Home Smartphone Mana yang lebih baik, Samsung Galaxy A55 vs Galaxy A34?
Galaxy A55

Mana yang lebih baik, Samsung Galaxy A55 vs Galaxy A34?

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Apakah Anda memiliki Samsung Galaxy A34 dan ingin menggantinya dengan Galaxy A55 yang lebih baru? Anda mungkin bertanya-tanya apakah penggantian ini merupakan langkah yang cerdas dan fitur-fitur baru apa saja yang dibawa oleh Galaxy A55. Nah, jika Anda mengalami situasi ini, artikel ini sangat cocok untuk Anda karena kami akan membandingkan Galaxy A55 dengan Galaxy A34.

Desain

Galaxy A55 merupakan salah satu produk terbaru dalam seri Galaxy A, dan memiliki banyak atribut desain yang mengagumkan. Perangkat ini tidak dilengkapi dengan lubang kamera belakang, karena masing-masing lensa berdiri sendiri. Produk ini dilengkapi dengan kamera yang lebih besar dari pendahulunya, serta sebuah pulau di sisi kanan bingkai datar yang menampung tombol daya dan pengatur volume.

Baca juga: Vivo X100 Pro vs Galaxy S24 Ultra: Pertarungan Kamera Flagship

Bezel bagian bawah pada perangkat ini juga lebih ramping dari pendahulunya, sehingga perangkat ini terasa seperti ponsel unggulan. Di bagian atas perangkat ini terdapat baki SIM, di bagian bawah terdapat port USB-C dan speaker. Pilihan warna yang tersedia pada perangkat ini adalah Iceblue, Lilac, Navy, Lemon.

Galaxy A34 menandai dimulainya adopsi Samsung terhadap desain bagian belakang rata pada seri A. Ketiga kamera belakang pada perangkat ini terletak secara terpisah, sama seperti pada seri S. Tidak seperti Galaxy A55, perangkat ini hadir dengan notch tetesan air dan bukan notch dot-in. Tepinya juga membulat, tidak seperti tepi datar pada Galaxy A55. Selain perbedaan ini, semua elemen lain pada perangkat ini sama, karena setiap port dan tombol terletak di tempat yang sama. Galaxy A34 hadir dalam pilihan warna Lime, Graphite, Violet, dan Silver.

Perbedaan utama:

  • Takik tetesan air pada Galaxy A34
  • Tepi datar pada Galaxy A55
Layar

Kedua perangkat menggunakan panel Super AMOLED 6,6 inci yang mendukung kecepatan refresh 120Hz untuk penggunaan daya. Layar ini mendukung teknologi HDR10+, yang membantunya mencapai kecerahan puncak 1000 nits. Bezel ramping pada perangkat ini memberikan kesan seperti perangkat unggulan. Untuk melindungi layar Galaxy A55, Samsung menggunakan teknologi Corning Gorilla Glass Victus+, tetapi memilih Corning Gorilla Glass 5 pada Galaxy A34.

Perbedaan utama:

  • Corning Gorilla Glass 5 pada Galaxy A34
  • Takik tetesan air pada Galaxy A34
Kamera

Perangkat yang lebih baru ini memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Di bagian belakang terdapat kamera utama 50MP, kamera ultrawide 12MP, dan kamera makro 5MP. Di bagian depan terdapat kamera swafoto 32MP yang mendukung perekaman video 4K, sehingga sangat cocok untuk videografi. Perangkat ini dilengkapi dengan dukungan OIS dan gryo-EIS untuk stabilitas yang lebih baik pada kamera belakang.

Perangkat ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, lensa ultrawide 8MP, dan lensa makro 5MP. Di bagian depan terdapat sensor kamera swafoto 13MP yang terletak di notch layar berbentuk tetesan air. Galaxy A34 juga mendukung perekaman video 4K dan banyak fitur stabilitas.

Perbedaan utama:

  • Kamera selfie 13MP pada Galaxy A34
Performa

Galaxy A55 menggunakan prosesor Exynos 1480. Dilengkapi dengan RAM hingga 8GB dan kapasitas penyimpanan 256GB. Ini sangat bagus karena sesuai dengan kebutuhan sebagian besar pengguna yang membeli perangkat ini.

Galaxy A34 ditenagai oleh MediaTek Dimensity 1080. Prosesor ini didukung oleh kapasitas RAM hingga 8GB. Untuk penyimpanan, pembeli perangkat ini dapat memilih antara kapasitas penyimpanan 128GB dan 256GB.

Peningkatan dan perbedaan utama:

  • Prosesor yang lebih baik pada Galaxy A55.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip6 vs Motorola Razr 50 Ultra: Bagaimana perbandingannya?

Perangkat Lunak

Kedua perangkat saat ini berjalan pada Android 14 dan perangkat lunak OneUI 6.1, dan keduanya mendukung pembaruan OS hingga empat tahun dan pembaruan keamanan hingga lima tahun.

Baterai

Kedua perangkat diluncurkan dengan dukungan pengisian cepat 25W dan kapasitas baterai 5000mAh.

Kesimpulan

Dengan berbagai peningkatan yang tersedia pada perangkat seri A yang baru, perangkat ini merupakan peningkatan yang layak. Jadi, jika Anda sedang mencari perangkat yang akan dibeli, kami sarankan Anda memilih Galaxy A55 dan bukan Galaxy A34. Ini akan memberi Anda perangkat yang lebih bertenaga dengan lebih banyak fitur daripada Galaxy A34 yang lama.

Berita Lainnya

Leave a Comment