Home GadgetSmartphone iPhone 14 Pro vs Google Pixel 6 Pro: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro vs Google Pixel 6 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Banyak orang menganggap raksasa seperti Samsung, Xiaomi, dan OPPO sebagai saingan utama Apple, tetapi mereka melupakan raksasa teknologi penting lainnya yang dapat dianggap sebagai saingan utama Apple di sisi perangkat lunak jika kita berbicara tentang ponsel. Kita berbicara tentang Google, perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Android. Dan mengingat perangkat Apple hadir dengan iOS, alasan untuk menganggapnya sebagai saingan cukup jelas. Tahun ini, Google merilis flagship tingkat atas: Google Pixel 6 Pro. Inilah alasan mengapa kini mampu bersaing sempurna dengan Apple di segmen flagship. Apakah lebih baik memilih Apple atau Google? Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahaminya selain membandingkan. Berikut Perbandingan Spesifikasi Utama Apple iPhone 14 Pro dan Google Pixel 6 Pro.

Baca juga: iPhone 14 Pro vs iPhone 13 Pro: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 14 Pro Desain

Ponsel mana yang memiliki desain terbaik? Ini sebagian besar masalah selera, kami pribadi lebih suka iPhone 14 Pro, tetapi Google melakukan pekerjaan yang hebat dengan merilis flagship dengan salah satu desain paling orisinal. IPhone 14 Pro baru adalah perangkat Apple pertama dengan Dynamic Island, dimana notch berbentuk pil yang juga dapat menampilkan info dari aplikasi dan lainnya. Ini memiliki kualitas bangunan yang lebih tinggi karena dibuat dengan kaca Perisai Keramik dan rangka baja tahan karat, dan juga memiliki ketahanan air yang lebih baik dengan sertifikasi IP68 dan kemampuan untuk menyelam di bawah air hingga kedalaman 6 meter untuk waktu maksimal 30 menit. Google Pixel 6 Pro jauh lebih besar daripada saingannya dari Apple, tetapi ia hadir dengan bezel yang sangat sempit dan sisi belakang asli. Itu dibangun dengan kaca belakang yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, memiliki bingkai aluminium,

Layar

Ini adalah pertarungan yang sangat sulit untuk layar kedua smartphone ini. Apple iPhone 14 Pro memiliki layar Super Retina XDR OLED dengan diagonal 6,1 inci, resolusi Full HD+ 1179 x 2556 piksel, teknologi LTPO yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz, sertifikasi HDR10, dukungan Dolby Vision , dan kecerahan puncak hingga 2.000 nits. Google Pixel 6 Pro memiliki layar AMOLED dengan diagonal 6,71 inci yang lebih lebar, resolusi Quad HD+ 1440 x 3120 piksel, kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan pembaca sidik jari dalam layar. Kami lebih suka Google Pixel 6 Pro karena diagonalnya lebih lebar, lebih baik untuk produktivitas dan game, tetapi iPhone 14 Pro mungkin memberikan kualitas gambar yang jauh lebih tinggi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan departemen perangkat keras kelas unggulan, tetapi Apple iPhone 14 Pro harus dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi dalam banyak skenario berkat optimalisasi sistem operasi iOS yang hebat. Ini didukung oleh platform seluler Apple A16 Bionic yang dibangun dengan proses produksi 4 nm dan menggunakan arsitektur octa-core dengan dua core kinerja yang berjalan pada frekuensi maksimal 3,46 GHz, dua core energi yang berjalan pada 2,02 GHz, dan sebuah 5-core unit grafis berpemilik. Chipset ini dilengkapi dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal hingga 1TB tergantung pada konfigurasi yang dipilih. Google Pixel 6 Pro mendapatkan chipset Google Tensor yang dibangun pada 5 nm dan dengan arsitektur octa-core, serta frekuensi clock maksimal 2,8 GHz. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal hingga 512GB.

Kamera

Kedua ponsel ini memiliki pengaturan kamera yang menakjubkan serta perangkat lunak yang luar biasa untuk mengelola kamera ini. IPhone 14 Pro adalah iPhone pertama dengan kamera utama 48 MP dan juga dilengkapi dengan sensor telefoto dan lensa ultrawide dengan resolusi 12 MP. Google Pixel 6 Pro mengusung kamera utama 50 MP dengan OIS, sensor telefoto 48 MP dengan zoom optik 4x, dan lensa ultrawide dengan resolusi 12 MP. Yang mana yang akan memotret foto terbaik? Hal ini belum kami lakukan.

Baca juga: iPhone 13 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Baterai yang ditemukan di Google Pixel 6 Pro jauh lebih besar daripada yang ditemukan di iPhone 14 Pro. Dengan kapasitas 5003 mAh, itu pasti bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya dalam banyak skenario. Di sisi lain, jika kamu membutuhkan baterai yang lebih besar di perangkat Apple, kamu dapat memilih iPhone 14 Pro Max yang memberikan masa pakai baterai yang lebih lama.

Harga

IPhone 14 Pro mulai dari Rp 19 jutaan, sedangkan Google Pixel 6 Pro membawa label harga mulai dari Rp 13,7 jutaan (harga bervariasi tergantung pasar). Mana yang akan kamu pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment