakannya. Satu-satunya perbedaan penting dalam hal estetika adalah ukuran modul kamera belakang. Flagships ini menjadi resmi dalam tiga varian warna berbeda dengan tiga bahan berbeda untuk sisi belakang: versi biru memiliki sisi belakang yang terbuat dari kaca AG, yang hitam memiliki bagian belakang keramik, dan yang oranye terbuat dari kulit vegan. Kamu lebih suka bahan yang mana?

Layar

Salah satu keunggulan terpenting dari Vivo X80 Pro jika dibandingkan dengan versi standart adalah layar. Perangkat ini hadir dengan panel AMOLED dengan diagonal 6,78 inci dengan resolusi Quad HD+ dan teknologi LTPO 2 yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz. Versi standart memiliki resolusi Full HD+ yang lebih rendah dan tidak memiliki teknologi LTPO 2, sehingga tingkat detailnya akan lebih rendah dan konsumsi energinya akan lebih tinggi. Tetapi versi standart masih hadir dengan layar AMOLED yang luar biasa termasuk pembaca sidik jari dalam layar dan kecepatan refresh 120 Hz.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Vivo X80 Pro hadir dalam dua varian dengan chipset yang berbeda: satu ditenagai oleh platform mobile MediaTek Dimensity 9000 dan yang lainnya ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1. Chip tersebut dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan hingga 512GB penyimpanan internal UFS 3.1. Versi standart hanya akan tersedia dengan chipset MediaTek Dimensity 9000 yang dipasangkan dengan RAM hingga 12GB. Mengingat bahwa, menurut tolok ukur, Dimensity 9000 adalah chipset yang lebih kuat daripada Snapdragon 8 Gen 1, perbandingan perangkat kerasnya menarik. Kedua ponsel menjalankan Android 12, disesuaikan oleh OriginOS. Begitu mereka akan memasuki pasar global, perangkat ini akan menjalankan Funtouch OS 12 berbasis Android 12.

Kamera

Varian Pro disebut Vivo X80 Pro terutama karena pengaturan kameranya yang superior. Memiliki sensor utama Samsung ISOCELL GNV dengan resolusi 50 MP dan OIS, sensor telefoto 12 MP untuk potret dengan zoom optik 2x, kamera periskop 8 MP dengan zoom optik 5x, dan lensa ultrawide Sony IMX598 48 MP. Versi vanilla menggantikan sensor Samsung ISOCELL GNV dengan Sony IMX866 yang datang dengan resolusi yang sama, ia mempertahankan sensor telefoto tetapi tidak memiliki kamera periskop, dan sensor ultrawide adalah kakap 12 MP yang lebih rendah.

Baca juga: Vivo V23e vs Vivo V21 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Vivo X80 Pro hadir dengan baterai yang lebih besar dengan kapasitas 4700 mAh dan, tidak seperti versi vanilla, ia mendukung pengisian nirkabel cepat, dengan daya 50W. Vivo X80 memiliki baterai 4500 mAh yang lebih kecil dan hanya dilengkapi pengisian kabel cepat 80W.

Harga

Harga awal Vivo X80 di China secara kasar diterjemahkan menjadi Rp 8 jutaan, ​​sementara kamu membutuhkan setidaknya Rp 13 jutaan untuk membeli varian Pro. Ini mengatakan, varian Pro tahan air dan menawarkan layar yang lebih baik, kamera superior, dan baterai yang lebih besar dengan pengisian nirkabel. Apakah kamu akan membelanjakan lebih banyak untuk fitur ini?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment