Home Fintech Pohon Dana Lakukan Ekspansi ke Surabaya
Pohon Dana

Pohon Dana Lakukan Ekspansi ke Surabaya

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaPohon Dana sebagai salah satu perusahaan FinTech  di Indonesia, yang didukung oleh Mayapada Group, melakukan ekspansi ke Surabaya pada akhir tahun 2019 ini.

Pohon Dana yang mulai beroperasi pada Agustus 2018 telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 500 miliar dengan NPL dibawah 1%. atau tumbuh paling pesat dibanding pemain peer-to-peer lending lain di tanah air.

Baca juga : Garap Potensi Anak Bangsa, BCA Gelar Finhacks 2019

Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akumulasi realisasi pinjaman yang telah disalurkan oleh fintech lending per Juni 2019 sebesar Rp 44,8 triliun. Nilai ini tumbuh hampir 100%, tepatnya 97,68% year to date (ytd) dari posisi akhir Desember 2018 sebesar Rp 22,66 triliun.

Khoe Yu Ek, President Director Pohon Dana mengatakan, bahwa pertumbuhan Pohon Dana selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan. Dalam menunjang program pemerintah tersebut, selain supporting ke petani (agriculture), Pohon Dana juga memberikan support kepada UMKM (Toko-toko dan warung-warung).

“Kami telah menjalin kerjasama dengan FMCG terbesar di Indonesia, seperti Unilever, Mayora, Swallow,” ujar Khoe Yuk Ek.

Khoe Yu Ek juga menjelaskan, akhir 2019 ini akan ekspansi ke Surabaya. Dipilih karena kota terbesar kedua terbesar di Indonesia. Tak hanya itu,  menurut data yang yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik, perekonomian Jawa Timur Triwulan II-2019 tumbuh 3,54 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 8,12 persen, diikuti Informasi dan Komunikasi sebesar 5,81 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 35,87 persen, diikuti Pembentukan Modal Tetap Bruto sebesar 5,06 persen.

Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa pun menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Jawa Timur membuka lebar karpet hijau yang berarti inward looking, yaitu memberikan ruang untuk koperasi, UKM dan IKM kita agar terus berkembang.

Selaras dengan instruksi tersebut, Pohon Dana juga fokus pada pemberian pinjaman bagi para pelaku UMKM. Tahun 2019 ini, pertumbuhan Pohon Dana meningkat pesat, naik 5 kali lipat dibandingkan dari Desember 2018.

Baca juga : AFPI Luncurkan Fintech Data Center

Dari total pinjaman yang telah disalurkan, rata-rata pinjaman yang diberikan adalah Rp 20 juta per orang. Penghitungan suku bunga, baik untuk pendana maupun peminjam juga disimplifikasi sehingga tak menimbulkan kebingungan dan memaksimalkan investasi pendana.

“Seperti motto kita, “financial blessing for all especially those needed the most”, kami juga akan memperluas akses keuangan bagi saudara saudara kita yang kena bencana alam untuk membantu mereka bangkit, tambah Victoria Tahir, Presiden Komisaris Pohon Dana.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment