Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X3: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Find X3

Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X3: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – OPPO baru saja merilis seri Find X3. Sementara di beberapa wilayah seperti Eropa mendapatkan Find X3 Pro, Find X3 Neo, dan Find X3 Lite, OPPO meluncurkan Find X3 dan Find X3 Pro di China karena varian Neo dan Lite sudah hadir di negara tersebut di bawah seri Reno5. OPPO Find X3 adalah pesaing sempurna dari beberapa perangkat flagship dari brand lainnya salah satunya Xiaomi dengan Xiaomi Mi 11. Keduanya adalah ponsel flagship tetapi keduanya memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan flagship dari brand lainnya. Apakah layak untuk OPPO Find X3 atau Xiaomi Mi 11 adalah pilihan yang tepat buat Anda? Perbandingan spesifikasi ini akan menjelaskan buat Anda.

Baca juga: Evolusi OPPO Find Series Sejak Tahun 2011 Sampai pada Teknologi OPPO Find X3 Series

OPPO Find X3

Desain

Desain paling menakjubkan adalah milik OPPO Find X3 dengan “impossible surface” sangat menarik dengan lekuk-lekuknya, terutama jika kita melihat modul kameranya. Tetapi Xiaomi Mi 11 hadir dalam varian kulit khusus yang mungkin menjadi pilihan bagi beberapa pengguna. Berbeda dengan Xiaomi Mi 11, OPPO Find X3 tahan air dengan sertifikasi IP68, sementara rivalnya tidak menawarkan sertifikasi terhadap air dan debu. Lebih lanjut, OPPO Find X3 sebenarnya lebih kompak berkat layarnya yang lebih kecil.

Layar

Perbedaannya memang tidak terlalu besar dari segi spesifikasi, namun OPPO Find X3 memiliki tampilan yang lebih unggul. Menggunakan panel 10-bit nyata dengan teknologi LTPO (kecepatan refresh adaptif dari 5 Hz hingga 120 Hz) memungkinkan konsumsi energi yang lebih rendah, sertifikasi HDR10 +, standar BT.2020, dan resolusi Quad HD +. Layar memiliki tepi melengkung dan diagonal 6,7 inci, serta pembaca sidik jari dalam layar. Xiaomi Mi 11 memiliki panel 6,81 inci lebih lebar, tetapi sebenarnya lebih rendah dalam hal kualitas gambar. Di sisi lain, Mi 11 dilindungi oleh Gorilla Glass Victus milik Corning.

Spesifikasi & Software

Jika Anda menginginkan perangkat keras paling kuat, Anda harus memilih Xiaomi Mi 11. Ponsel ini didukung oleh chipset Snapdragon 888, yang sebenarnya adalah yang terbaik yang dirilis oleh Qualcomm saat ini. Sedangkan Find X3, Anda mendapatkan chipset Snapdragon 870 yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 865+. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Xiaomi Mi 11 menjalankan Android 11 yang disesuaikan oleh MIUI 12, sementara lawannya memiliki ColorOS 11.2.

Kamera

Di atas kertas, OPPO Find X3 merupakan ponsel kamera yang lebih baik daripada Xiaomi Mi 11. Dilengkapi dengan dua kamera utama Sony IMX766 dengan resolusi 50 MP, salah satunya adalah sensor ultrawide sporting omnidirectional autofocus. Kemudian Anda mendapatkan sensor telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x dan kamera makro 3 MP yang luar biasa dengan cincin LED yang mampu menawarkan pembesaran hingga 60x. Sayangnya, Xiaomi Mi 11 kekurangan sensor telefoto: memiliki kamera utama 108 MP dengan perekaman video 8K dan OIS, sensor ultrawide 13 MP, dan kamera makro 5 MP.

Baca juga: Oppo Find X3 Pro vs Oppo Find X2 Pro: Apa Perbedaannya?

Baterai

Xiaomi Mi 11 memiliki baterai 4600 mAh yang sedikit lebih besar, tetapi masih belum jelas mana yang akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya karena OPPO Find X3. Find X3 menawarkan kecepatan pengisian cepat, sedangkan Xiaomi Mi 11 lebih cepat dalam hal pengisian nirkabel. Keduanya mendukung pengisian nirkabel terbalik.

Harga

Harga awal Xiaomi Mi 11 di Cina adalah sekitar Rp 10 jutaan, sama seperti OPPO Find X3. Jadi mana yang layak untuk dicoba? Nah, sejujurnya menurut saya, OPPO Find X3 adalah ponsel yang lebih menarik. Memiliki prosesor yang lebih lemah, tetapi selebihnya, ini sebenarnya lebih unggul. punya sertifikasi tahan air, memiliki kamera yang lebih baik dan bahkan tampilan yang lebih baik. Lebih lanjut, platform seluler Snapdragon 870 cukup untuk menangani setiap jenis aktivitas dengan kecepatan yang sangat tinggi di tahun 2021.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment