Home GadgetSmartphone iPhone 13 Pro Max vs OPPO Find X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 13 Pro Max vs OPPO Find X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Setelah diluncurkan secara global, tantangan iPhone 13 Pro Max melawan setiap flagship papan atas di dunia Android terus berlanjut: setelah membandingkannya dengan Samsung Galaxy S21 Ultra dan Xiaomi Mi 11 Ultra, kini giliran OPPO Find X3 Pro. Apakah OPPO merilis perangkat yang bisa dibilang setara dengan flagship Apple generasi baru atau iPhone 13 Pro Max sebagai ponsel unggulan? Kedua perangkat ini hadir dengan estetika luar biasa dan kinerja terbaik di setiap departemen. Melalui perbandingan ini, kami berharap dapat memperjelas perbedaan keduanya.

Baca juga: iPhone 13 vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 13 Pro Max

Desain

Seperti yang sudah disebutkan, OPPO Find X3 Pro dan iPhone 13 Pro Max hadir dengan desain yang memukau. Kami lebih menyukai estetika OPPO Find X3 Pro karena desain belakangnya yang penuh lekukan dan tanpa gangguan. Namun di sisi lain, harus diakui bahwa iPhone 13 Pro Max memiliki build quality yang lebih baik. Alih-alih kaca sederhana, sisi belakangnya terbuat dari lapisan Perisai Keramik dan bingkainya terbuat dari baja tahan karat. Lebih lanjut, iPhone 13 Pro Max menawarkan ketahanan air karena dapat bertahan hingga kedalaman 6 meter dengan sertifikasi IP68-nya. Ini memiliki kedudukan yang besar, tetapi ini adalah ponsel yang lebih tipis.

Layar

OPPO Find X3 Pro dan iPhone 13 Pro Max dilengkapi dengan layar yang menakjubkan, tetapi iPhone 13 Pro Max terlihat seperti yang terbaik karena kualitas gambar yang lebih baik. OPPO Find X3 Pro memiliki semua teknologi paling canggih: LTPO untuk kecepatan refresh adaptif hingga 120 Hz, sertifikasi HDR10+, standar BT.2020, satu miliar warna, dan bahkan resolusi Quad HD+. IPhone 13 Pro Max menawarkan HDR10 dan kecepatan refresh 120 Hz, serta dukungan Dolby Vision. Meskipun mungkin terlihat lebih rendah di atas kertas, kualitas gambarnya sangat menakjubkan sehingga DisplayMate memberinya Penghargaan Layar Terbaik. iPhone 13 Pro Max memiliki panel OLED tetapi, tidak seperti Find X3 Pro, iPhone 13 Pro tidak memiliki pembaca sidik jari, namun mengandalkan pengenalan wajah 3D untuk otentikasi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Berkat sistem operasi iOS yang dioptimalkan lebih baik dan berkat prosesor yang unggul (Apple A15 Bionic dibangun pada 5 nm dengan frekuensi maksimal 3,22 GHz), iPhone 13 Pro Max mampu mencapai kinerja yang lebih baik, meskipun memiliki RAM setengahnya OPPO Find X3 Pro. Namun, kedua perangkat ini adalah flagships yang mampu melakukan setiap tugas dengan kecepatan tinggi dan stabilitas luar biasa, sehingga Anda tidak akan melihat perbedaan besar di antara keduanya. Perhatikan bahwa OPPO Find X3 Pro hanya hadir dengan penyimpanan internal 256GB, sementara Anda bisa mendapatkan memori internal 1 TB dengan iPhone 13 Pro Max.

Kamera

Masing-masing handset ini memiliki pro dan kontra dalam hal kamera. OPPO Find X3 Pro dapat mencapai kualitas foto yang lebih baik dalam berbagai skenario, seperti lensa ultrawide dan makro, berkat sensor mikroskopnya dengan pembesaran 60x (perbesaran optik 30x). IPhone 13 Pro Max mampu merekam video yang lebih baik dan foto normal yang menakjubkan. Selanjutnya, memiliki pemindai LiDAR 3D untuk peralatan AR.

Baca juga: Kumpulan Rumor iPhone 13: Spesifikasi, Harga, Warna & Lainnya

Baterai

iPhone 13 Pro Max sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan OPPO Find X3 Pro, tetapi tetap memberikan daya tahan baterai yang lebih lama karena optimalisasi iOS yang lebih baik. Find X3 Pro unggul dalam hal kecepatan pengisian daya karena dilengkapi pengisian kabel cepat 65W dan pengisian nirkabel 30W. Tetapi unggulan Apple memiliki MagSafe yang memungkinkan pengalaman pengisian daya nirkabel yang lebih nyaman dan juga memungkinkan untuk menghubungkan aksesori eksternal yang menarik seperti dompet dan paket baterai.

Harga

Di pasar Eropa, iPhone 13 Pro Max dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 jutaan. OPPO Find X3 Pro diluncurkan di pasar dengan harga kisaran Rp 16 jutaan, Namun saat ini bisa dibeli lebih murah dengan kondisi bekas. Tidak mungkin untuk memilih pemenang dari perbandingan ini yang berlaku untuk semua orang, tetapi secara keseluruhan, iPhone 13 Pro Max memiliki lebih banyak kelebihan, seperti kualitas pembuatannya, dan masa pakai baterai.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment