Home GadgetSmartphone iPhone 14 Pro vs iPhone 13 Pro: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro vs iPhone 13 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Apple merilis iPhone 14 Pro baru dan mulai dijual di seluruh dunia beberapa hari yang lalu. Berbeda dengan generasi sebelumnya, dengan generasi baru ini terdapat beberapa perbedaan penting dari model sebelumnya. Elemen desain berubah, serta dapur pacu, kamera, dan lainnya. Itulah alasan mengapa banyak orang sangat tertarik dengan perbandingan antara iPhone 14 Pro dan pendahulunya iPhone 13 Pro, yang kini tersedia dengan harga bekas yang lebih terjangkau. Itu juga alasan mengapa Trendtech memutuskan untuk mencoba membandingkan spesifikasi utama iPhone 14 Pro dan iPhone 13 Pro. Mengingat semua orang sudah tahu mana yang terbaik hanya dengan melihat namanya, perbandingan ini akan lebih difokuskan pada perbedaan daripada memberi tahu kamu mana yang memiliki komponen terbaik dan kinerja paling canggih.

iPhone 14 Pro

Desain

Ada peningkatan penting dalam desain iPhone 14 Pro. Notch telah digantikan oleh Dynamic Island: lubang berbentuk pil di layar yang berisi sensor untuk pengenalan wajah 3D dan kamera depan. Dynamic Island juga sangat berguna untuk menampilkan informasi penting, dapat digunakan sebagai pusat notifikasi atau layar sekunder kecil untuk membuat semua yang terjadi di ponsel lebih jelas. Sebaliknya, notch iPhone 13 Pro tidak memiliki utilitas apa pun di layar smartphone. Di sisi lain, iPhone 13 Pro sedikit lebih kompak dan sedikit lebih tipis karena mengemas baterai yang lebih kecil. Selebihnya, kedua perangkat ini tidak begitu berbeda: modul kameranya serupa dan bahkan bagian tubuhnya yang lain mirip satu sama lain.

Layar

Layar kedua ponsel ini tidak terlalu berbeda dan memiliki spesifikasi yang hampir sama. Mereka adalah Super Retina XDR OLED dengan diagonal 6,1 inci, resolusi Full HD+ 1170 x 2532 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10, dan dukungan Dolby Vision. Satu-satunya perbedaan penting layar adalah kecerahannya: iPhone 14 Pro mampu mencapai 2.000 nits, sedangkan pendahulunya memiliki kecerahan puncak hanya 1.200 nits. Ponsel ini tidak menggunakan pembaca sidik jari untuk otentikasi, tidak seperti ponsel Android. Sebagai gantinya, mereka mendukung pengenalan wajah 3D dengan teknologi Face ID. Sensor untuk Face ID, sebagaimana telah disebutkan, ditempatkan di Dynamic Island yang ditempatkan secara terpusat di bagian atas layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

IPhone 14 Pro hadir dengan prosesor yang ditingkatkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini memiliki Apple A16 Bionic yang dibangun dengan proses produksi 4 nm dan dengan arsitektur octa-core. Platform seluler terdiri dari dua inti kinerja Everest yang berjalan pada frekuensi maksimum 3,46 GHz, empat inti hemat energi Sawtooth yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,02 GHz, dan GPU milik Apple dengan 5 inti. Selain chipset, terdapat RAM 6GB dan penyimpanan internal hingga 1TB, tergantung pada konfigurasi yang dipilih, Anda dapat memilih antara 128GB, 256GB, 512GB, atau 1TB. Anda bisa mendapatkan konfigurasi memori yang sama dengan iPhone 13 Pro, tetapi dengan prosesor yang lebih rendah. Kami mengacu pada Apple A15 Bionic, yang dibuat dengan proses produksi 5 nm dan arsitektur octa-core.

Baca juga: iPhone 13 vs iPhone 14: Perbandingan Spesifikasi

Kamera

IPhone 14 Pro bahkan dilengkapi dengan kamera superior. Sensor utamanya memiliki resolusi 48 MP dan merupakan sensor 48 MP pertama yang pernah ada di iPhone, dengan dukungan OIS dan autofokus deteksi fase. Sebaliknya, iPhone 13 Pro memiliki kamera utama 12 MP. Sensor sekunder dari ponsel ini sama: lensa ultrawide 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP, serta pemindai TOF 3D LiDAR (tetapi dengan lubang fokus berbeda). Bahkan kamera depannya sama-sama berkekuatan 12 MP namun dengan aperture fokus yang berbeda.

Baterai

IPhone 14 Pro mengemas baterai yang lebih besar: 3200 mAh melawan hanya 3095 mAh dari iPhone 13 Pro. Selain chipset 4 nm yang lebih efisien, ia memberikan masa pakai baterai yang lebih lama. Teknologi pengisian dayanya sama, termasuk MagSafe yang juga dapat digunakan untuk menghubungkan aksesori eksternal seperti wadah baterai.

Harga

IPhone 14 Pro mulai dari Rp15 jutaan (harga bervariasi tergantung pada pasar), sedangkan iPhone 13 Pro dulu mulai dari Rp13,6 189, tetapi sekarang jauh lebih terjangkau, berkat harga jalanan.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment